Membedah strategi co-creation marketing usaha milenial

Ivan Ardiyanto Wiguna, Luh Putu Mahyuni, Ketut Elly Sutrisni, Ni Made Dhian Rani Yulianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membedah strategi co-creation marketing pada usaha milenial. Untuk mencapai tujuan penelitian, pendekatan kualitatif studi kasus dilakukan pada usaha milenial Montana Del Café Bali (Montana), berlokasi di Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Wawancara mendalam dilakukan terhadap pemilik dan konsumen Montana. Data hasil wawancara juga dibandingkan dengan hasil studi dokumentasi pada akun media sosial pengelola maupun konsumen Montana. Data hasil wawancara dianalisis dengan teknik coding dan themeing serta memanfaatkan pula teknik analisis SWOT untuk memetakan lebih dalam strategi Montana dalam menciptakan co-creation marketing bersama pelanggannya. Penelitian ini mengungkapkan bahwa Montana dalam waktu kurang dari satu tahun telah berhasil membuat usahanya terkenal dan selalu ramai dengan strategi pemasaran digital melalui berbagai saluran media sosial. Tipe co-creation marketing yang diterapkan adalah user generated content, dimana konsumen dengan senang hati turut mempromosikan Montana dengan membagikan pengalaman positif melalui akun media sosial mereka. Strategi co-creation marketing yang diterapkan Montana belum bersifat aktif, mengingat Montana hanya berupaya memastikan menghantarkan produk dan layanan terbaik kepada konsumen untuk menciptakan kepuasan konsumen. Belum terlihat upaya aktif untuk memberikan apresiasi kepada konsumennya yang telah secara aktif turut mempromosikan Montana. Upaya mendorong keterlibatan konsumen dalam inovasi menu, misalnya, juga belum terlihat. Penelitian ini mengisi gap dalam literatur terkait bukti empiris bagaimana usaha generasi milenial dapat menerapkan strategi co-creation marketing. Temuan penelitian ini diharapkan dapat menjadi tambahan wawasan bagi para entrepreneur yang berminat membuka usaha sejenis yang menyasar generasi milenial.


Keywords


Strategi pemasaran digital; co-creation marketing; usaha milenial

References


Aprilya, T. 2017. “Strategi Komunikasi Pemasaran Nadyasfashop Melalui Instagram Dalam Meningkatkan Kepercayaan Customer Di Samarinda.†EJournal Ilmu Komunikasi, 5(1), 13-23.

Banjaransari, Y. G., & Saputro, E. P. 2018. “Pemanfaatan Instagram sebagai Media Komunikasi Pemasaran Online Page Down Cloth Maker" (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Chung, Namho, and Chulmo Koo. 2015. “The Use of Social Media in Travel Information Search.†In Telematics and Informatics,.

Creswell, J. W., & Clark, V. L. P. 2018. Designing and Conducting Mixed Methods Research. Sage Publications.

Goenawan, Giovanny. 2015. “Co-Creation Communication Pengguna Instagram Dalam Foodstagram Di Surabaya.†Jurnal e-Komunikasi, 3(1).

Haddouche, Hamed, and Christine Salomone. 2018. “Generation Z and the Tourist Experience: Tourist Stories and Use of Social Networks.†Journal of Tourism Futures 4(1): 69–79.

Harmika Pradnya R., Made, Reni Nuraeni, and Sylvie Nurfebiaraning. 2016. “Strategi Relationship Marketing Dalam Akun Twitter @Telkomsel.†Jurnal Sosioteknologi 15(3): 357–70.

Indika, Deru R et al. 2017. “Implementasi Co Creation Dalam Pengembangan Produk Pada Ritel Butik.†I(2): 96–101.

InternetWorldStats. 2021. Asia Internet Use, Population Statistics Data, and Facebook Data - Mid - Year 2021. https://www.internetworldstats.com/stats3.htm#asia.

Kotler, P. 2012. Manajemen Pemasaran Edisi 12.

Kusuma, Diana Fitri, and Mohamad Syahriar Sugandi. 2019. “Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts.†Jurnal Manajemen Komunikasi.

Mahyuni, Luh Putu, Gusi Putu Lestara Permana, I Made Sindhu Yoga, and I Wayan Arta Setiawan. 2020. “Bisnis Eco-Park Di Mata Milenial: Eksplorasi Persepsi Dan Intensi Milenial Mengunjungi Eco-Park.†Ekonomi dan Bisnis 7(1): 75.

Mahyuni, Luh Putu, I Made Sindhu Yoga, Gusi Putu Lestara Permana, and I Wayan Arta Setiawan. 2020. “Bagaimana Bisnis Eco-Park Menarik Minat Milenial? Sebuah Model Untuk Memahami Intensi Milenial Mengunjungi Eco-Park.†Forum Ekonomi 22(2): 218–31.

Marketeers. 2013. “Kiat Membangun Co-Creation Yang Sukses.†http://marketeers.com/kiat-membangun-co-creation-yang-sukses/.

Nori Ayufi, Risma Pertiwi, Vashty G Shabrina, Irwansyah. 2019. “Pemanfaatan Co-Creation Oleh Jenis Co.Create Sebagai Strategi Pengembangan Produk Perbankan Digital Jenius.†Petanda Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora, 1(2), 52-62.

Obar, Jonathan A., and Steven S. Wildman. 2015. “Social Media Definition and the Governance Challenge: An Introduction to the Special Issue.†SSRN Electronic Journal.

Patton, Michael Quinn. 2015. Qualitative Research and Evaluation Methods: Integrating Theory and Practice. 4th ed. USA: Sage Publications, Inc.

Pradiani, Theresia. 2018. “Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan.†Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia.

Prameswari, V., & Respati, A. 2014. “Perbedaan Work Values Antara Generasi X dan Generasi Y".

Purwandi, Ali & Lilik. 2017. “Generasi Milineal.†Jurnal Living Hadis.

Ramanathan, Usha, Nachiappan Subramanian, and Guy Parrott. 2017. “Role of Social Media in Retail Network Operations and Marketing to Enhance Customer Satisfaction.†International Journal of Operations and Production Management.

Rangkuti, F. 2013. SWOT-Balanced Scorecard. Gramedia Pustaka Utama.

Rizhaldi, Andy, and Luh Putu Mahyuni. 2021. “Menavigasi Bisnis UMKM Pada Masa Pandemi Covid-19.†E Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 10(7): 590–601.

Saldana, Johnny. 2013. The Coding Manual for Qualitative Researchers. Thousand Oaks, California: Sage Publications, Inc.

Shaukat, Mobeen. 2012. “Influence of Product Complexity and Customer Demographics on Co-Design.†ProQuest Dissertations and Theses.

Smith, PR, and Ze Zook. 2011. Marketing Communications: Integrating offline and online with social media Integrating Offline and Online with Social Media.

Sunidee. 2010. “Five Types of Co-Creation.†Slide share, https://www.slideshare.net.




DOI: https://doi.org/10.30872/jinv.v17i4.10033

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ivan Ardiyanto Wiguna, Luh Putu Mahyuni, Ketut Elly Sutrisni, Ni Made Dhian Rani Yulianti


Crossref logo 

Editorial Address

INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen