Pengaruh pendidikan kewirausahaan, lingkungan sosial dan motivasi terhadap minat berwirausaha

Siti Nurul Khaerani, Puji Handayanti

Abstract


Saat ini persaingan di dunia kerja  sangatlah ketat, menuntut setiap orang agar bisa lebih kreatif agar dapat mampu bertahan hidup. Generasi muda dalam hal ini mahasiswa dituntut agar lebih inovatif. Dengan demikian perlu untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan mahasiswa dan mempersiapkan bisnis masa depan. Koperasi Mahasiswa (KOPMA) UIN Mataram telah melakukan beberapa kegiatan dalam rangka menumbuhkan minat anggotanya untuk melakukan  wirausaha, terutama dalam melakukan pendidikan wirausaha, dengan melakukan pelatihan dan sebagainya. Akan tetapi hanya sebagian kecil dari anggota yang berwirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kewirausahaan, lingkungan sosial, dan motivasi terhadap minat mahasiswa KOPMA berwirausaha. Peneltian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan sampel 44 orang, metode yang dilakukan dengan purposive sampling, dimana metode pemilihan sampel berdasarkan pada kriteria-kriteria tertentu yaitu anggota yang aktif dan memiliki usaha.Analisisdengan  menggunakan PLS – SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  1) pendidikan wirausaha berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha. 2).Lingkungan sosial dan keluarga tidak berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha.3). Motivasi berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha.


Keywords


Pendidikan kewirausahaan; lingkungan sosial; motivasi; minat

References


Andayanti Westri, Subhan Harie, Pengaruh Motivasi Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa, Jurnal pendidikan intelektium, September Vol. 1 No. 2

Bastian, Bettina Lynda and Mohammad Reza Zali, Entrepreneurial motives and their antecedents of men and women in North Africa and the Middle East, Gender in Management: An International Journal, vol. 31 no. 7, 2016.

Campopiano Giovanna , Tommaso Minola and Ruggero Sainaghi, 2016, Students climbing the entrepreneurial ladder: Family social capital and environment-related motives in hospitality and tourism, International Journal of Contemporary Hospitality Management, vol. 28 no. 6 I,SSN: 0959-6119

Carson, Duan and Kamaljeet Sandhu, 2021, Immigrant entrepreneurship motivation – scientific production, field development, thematic antecedents, measurement elements and research agenda, Journal of Enterprising Communities: People and Places in the Global Economy, vol. ahead-of-print no. ahead-of-print. DOI: https://doi.org/10.1108/JEC-11-2020-0191.

Daft Richard L, 2014, Edisi 9, Era Baru Manajemen, Salemba Empat Jakarta.

Djaali. 2008. Skala Likert. Jakarta: Pustaka Utama.

Hatten, T. S. 2012. Small Business Management Entrepreneurship and Beyond (Jack &W.Calhoun (eds.); 5th ed.). Cengage Learning.

Kallas Elina , Eve Parts, 2020, From entrepreneurial intention to enterprise creation: the case of Estonia Journal of Entrepreneurship in Emerging Economies, vol. 13 no. 5.

Kim Minjung , Min Jae Park, 2018, Entrepreneurial education program motivations in shaping engineering students’ entrepreneurial intention: The mediating effect of assimilation and accommodation, Journal of Entrepreneurship in Emerging Economies, vol. 11 no. 3.

Naiborhu Indah Kalara, Susanti, Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, Vol. 9. No. 2, Tahun 2021.

Noormalita, Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Pada Minat Berwirausaha Mahasiswa, Jurnal Economia, Volume 13, Nomor 1, April 2017.

Salime Mehtap, Massimiliano M. Pellegrini, Andrea Caputo and Dianne H.B. Welsh, 2017, Entrepreneurial intentions of young women in the Arab world: Socio-cultural and educational barriers, International Journal of Entrepreneurial Behavior & Research, vol. 23 no. 6.

Schumpeter, J. A. (1947). The Creative Response in Economic History. The Journal of Economic History, 7(2), 149–159. https://www.jstor.org/stable/2113338.

Selwyn Seymour and Yuliana Topazly,2017, The Impact of Modern UK University Entrepreneurship & Enterprise Education on Entrepreneurial Actions: A Case Study of Russian Students, Details, Entrepreneurship EducationType: BookDOI: https://doi.org/10.1108/S2040-724620170000007010.

Shane S. dan S.Venkataraman,(2000) The Promise Of Entrepreneurship as a Field of Research, Akademy of Management Review 25, hlm.217-226.

Shane, S. A. (2003). A general theory of entrepreneurship: The individual-opportunity nexus. Northampton, MA: Edward Elgar Publishing.

Suhardi. (2018), Pengantar Manajemen dan Aplikasinya, Gava Media, Yogyakarta.

Wagner, T., & Compton, R. A. (2015). Creating innovators: The making of young people who will change the world. New York, NY: Simon & Schuster.

Westhead Paul &Mike Wright, 2013, Entrepreneurship a very short introduction, Oxpord University Press.

Xiaofang Yao, Xiyue Wu and Dan Long, 2016, University students’ entrepreneurial tendency in China: Effect of students’ perceived entrepreneurial environment, Journal of Entrepreneurship in Emerging Economies, vol. 8 no. 1, ISSN: 2053-4604.

Yao, X., Wu, X. and Long, D. (2016), "University students’ entrepreneurial tendency in China: Effect of students’ perceived entrepreneurial environment", Journal of Entrepreneurship in Emerging Economies, Vol. 8 No. 1, pp. 60-81. https://doi.org/10.1108/JEEE-03-2015-0021




DOI: https://doi.org/10.30872/jinv.v18i4.10441

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Siti Nurul Khaerani, Puji Handayanti


Crossref logo 

Editorial Address

INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen