Pengaruh brand equity (ekuitas merek) maskapai garuda indonesia terhadap loyalitas penumpang

Arif Fakhrudin, Kifni Yudianto

Abstract


Persaingan antar perusahaan saat ini semakin ketat, dimana brand/merek memiliki peran penting dan menjadi aset perusahaan yang paling bernilai Merek harus mempunyai Brand Equity yang kuat sehingga. Loyalitas pelanggan dapat diraih dengan pelayanan yang memuaskan sesuai dengan harapan konsumen atau bahkan melebihi dari harapan konsumen. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh antara Brand Equity (Brand Awareness, Perceived Quality, Brand Association,dan Brand Loyalty) terhadap Customer Loyalty. Penelitian ini menggunakan data primer dan metode pengumpulan data dilakukan dengan survei atau menyebarkan kuisioner kepada responden. Sampel penelitian ini terdiri dari 100 responden dan selanjutnya kuisioner dianalisis dengan menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda dengan menggunakan Program Statistik SPSS release 15.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Brand Equity yang terdiri dari Brand Awareness, Percieved Quality, Brand Association dan Brand Loyalty secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Konsumen Maskapai Garuda Indonesia dengan nilai F sebesar ,000(a) > ,0.05 dengan persentase sebesar 38,7%.


Keywords


Ekuitas merek; loyalitas; penumpang

References


Akbar, H. (2012). Analisis pengaruh Brand Equity Teh Botol Sosro terhadap Loyalitas Pembelian Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin. http://repository.unhas.ac.id/handle/123456789/4031 Diakses tanggal 16 maret 2020

Alamsyah. (2013). Analisis pengaruh ekuitas merek dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan. 206081004228. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/23910/1/ALAMSYAH (206081004228).pdf Diakses tanggal 16 Maret 2020

Azizah, N. N. (2018). Pengaruh Brand Equity Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Fashion Rabbani (Studi Pada Pelanggan Produk Fashion Rabbani Di Rabbani Store Ujung Berung Bandung). 5(1), 86–96. https://doi.org/10.1016/j.ijmachtools.2009.09.004

Boohene, R., & Agyapong, G. K. Q. (2011). Analysis of the Antecedents of Customer Loyalty of Telecommunication Industry in Ghana: The Case of Vodafone (Ghana). International Business Research, 4(1), 229–240. https://doi.org/10.5539/ibr.v4n1p229

Chan, A. (2010). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen : Studi Kasus Bank Muamalat Indonesia Cabang Bandung. Jurnal Administrasi Bisnis Unpar, 6(1), 47–62.

Ermawati, P. W., Sudiro, A., & Khusniyah, N. (2016). Pengaruh Kesadaran Merek dan Asosiasi Merek terhadap Ekuitas Merek pada Pelanggan Hypermarket di Kota Malang. Jurnal Aplikasi Manajemen, 14(2), 373–386. https://doi.org/10.18202/jam23026332.14.2.19

Hasan, S. (2009). Pengaruh Kualitas Layanan, Citra, Nilai Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pasien (Studi pada Industri Rumah Sakit di Kota Makassar). Aplikasi Manajemen, 8(1), 256–263.

Kotler, P. (2010). Prinsip - Prinsip Pemasaran (Sembilan). PT Indeks Gramedia.

Kurnia, F., Mukhtar, Y., & Lindawati. (2014). Pengaruh ekuitas merek terhadap loyalitas pelanggan pada produk pocari sweat di kota padang. 1–15. http://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php?journal=JFEK&page=article&op=view&path%5B%5D=3280&path%5B%5D=2830 Diakses tanggal 15 maret 2020

Maulidiah, F., Suharyono, & Hidaya, K. (2016). Pengaruh ekuitas merek terhadap loyalitas pelanggan. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 1(1), 1–8. https://media.neliti.com/media/publications/73628-ID-pengaruh-ekuitas-merek-terhadap-loyalita.pdf Diakses tanggal 16 Maret 2020

Mentari, A. (2014). PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA PRODUK HAND AND BODY LOTION CITRA (STUDI KASUS PENGUNJUNG CARREFOUR DI PALEMBANG SQUARE). 2(2), 54–65. https://doi.org/10.5874/jfsr.2.2_54

Muzaqqi, A., Fauzi, A., & Suyadi, I. (2016). Pengaruh Kesadaran Merek, Kesan Kualitas, Asosiasi merek, dan loyalitas merek terhadap ekuitas merek (Survei pada Konsumen Pembeli dan Pengguna Produk Sari Apel SIIPLAH di Perumahan Saxophone Kecamatan Lowokwaru Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 31(1), 26–34. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1208 Diakses tanggal 15 maret

Nurizka, R., & Rahmi, T. (2016). Hubungan antara Brand Awareness dengan Loyalitas Konsumen pengguna Sepeda Motor Honda. Jurnal RAP UNP, 7(1), 67–77. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/psikologi/article/view/6609 Diakses tanggal 17 Maret 2020

Nurlaeli, L. (2013). Pengaruh ekuitas merek terhadap loyalitas konsumen pada produk sari ayu martha tilaar di jember. http://repository.unmuhjember.ac.id/1381/1/ARTIKEL.pdf Diakses tanggal 16 maret 2020

Oktavia, E. S. (2014). Pengaruh ekuitas merek terhadap loyalitas nasabah pada bank danamon surabaya. http://eprints.perbanas.ac.id/2100/1/ARTIKEL ILMIAH.pdf. Diakses tanggal 16 Maret 2020

Priyatno, D. (2010). Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS dan Tanya Jawab Ujian Pendadaran. Gaya Media.

Rofiq, A., Suryadi, N., & Faidah, N. N. (2009). Peranan Ekuitas Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Industri Telepon Seluler. The 3rd National Conference on Management Research, ISSN: 2086(November), 1–14. http://ainurrofiq.lecture.ub.ac.id/files/2012/02/MP.PERANAN-EKUITAS-MEREK-TERHADAP-LOYALITAS-PELANGGAN-PADA.pdf Diakses tanggal 16 Maret 2020

Syarofah, S. (2017). Pengaruh Ekuitas Merek (Brand Equity) Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Produk Telepon Seluler (Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen Universitas Muria Kudus). https://eprints.umk.ac.id/7691/1/HALAMAN_DEPAN.pdf Diakses tanggal 17 maret 2020

Wulansari, A. (2013). Pengaruh Brand Trust dan Perceived Quality terhadap Keputusan Pembelian Ulang Produk Sari Roti (Studi Pada Konsumen di Perumahan Gresik Kota Baru, Manyar Gresik). Jurnal Ilmu Manajemen, 1(2), 388–401. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jim/article/view/2967 Diakses tanggal 20 Maret 2020




DOI: https://doi.org/10.30872/jinv.v17i4.10077

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Arif Fakhrudin, Kifni Yudianto


Crossref logo 

Editorial Address

INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen