Pengaruh kinerja lingkungan, biaya lingkungan dan ukuran perusahaan terhadap kinerja keuangan

Iwan Setiadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kinerja lingkungan, biaya lingkungan dan ukuran perusahaan terhadap kinerja keuangan perusahaan. Kinerja keuangan perusahaan pada penelitian ini diukur dengan Return on Assets (ROA). Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel penelitian ini merupakan semua perusahaan BUMN non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2014-2018. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, yang terdiri dari 11 perusahaan BUMN non keuangan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan pengujian asumsi klasik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan. Biaya lingkungan tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan. Ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan program perlindungan lingkungan yang dilakukan oleh perusahaan mampu meningkatkan kepercayaan stakeholders, sehingga mendorong peningkatan kinerja perusahaan khususnya kinerja keuangan perusahaan.


Keywords


kinerja lingkungan, biaya lingkungan, ukuran perusahaan, kinerja keuangan

References


DAFTAR PUSTAKA

Angela, & Yudianti, F. N. (2014). Pengaruh kinerja lingkungan terhadap kinerja finansial dengan pengungkapan corporate social responsibility sebagai variabel intervening. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Andayani, R. (2016). Hubungan Antara Iso 14001, Environmental performance dan Environmental disclosure Terhadap Economic Performance. Jurnal Akuntansi dan Sistem Teknologi Informasi, 11(2).

Bahri, S., & Cahyani, F. A. (2016). Pengaruh Kinerja Lingkungan Terhadap Corporate Financial Performance Dengan Corporate Social Responsibility Disclosure Sebagai Variabel I Ntervening (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei). Jurnal Ekonika: Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 1(2).

Bangun, R. N., & Sunarni, C. W. (2013). Pelaporan Biaya Lingkungan Dan Penilaian Kinerja Lingkungan (Studi Kasus Pada PT Tangjungenim Lestari Pulp And Paper). Jurnal Ilmiah Akuntansi: Universitas Atmajaya Yogyakarta.

Camilia, I. (2016). Pengaruh kinerja lingkungan dan biaya lingkungan terhadap kinerja keuangan perusahaan manufaktur (Doctoral dissertation, Stie Perbanas Surabaya).

Damanik, I. G. A. B. A., & Yadnyana, I. K. (2017). Pengaruh Kinerja Lingkungan Pada Kinerja Keuangan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 20(1).

Dewi, K. (2014). Analisa Environmental Cost pada Perusahaan Non-Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011, 2012 dan 2013. Binus Business Review, 5(2), 615-625.

Evita, M., & Syafruddin, S. (2019). Pengaruh Biaya Lingkungan, Kinerja Lingkungan, dan ISO 14001 Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Pertambangan Studi Kasus Pada Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2017. Measurement: Jurnal Akuntansi, 13(1).

Fitriani, A. (2013). Pengaruh kinerja lingkungan dan biaya lingkungan terhadap kinerja keuangan pada BUMN. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 1(1).

Ikhsan, A. A. N., & MUHARAM, H. (2016). Pengaruh Kinerja Lingkungan Terhadap Kinerja Keuangan Studi Pada Perusahaan yang Terdaftar di Kementerian Lingkungan Hidup dan Listing di Bursa Efek Indonesia (Periode 2008–2014) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Karuniasari, P. (2013). Pengaruh Leverage, Profitabilitas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Luas Pengungkapan Laporan Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Telah Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Mardikanto, T. (2014). CSR (Corporate Social Responsibility)(tanggungjawab sosial korporasi). Bandung: Alfabeta.

Mastilah, M. (2016). Pengaruh kinerja lingkungan terhadap kinerja keuangan pada perusahaan manufaktur yang listing di BEI tahun 2011-2014 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Ningtyas, A. A., & Triyanto, D. N. (2019). Pengaruh Kinerja Lingkungan dan Pengungkapan Lingkungan terhadap Profitabilitas Perusahaan. JASa (Jurnal Akuntansi, Audit dan Sistem Informasi Akuntansi), 3(1), 14-26.

Prasinta, D. (2012). Pengaruh good corporate governance terhadap kinerja keuangan. Accounting Analysis Journal, 1(2).

Prasanjaya, A. Y., & Ramantha, I. W. (2013). Analisis pengaruh rasio CAR, BOPO, LDR dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas bank yang terdaftar di BEI. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 4(1), 230-245.

Putra, D., & Utami, I. L. (2017). Pengaruh Environmental Performance Terhadap Environmental Disclosure dan Economic Performance (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar Di BEI). Jurnal Akuntansi, 9(1).

Rohelmy, F. A. (2015). Efektivitas Penerapan Biaya Lingkungan Dalam Upaya Meminimalkan Dampak Lingkungan (Studi pada PT. EMDEKI UTAMA). Jurnal Administrasi Bisnis, 19(2).

Saksakotama, P. H., & Cahyonowati, N. (2014). Determinan integritas laporan keuangan perusahaan manufaktur di Indonesia (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Septiadi, N. L. E. I. (2016). Pengaruh Kinerja Lingkungan, Biaya Lingkungan, dan Luas Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. Jurnal Akuntansi Profesi, 6(1), 21-31.

Siregar, I. F., Rasyad, R., & Zaharman, Z. (2019). Analisis Kontribusi Accounting Dan Akuntan Terhadap Perkembangan Dan Pengungkapan Sustainable Reporting. Jurnal Akuntansi Kompetif, 2(2), 49-54.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Tunggal, W. S. P., & Fachrurrozie, F. (2014). Pengaruh Environmental Performance, Environmental Cost Dan Csr Disclosure Terhadap Financial Performance. Accounting Analysis Journal, 3(3).

Walhi. (2018). Selembar Kertas dan Jejak kejahatan Korporasi. Jakarta.

Widhiastuti, N. L. P., Suputra, I. D. D., & Budiasih, I. N. (2017). Pengaruh kinerja lingkungan pada kinerja keuangan dengan Corporate Social Responsibility sebagai variabel intervening. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 6(2), 819-846.




DOI: https://doi.org/10.30872/jinv.v17i4.10054

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Iwan Setiadi


Crossref logo 

Editorial Address

INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen