Makna stock split bagi investor dan emiten: perspektif terhadap abnormal return, trading volume activity, nilai perusahaan dan volatilitas

Sriyono Sriyono, Mujaiyinul Alam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami perbedaan Abnormal Return, Trading Volume Activity, Nilai Perusahaan, Volatilitas sebelum dan sesudah stock split. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan pengujian hipotesis. Penelitian ini dari populasi 145 perusahaan manufaktur Indonesia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2019 didapatkan 40 perusahaan yang melakukan stock split. Agar dapat menyelesaikan permasalahan yang terdapat pada rumusan masalah di penelitian ini maka metode yang digunakan adalah model analisis Paired T Test atau Wilcoxon Signed Rank tergantung dengan distribusi datanya, analisis dilakukan dengan menggunakan bantuan program software Stata. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Abnormal return sebelum dan sesudah stock split terdapat perbedaan yang signifikan dengan hasil uji beda 0.0344. Trading volume activity sebelum dan sesudah stock split terdapat perbedaan yang signifikan hasil uji beda 0.0175. Nilai perusahaan sebelum dan sesudah stock split terdapat perbedaan yang signifikan hasil uji beda 0.0178. Volatilitas sebelum dan sesudah stock split terdapat perbedaan yang signifikan hasil uji beda 0.0196.

Keywords


Abnormal return; trading volume activity; nilai perusahaan; volatilitas; stock split

References


Adler Haymans, Manurung. 2011. “Restrukturisasi Perusahaan :Merger, Akuisisi Dan Konsolidasi, Serta Pembiayaan.â€

Aduda, Josiah Omollo and Chemarun Caroline. 2010. “Market Reaction to Stock Split Empirical Evidence from the Nairobi Stock Exchage.†African Journal of Business & Management Vol.1.

Alexander, Alexander, and M. Amin Kadafi. 2018. “Analisis Abnormal Return Dan Trading Volume Activity Sebelum Dan Sesudah Stock Split Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.†Jurnal Manajemen 10(1): 1.

Ali, Sadikin. 2011. “Analisis Abnormal Return Saham Dan Volume Perdagangan Saham Sebelum Dan Sesudah Peristiwa Pemecahan Saham (Studi Pada Perusahaan Go Public Yang Terdaftar Dalam BEI).†Jurnal Manajemen Dan Akuntansi Vol 12.

Al Azhar, Emrinaldi Nur DP & M Alwi Montazeri. 2013. “Analisis Abnormal Return Saham, Volume Perdagangan Saham, Likuiditas Saham, Dan Variabilitas Tingkat Keuntungan Saham Sebelum Dan Sesudah Stock Split.†Jurnal Akuntansi Vol. 2.

Bhekti Fitri Prasetyorini. 2013. “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Price Earning Ratio Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan.†Jurnal Ekonomi Vol. 12: No.5.

Chi-Chur.-C., Malone C. & Young M, Hu M. 2017. “Real Determinants of Stock Split Announcements.†International Review of Economics and Finance.

Dewi, Adistie Nucke Arista, and Indri Kartika. 2016. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Bid-Ask Spread Pada Perusahaan Manufaktur.†Jurnal Akuntansi Indonesia 4(2): 85.

J. Wang and C. Wu, K.H Chung. 2014. “Volatility and the Cross-Section of Corporate Bond Returns.†Journal of Financial Ekonomics: 133.

Lifeng, Gu. 2018. “Stock Liquidity And Corporate Diversification : Evidence From China’s Split Share Structure Reform.†Journal Of Empirical Finance Vol 49.

Lu H, Ma X, Huang K, Azimi M. 2019. “Carbon Trading Volume and Price Forecasting in China Using Multiple Machine Learning Models.†Journal of Cleaner Production.

Lucia ari diyani. 2016. “Difference in Market Price Levels Share, Stock Return, and Trading Volume of Company Shares before and after the Stock Split.†Journal of business research.

Lusiana Fransiska, Anna Purwaningsing. 2011. “Perbedaan Likuiditas Saham Sebelum Dan Sesudah Reverse Stock Split.†Jurnal Riset Akuntansi Indonesia Vol 3.

Muhammad, and Ade Hemoyo. 2013. “Pengaruh Stock Split Announcement Terhadap Volume Perdagangan Dan Return.†Manajemen Analisis Journal: Hal 110-116.

Munthe, Kornel. 2017. “Perbandingan Abnormal Return Dan Likuditas Saham Sebelum Dan Sedudah Stock Split: Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.†Jurnal Akuntansi 20(2): 254.

Napitupulu, Veronica, and Syahyunan. 2013. “Pengaruh Return Saham, Volume Perdagangan Dan Volatilitas Harga Saham Terhadap Bid-Ask Spread Pada Perusahaan Yang Melakukan Stock Split Di BEI.†Jurnal Media Informasi Manajemen Vol 12.

Safira, Tania Hayu, and Febryanti Simon. 2016. “UJI KOMPARASI ABNORMAL RETURN, TRADING VOLUME, TRADING FREQUENCY, DAN BID-ASK SPREAD SEBELUM DAN SESUDAH SHARE SPLIT (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di BEI Periode 2008-2015).†Ultima Accounting 8(8): 24–45.

Triton, Budi Perwira. 2006. STATA 13.0 Terapan : Riset Statistik Parametrik. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Viyolanda Intan Yuhendri dan Devi Farah Azizah. 2019. “Analisis Perbedaan Trading Volume Activity Dan Abnormal Return Sebelum Dan Sesudah Stock Split.†Jurnal Administrasi Bisnis Vol 73.

Widhyawati, I Gusti Ayu Mas, and I.G.A. Eka Damayanthi. 2015. “Pengaruh Trading Volume, Market Value, Dan Return Variance Pada Bid-Ask Spread.†E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 10(3): 763–77.

Yongxian, Tan. 2020. “The Real Effect of Partial Privatization on Corporate Innovation: Evidence from China’s Split Share Structure Reform.†Journal of corporate finance 64.

Zulfa, Nur Atiqotul. 2015. “Analisis Estimasi Volatilitas Indeks Harga Saham Menggunakan Harga Tertinggi, Terendah, Pembukaan, Dan Penutupan.â€




DOI: https://doi.org/10.30872/jinv.v17i4.10182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sriyono Sriyono, Mujaiyinul Alam


Crossref logo 

Editorial Address

INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen