Pengaruh pemahaman wajib pajak, pengaplikasian sistem e-filing, dan kualitas pelayanan fiskus terhadap kepatuhan pph pasal 21

Nova Dwi Hernanik, Puji Handayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Pemahaman Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Pajak Penghasilan Pasal 21 Pada Pegawai Teknis di PDAM Kota Malang, (2) Pengaruh Penerapan Sistem E-Filing Terhadap Kepatuhan Pajak Penghasilan Pasal 21 Pada Pegawai Teknis di PDAM Malang Kota, (3) Pengaruh Kualitas Pelayanan Fiskus terhadap Kepatuhan PPh Pasal 21 Pada Pegawai Teknis di PDAM Kota Malang, dan (4) Pengaruh Pemahaman Wajib Pajak, Penerapan Sistem E-Filing, dan Kualitas Pelayanan Fiskus secara bersama-sama dengan Pemenuhan PPh Pasal 21 Pegawai Teknis di PDAM Kota Miskin. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan kriteria yang ditentukan oleh peneliti. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah data primer dari kuesioner. Responden sasaran dalam penelitian ini adalah 83 responden namun data responden yang dapat diolah adalah 74 jawaban responden. Metode pengujian dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas dan Analisis Regresi Linier Berganda dengan SPSS Versi 20.


Keywords


Kepatuhan terhadap PPh pasal 21; pemahaman wajib pajak; penerapan sistem e-filing dan kualitas layanan fiskus

References


Alam, Sahrul. 2003. “Pengaruh Tingkat Pengetahuan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Memenuhi Kewajiban Perpajakan (Studi Kasus di Kantor Pelayanan Pajak Lubuk Linggauâ€, Tesis S2 Program Pascasarjana Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia.

Azwar Syaifudin. (2010). Metode Penelitian. Yogyakarta Pustaka Pelajar.

Adi, 2018. Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Sanksi Pajak dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan pada Kpp Pratama Cilacap Tahun 2018â€. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Astina & setiawan, 2018. Pengaruh Pemahaman Peraturan Perpajakan, Kualitas Pelayanan Fiskus dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Tingkat Kepatuhan WPOP. Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.

Aprilia, 2015. Perbandingan Kinerja Keuangan Sebelom dan Sesudah Akuisisi pada Perusahaan Manufaktur. Jurnal Ilmu Nol 4 (No.12). Universitas Kristen Maranata.

Agustiningsih, 2016. Pengaruh Pengaplikasian E-Filing, Tingkat Pemahaman Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak , dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wjib Pajak. Jurnal Nominal. Universitas Kristen Maranatha.

Wajib Pajak. Surakarta.

FEB-UNIDHA, 2017. Pedoman Sekripsi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wisnuwarhana Malang.

Glozali, 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Universitas di Ponegoro. Semarang.

Gita, 2010 Dalam Noviani, Berlinda, 2018. Pengaruh Pengaplikasian Sistem E- Filing Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Sosialisasi Perpajakan dan Pemahaman Internet Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Husnurrosyidah dan Suhadi. 2017. “Pengaruh E-filing, E-biling, dan E-faktur Terhadap Kepatuhan WP pada BMT Se-Kabupaten Kudusâ€. Jurnal Analisa Akuntansi dan Perpajakan.

Indriantoro, Nur dan Supomo, Bambang, 2009. Metode Penelitian Bisnis dan Akuntansi. Buku Edisi Pertama. Yogyakarta. BPFE.

Ismawati, 2017. “Pengaruh Pemahaman Peraturan Perpajakan, Kualitas Pelayanan Fiskus, Sanksi Pajak, Dan Tax Amnesty Terhadap Kepatuhan Wajib Pajakâ€. Skripsi. Surakarta.

Jatmiko, 2006. Pengaruh Sikap Wajib Pajak Pada Pelaksanaan Sanksi Denda, Pelayanan Fiskus, dan Kesadaran Perpajakan Terhadap Kepatuhan WPOP. Tesis Magister Akuntansi. Universitas Diponegoro.

Sugiono 2010. Metode penelitian pendidikan pendekatan kualitatif dan R dan D. Bandung. Alfabeta.

Supadmi, Ni Luh. 2010. Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Melalui Kualitas Pelayanan. Jurnal Akuntansi Pajak.

Subarkah & dewi, 2017. Pengaruh Pemahaman, Kesadaran, Kualitas Pelayanan, Dan Ketegasan Sanksi Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Akuntansi Dan Pajak. Suharjo.

Suherman, Almunawwaroh & Marliana, 2015. Pengaruh Pengaplikasian E-Filing Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan. Jurnal. Surakarta.

Sekaran, 2006. Metodologi Penelitian Untuk Bisnis Buku 2 Edisi 4. Jakarta. Siregar dkk, 2012. Ikatan Akuntan Indonesia. Buku(No.7. Sumatera selatan. Santosos, 2008. Pengantar Ilmu Hukum Pajak, PT. Refika Aditama. Bandung.

Suharyadi dan Purwantoro, 2011. Statistika Untuk Ekonomi dan Keuangan Modern. Jakarta: salemba empat.

Syahril, Farid, 2005 dan Aprila, Hani, 2015, Dalam Pramesti, 2018. Pengaruh Tingkat Pemahaman Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Fiskus, Sanksi Perpajakan, Lingkungan Wajib Pajak, dan Pengaplikasian E-Billing terhadap Kepatuhan WPOP (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Boyolali). Skripsi Tesis. Universitas Muhammadyah Surakarta.

Widyastuti, 2015. Pengaruh Tingkat Pemahaman Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Fiskus, Sanksi Perpajakan, dan Lingkungan Wajib Pajak Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Naskah Publikasi. Universitas Muhammadiyah. Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.30872/jinv.v18i1.10438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nova Dwi Hernanik, Puji Handayati


Crossref logo 

Editorial Address

INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen