Strategi ketahanan pasar rakyat di masa pandemi covid-19

Vika Annisa Qurrata, Reta Giyanti Supratman, Rizka Binti Khuzaimah

Abstract


Pandemi Covid-19 ini berdampak sangat besar pada sektor perekonomian pasar rakyat. Turunnya daya beli konsumen menyebabkan pendapatan pedagang di pasar rakyat menurun salah satunya Pasar Kasin. Adanya pandemi ini memberikan dampak yang besar pada Pasar Kasin Kota Malang. Hal ini dikarenakan menurunnya omset para pedagang dan menurunnya jumlah pedagang di Pasar Kasin. Berdasarkan laporan Kementerian Perdagangan, omset pedagang mengalami penurunan rata-rata 39% karena sepinya pembeli semasa pademi Covid-19. Sementara juga jumlah pedagang mengalami penurunan rata-rata 29%. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi dari pihak-pihak terkait seperti pemerintah, serta pedagang untuk menjaga ketahanan Pasar Kasin di masa-masa pandemi Covid-19 seperti saat ini. Penelitian terkait strategi ketahanan Pasar Kasin Kota Malang di masa pandemi Covid-19 ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian secara deskriptif kualitatif digunakan untuk mendapatkan data secara menyeluruh dan mendalam tentang strategi ketahanan pasar rakyat di masa pandemi Covid-19. Berdasarkan hasil dari penelitian terkait ketahanan pasar, strategi yang tepat untuk Pasar Kasin di masa pandemi ini adalah pembenahan layanan pasar, revitalisasi pasar, membuat UKM corner, mengubah paradigma negatif menjadi positif, membuat aplikasi e-pasar, membuat paguyuban pedagang pasar, memasarkan keunggulan pasar, serta memanfaatkan pembayaran elektronik.


Keywords


Strategi; ketahanan pasar; pasar rakyat

References


Aliyah, I., Daryanto, T. J., & jani Rahayu, M. (2017). Peran Pasar Tradisional dalam Mendukung Pengembangan Pariwisata Kota Surakarta. GEMA TEKNIK Majalah Ilmiah Teknik, 10(2), 111-118.

Aruman, A. E., Sumardjo, S., Panjaitan, N. K., & Sadono, D. (2018). Model Komunikasi Untuk Membangun Kapasitas Kewirausahaan dan Kesiapan Perubahan Pedagang Pasar Tradisional. Jurnal Penyuluhan, 14(1), 52-67.

Badan Pusat Statistik. 2019. Sebaran Pasar dan Pusat Perdagangan. Diakses pada 21 September 2021 melalui https://www.bps.go.id/indicator/173/1875/1/sebaran-pasar-dan-pusat-perdagangan-menurut-klasifikasi.html.

Damardjati, D. S. (2011). Strategi Pengembangan Pasar Domestik Pertanian dalam Menghadapi Persaingan Global.

Furqon, M. A. (2019). Strategi Pemberdayaan dalam Upaya Menjaga Eksistensi Pasar Produk Khas Kapedi. Jurnal Mirai Management, 4(2), 122-136.

Halik, Abdul. (2014). Peran Pemerintah Kota Serang dalam Kebijakan Pengembangan Pasar Tradisional. Jurnal Bina Praja, 6(2), 84-100.

Kemendag. (2016). Konsep Revitalisasi Pasar Rakyat. Diakses pada 21 September 2021 melalui https://ews.kemendag.go.id/revitalisasi/KonsepRevitalisasi.aspx.

Kemendag. (2016). Pemberdayaan Manajemen. Diakses pada 21 September 2021 melalui https://ews.kemendag.go.id/revitalisasi/Pemberdayaan.aspx

Kemenkop. (2020). Laporan UMKM Terdampak selama Masa Pandemi. Diakses pada 21 September 2021 melalui https://kemenkopukm.go.id/read/menkopukm-transformasi-digital-solusi-bagi-umkm-yang-terdampak-ppkm.

Marleni, M. (2015). Strategi Organisasi Formal Menjaga Ketahanan Institusi Lokal Di Pasar Raya Padang. Jurnal Ilmu Sosial Mamangan, 4(2), 135-143.

Nasrun, M. A. (2020). Kekuatan Dasar Pemulihan Ekonomi Pasca Covid-19 di Kabupaten Kapuas Hulu. In Prosiding Seminar Akademik Tahunan Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan (pp. 32-40).

Novita, Dian. (2015). Pasar Tradisional dan Pasar Modern sebagai Indikator Kemajuan Perekonomian Suatu Daerah. Jurnal Jendela Hukum, 2(1), 50-56.

Nugroho, B. A. A., & Nurcahyanto, H. (2016). Strategi pengembangan pasar tradisional di kota semarang. Journal of Public Policy and Management Review, 5(1), 187-198.

Pakpahan, K., Martoyo, H., & Triyono, H. J. (2019). Strategi Pemberdayaan Pedagang Pasar Rakyat Markasan di Nanga Pinoh Kabupaten Melawi. Jurnal Ilmu Administrasi 8(3).

Republik Indonesia. (2014). Undang Undang Tentang Perdagangan. Kementrian Perdagangan.

Sugiyono, (2009), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

UPT Pasar. (2021). Rekapitulasi Jumlah Pedagang Kota Malang 2021.

Utami, T., Agustinawati, E., & Sos, S. (2012). Pendekatan Manajemen Komunitas Untuk meningkatkan Ketahanan Usaha Pedagang Pasar Tradisional dikota Surakarta.

Widyasari, F. A., & Yuniningsih, T. (2016). Analisis Strategi Pengelolaan Pasar Tradisional “Bangsri†Di Dinas Koperasi, UMKM Dan Pengelolaan Pasar Kabupaten Jepara. Journal of Public Policy and Management Review, 5(2), 321-333.

Wijayati, P. A. (2013). Model Pemberdayaan Pasar Tradisional Berbasis Ekonomi Kerakyatan di Kota Semarang. Paramita: Historical Studies Journal, 23(2).

Wiwik Budiarti, M. M. (2021). Analisis Dampak Covid-19 Terhadap Tingkat Inflasi Sepuluh Bahan Pokok Pangan Strategis Di Pasar Tradisional Jawa Timur. Develop, 5(2), 39-64.




DOI: https://doi.org/10.30872/jinv.v18i1.10365

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Vika Annisa Qurrata, Reta Giyanti Supratman, Rizka Binti Khuzaimah


Crossref logo 

Editorial Address

INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen