Keputusan pembelian online dipengaruhi oleh kualitas pelayanan dan kepercayaan konsumen
DOI:
https://doi.org/10.30872/jinv.v18i2.10437Keywords:
Kualitas pelayanan, kepercayaan konsumen, keputusan pembelian onlineAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan konsumen terhadap pembelian online. Metode ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis dengan uji parsial (uji t) dan simultan (uji F). Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif antara kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian online. Terdapat pengaruh positif antara kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian online. Secara bersama-sama terdapat pengaruh positif antara kualitas pelayanan dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian online. Kesimpulannya yaitu yang berpengaruh positif adalah kualitas pelayanan dan kepercayaan konsumen. Untuk peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini dengan menambah variabel lain seperti: promosi dan harga yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian dan dapat menggunakan metode penelitian kualitatif dengan mengkaji lebih dalam variabel-variabel tentang keputusan pembelian.Â
References
Anandita, Florentinus Bigar Anung dan Saputra, S. D. (2014). ANALISIS PENGARUH KEPERCAYAAN, KEAMANAN, KUALITAS PELAYANAN, DAN PERSEPSI AKAN RESIKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI SITUS JEJARING SOSIAL.
Brian Cahyo Adyanto, S. B. S. (2018). PENGARUH KUALITAS LAYANAN, BRAND IMAGE , HARGA DAN KEPERCAYAAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi layanan E-commerce Berrybenka.com). 7(1996), 1–20.
Intan, L. K. dkk. (2016). PENGARUH PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI RESTORAN JAVANA BISTRO BANDUNG. The Journal Gastronomy Tourism, Vol 3, No, 246–254.
Kotler, P. & G. A. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Edisi 13). Erlangga.
Mahkota, A. P. (2014). PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KENYAMANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE ( Studi Pada Pelanggan Website Ride Inc ). 8(2).
Nawangsari, S. (2017). Pengaruh Kepercayaan , Kualitas Layanan , dan Keamanan Terhadap. 4, 385–394.
Purwanto, D. (2019). Komunikasi Bisnis. Erlangga.
Ritonga, H. M., Sc, M. M., Fikri, M. El, Siregar, N., Agustin, R. R., Sos, S., & Hidayat, R. (2018). Konsep dan Strategi. Manajemen Pemasaran, 1–212.
Rohaeni, H., & Marwa, N. (2018). Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. 2(2), 312–318.
Rosdiana, R., & Haris, I. A. (2018). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Produk Pakaian Secara Online. 2(3), 169–175.
Rosita, N. W. A. dkk. (2018). PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN JASA YANG TERDAFTAR DI BEI. The Fipa, Vol 6, No.
Saputra, S., Studi, P., & Bisnis, D. M. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI GRAND SETIABUDI HOTEL & APARTMENT. 9(September), 21–31.
Sari, Ayu Ratih & Yasa, N. N. K. (2020). Kepercayaa Pelanggan diantara hubungan citra perusahaan dengan loyalitas pelanggan MAPEMALL.Com (Andriyanto (ed.)). Lakeisha.
Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Alfabeta.
Suprapto, R. & A. M. Z. W. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran. Myria Publisher.
Tanama, B. R. (2017). Manajemen pemasaran. In Manajemen pemasaran.
Tjiptono, F. (2011). Service Quality and Satisfaction (Edisi 3). Andi Offset.
Wahyudiono. (2019). Jurnal Komunika. 8(2). https://doi.org/10.31504/komunika.v8i2.2487
Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan (Suwito (ed.); Pertama). Kencana Prenada Media Group
Downloads
Published
Issue
Section
License
Inovasi : Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Manajemen
pISSN: 0216-7786 eISSN: 2528-1097
is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License