Apakah brand image memediasi pengaruh kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian produk hijab merk lokal

Asyidatur Rosmaniar, Nurullaili Mauliddah, Dwi Hana Prahesti

Abstract


Citra (image) merupakan persepsi masyarakat terhadap perusahaan atau produknya. Image yang baik tentang produk akan menguntungkan perusahaan. Sebaliknya image yang buruk tentang produk akan membuat konsumen menyebarkan informasi buruk tersebut kepada orang lain. Penelitian ini menguji brand image sebagai variabel mediasi pengaruh antara produk dan promosi terhadap keputusan pembelian hijab produk lokal merk Fella di Surabaya. Analisis yang digunakan path analysis SEM pada 105 responden pelanggan Fella yang telah melakukan pembelian secara online. Hasil pengujian hipotesis pengaruh tidak langsung promosi dan produk terhadap keputusan pembelian konsumen dengan citra merek sebagai variabel mediasi pada produk hijab merk Fella di Surabaya dengan nilai T-Statistics < 1,96 dan nilai P-Values > 0,05. Sedangkan untuk hasil pengujian hipotesis langsung diperoleh bahwa promosi tidak signifikan berpengaruh terhadap citra merk dan citra merk tidak signifikan berpengaruh terhadap dengan keputusan pembelian. Hubungan antar variabel lainnya ditemukan menunjukkan signifikan berpengaruh.

Keywords


Brand image; produk; promosi; keputusan pembelian

References


Alfattih, T. M., & Hermani, A. (2013). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda (Studi Kasus Pada Dealer Pusat CV. Prima Jaya Abadi Raden Patah Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 6(3), 376–386.

Alfiawati, E. (2019). Perkembangan Hijab Style di Indonesia. https://suaramuslim.net/perkembangan-hijab-style-di-indonesia/

Allaham, M. (2015). The effect of Sales promotion tools on brand image. International Journal of Business and Management Invention, 4(2), 52–58.

Anggraini, N., Barkah, Q., & Hartini, T. (2020). Pengaruh Promosi, Harga, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Citra Merek Produk Rabbani Di Palembang. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 4(1), 26. https://doi.org/10.31851/neraca.v4i1.4176

Aprilinaldy, A., Rubiyanti, N., Bisnis, A., Komunikasi, F., Bisnis, D., Telkom, U., & Komunikasi, F. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Brand Image Blackberry ( Studi Pada Pengguna Blackberry Di Kota Bandung ).

Armayani, A., & Jatra, I. M. (2019). Peran Brand Image Memediasi Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen, 8(8), 5222–5239.

Atidira, R., Telagawathi, N. L. W. S., & Kusuma, G. W. (2019). Analysis of Brand Image and Promotions and their Effect on Purchase Decisions. 103(Teams 19), 210–214. https://doi.org/10.2991/teams-19.2019.34

Budiati, A. C. (2011). Jilbab: Gaya Hidup Baru Kaum Hawa. Jurnal Sosiologi Islam, 1(1), 59–70.

Chairunisa, D. A. (2018). Analisis Gaya Hidup dan Faktor Sosial Terhadap Pembelian Ulang Shabu Kitchen Di Cabang Mall Bumi Kedaton. In Skripsi thesis. IIB DARMAJAYA.

D, Darmajaya, I. B., & Sukawati, T. G. R. (2018). Peran Citra Merek Memediasi Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(12), 6931. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v07.i12.p01

Galang, T., Dana, P., Agus, K., & Pramudana, S. (2021). The Role of Brand Image in Mediating The Influence of Product Quality on Re-Purchase Intentions Pocari Sweat Isotonic Beverages. American Journal of Humanities and Social Sciences Research, 5, 255–258. www.ajhssr.com

Ghozali, I. (2021). Partial Least Squares Konsep, Teknik, dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.2.9 Untuk Penelitian Empiris (3rd ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2014). Multivariate Data Analysis. Pearson Education Limited.

Indriyani, R., & Suri, A. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Motivasi Konsumen Pada Produk Fast Fashion. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 25–34. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.25-34

Iswanto, R. (2016). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Photo Cabin. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Periklanan (Demandia), 116. https://doi.org/10.25124/demandia.v1i02.276

Lestari, S., & Noersanti, L. (2020). PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BERAS MEREK KINGKONG (Studi PT. Lumbung Bumi Perkasa). 1–20.

Lupiyoadi, R., & Hamdani. (2009). Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat.

Manik, C. D., Salim, A., & Sugiyarto, S. (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Sekretari Universitas Pamulang, 8(1), 25. https://doi.org/10.32493/skr.v8i1.9716

Mirza Rosnita, Agus Widarko, B. W. (2016). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Kedai Pesen Kopi Di Kota Malang). E – Jurnal Riset Manajemen PRODI MANAJEMEN Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unisma, Marketing Mix, 19–30.

Pangestu Budianto, Y., & Budiatmo, A. (2019). Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian dengan Brand Image Sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Konsumen Susu Frisian Flag Kemasan Siap Minum Purefarm di Kota Madiun). Journal Od Social and Politic, 1–10. http://inwdahsyat.wordpress.com

Parasayu, D. A., Produk, K., & Pembelian, K. (n.d.). KEPUTUSAN PEMBELIAN INDOMIE GORENG MELALUI BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING ( STUDI KASUS PADA MAHASISWA S1 FISIP UNDIP SEMARANG ) 1Dinda Annisa Parasayu , Administrasi Bisnis , Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik , Universitas Diponegoro 2Widay.

Putra, E. (2019). the Influence of Promotion and Brand Image Toward Purchase Decision of Honda Vario. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 7(1), 121–130. https://doi.org/10.31846/jae.v7i1.205

Raji, R. A., Rashid, S., & Ishak, S. (2019). The mediating effect of brand image on the relationships between social media advertising content, sales promotion content and behaviuoral intention. Journal of Research in Interactive Marketing, 13(3), 302–330. https://doi.org/10.1108/JRIM-01-2018-0004

Rosady, R. S., & Kusumawardhani, A. (2018). Analisis Pengaaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Citra Merek dan Keputusan Pembelian Produk Sepatu Bata di Kota Semarang. Diponegoro Journal Og Management, 7(2), 1–11. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/20947

Sanjiwani, N. M. D., & Suasana, I. G. A. K. G. (2019). Peran Brand Image Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(11), 6721. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i11.p17

Saraswati, A., & Rahyuda, I. (2017). Brand Image Memediasi Kualitas Produk Dan Harga Dengan Keputusan Pembelian Smartphone Apple Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6(6), 255257.

Situmorang, I., Jushermi, J., & Marhadi, M. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Iklan terhadap Citra Merek dan Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Merek Pond’s pada Remaja di Kota Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau, 4(1), 72–86.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta.

Supriyadi, Fristin, Y., & K.N, G. I. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Mahasiswa Pengguna Produk Sepatu Merek Converse di Fisip Universitas Merdeka Malang). Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 135–144.

Tjiptono, F. (2014). Strategi pemasaran. Yogyakarta: PT ANDI.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jinv.v18i3.10499

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 INOVASI


Indexing: