Peran good corporate governance memoderasi hubungan antara corporate social responsibility, leverage, dan profitabilitas pada nilai perusahaan kesehatan
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh corporate social responsibility, leverage, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan, serta menguji dan menganalisis peran good corporate governance dalam memoderasi pengaruh corporate social responsibility, leverage, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Sampel dalam penelitian ini adalah 11 perusahaan sektor kesehatan yang terdaftar di BEI periode 2016-2020. Pengambilan sampel peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Pengujian data menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan variabel CSR tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, variabel leverage dan profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan, variabel CSR melalui GCG berpengaruh terhadap nilai perusahaan, variabel leverage dan profitabilitas melalui GCG tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Afi. (2020). Struktur modal, profitabilitas, dan nilai perusahaan: Efek moderasi Good Corporate Governance. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 391 - 415.
Andyka. (2020). Corporate Social Responsibility Dan Nilai Perusahaan: Moderasi Corporate Governance. JEAMM, 1-13.
Arikunto. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.
Desita, S. (2020). Pengaruh Csr Terhadap Nilai Perusahaan Dengan GCG Sebagai Pemoderasi. JRAMB, 37-49.
FIona. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility Disclosure Terhadap Firm Value Dimoderasi Oleh Good Corporate Governance (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2014). JOM Fekon, 1570-1582.
Harningsih. (2019). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Csr Dan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Moderasi. Ranah Research, 125-252.
Indra. (2019). Pengaruh Profitabilitas Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Good Corporate Governance (Gcg) Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdapat Di Bursa Efek Indoneisa (BEI) Periode 2015-2018. Student online journal, 182-191.
Riyanto. (2008). Dasar–Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE.
DOI: https://doi.org/10.30872/jinv.v18i2.10587
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Yunita Rochmah, Kartika Hendra Titisari
Editorial Address
INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com
StatCounter: INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen