Analisis kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan dan kepercayaan pelanggan sebagai variabel mediasi

Syahran Syahran, Erick Karunia, Muh. Asdar, Muh. Akmar, Jeni Kamase, Muhammad Sajidan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis analisis kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan dan kepercayaan pelanggan sebagai variabel mediasi. Penelitian ini dilakukan di Restoran Cepat Saji KFC Tarakan. Responden penelitian ini adalah pelanggan yang pernah mengkonsumsi produk KFC lebih dari satu kali, diambil dengan metode survei langsung dengan instrumen kuesioner. Dari 300 kuisioner yang disebar, 275 kuisioner yang kembali. Dari hasil penelitian diketahui bahwa hubungan langsung kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan, kepercayaan pelanggan, loyalitas pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan serta kepuasan dan kepercayaan pelanggan berpengaruh signifikan, kecuali kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan. memiliki pengaruh yang tidak signifikan. Hal ini terjadi karena ada pengaruh yang sangat lemah terhadap kualitas pelayanan yang dapat dianalisis karena ada faktor lain yang memberikan pengaruh lebih kuat dalam menciptakan loyalitas dibandingkan dengan faktor kualitas pelayanan. Hal ini mengakibatkan kualitas pelayanan tidak berhasil memediasi kepuasan pelanggan dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan, dan efek mediasi tidak berpengaruh. Disarankan kepada KFC Tarakan agar menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan agar pelanggan merasa puas, dan kepercayaan kepada perusahaan, sehingga pelanggan dapat melakukan pembelian ulang.


Keywords


Kualitas layanan; kepuasan pelanggan; kepercayaan pelanggan; kesetiaan pelanggan

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aryani, Dwi dan Febrina Rosinta. 2010. Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi. (Vol. 17, No. 2,

hal. 114-126)

Darwin, S dan Kunto, Yohanes S. 2014. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan dan Kepercayaan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Asuransi Jiwa Manulife. Indonesia- Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra. Vol.2 No.1. (Dipublikasikan). Diaskes pada tanggal 21 Juli 2017.

Estiningsih, Agens W dan Hariyanti T. 2013. Pengaruh Customer Relationship Management terhadap Loyalitas Ibu Hamil pada Persalinan (Studi di RS Hermina Tagkubanprahu Malang). Jurnal Aplikasi Manajemen. Vol.11 No.2. (Dipublikasikan). Diakses pada tangga; 23 Juli 2017.

Ferdinand, Augusty. 2005. Structural Equation Modeling. BP Undip.

Ghozali, Imam dan Fuad 2014. Structural Equation Modeling Teori, Konsep dan Aplikasi dengan Program Lisrel 9.40. Semarang: UNDIP.

Ghozali, Imam, 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS

Regresi. Semarang: UNDIP.

Gunawan, K dan Djati, Sundring P. 2011. Kualitas Layanan dan Loyalitas Pasien (Studi pada Rumah Sakit Umum Swasta di Kota Singaraja-Bali). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol.13 No.1. (Dipublikasikan). Diakses pada tanggal 22 Juli 2017.

H.M., Jogiyanto. (2004), Metodologi Penelitian bisnis: salah kaprah dan pengalaman- pengalaman. Yogyakarta: Penerbit BPFE.

Hilmawan, M I dan Suyani, A. tanpa tahun. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Konsumen Studi pada Trans Sarbagita. (Dipublikasikan). Diakses pada tanggal 15 november 2017.

Kusumah, Ridwan Z. 2011. Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Restoran Waroeng Taman Singosari di Semarang. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro. (Dipublikasikan). Diakses pada tanggal 23 Agustus 2017.

Nugroho, Farid, Yuniar. 2011. Pengaruh Citra Merek dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Konsumen. Skirpsi. Universitas Pembangunan Nasional “Veteranâ€.

Pramana, I G Y dan Rastini, M,N. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan Nasabah dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri Cabang Veteran Denpasar-Bali. E-Jurnal Manajemen UNUD. Vol.5 No.1. (Dipublikasikan). Diakses pada tanggal 15 november 2017.

Putro, Rizki Fajar K. 2009. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Pemediasi (Studi pada Pelanggan Fixed-Wire Line Phone di Surakarta). Skripsi. (Dipublikasikan). Diakses pada tanggal 24 Juli 2017.

Ramadhanti, Sufie H. 2017. Pengaruh Store Atmosphere dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Excelso Jalan Sulawesi No.71 Suabaya). Jurnal Ilmu Manajemen. Vol.5 No.1. (Dipublikasikan). Diaskes pada tanggal 21 Oktober 2017.

Santoso, Sukrisno. (2012). “kartini masa kini†dalam Solopos. Edisi 21 April 2012.

Saputri, Nurmaya. 2010. Analisis

Corporate Social

Responsibility Sebagai Pembentuk Citra Perusahaan dan Pengaruhnya terhadap Loyalitas Pelanggan PT. Fast Food Indonesia di Kota Semarang. Skripsi. Semarang: UNDIP.

Saputro, Ropinov. 2010. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Kepercayaan Pelanggan

Terhadap Loyalitas

Pelanggan. Skripsi. Universitas Diponegoro.

Seravina, Marisa, 2008. Pengaruh Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Britama. Skripsi. Bogor: IPB.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R &

D. Penerbit Alfabeta. Bandung.




DOI: https://doi.org/10.30872/jinv.v18i1.10519

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Syahran Syahran, Erick Karunia, Muh. Asdar, Muh. Akmar, Jeni Kamase, Muhammad Sajidan


Crossref logo 

Editorial Address

INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen