Pengaruh promosi dan harga terhadap proses keputusan pembelian konsumen

Azmy Nur, Anggi Pasca Arnu

Abstract


Perkembangan olahraga ekstrim di Indonesia dalam beberapa tahun belakangan ini semakin berkembang, terlihat di kota-kota bersar seperti Ibu Kota Jakarta, Bandung, Bali, Yogyakarta, hingga Surabaya olahraga ekstrim ini cukup pesat perkembangannya terutama di bidang skateboard, bmx, dan sepatu roda. Skateboard dalam salah satu olahraga ekstrim di berbagai pesta olahraga, dalam kondisi ritel juga memberikan dukungan untuk berbagai pihak yang ingin membuka ritel skateboard karena seimbang dengan perkembangan minat bermain skateboard. Adapun tujuannya untuk memperoleh bukti-bukti empirik dan menemukan kejelasan fenomena serta kesimpulan tentang Promosi dan Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Pada Minimus Skateshop. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dan verifikatif, yaitu mengumpulkan, menyajikan, menganalisis, dan melakukan pengujian hipotesis, serta membuat kesimpulan dan saran. Sampel dikumpulkan dengan menggunakan metode keseluruhan dengan jumlah sampel sebanyak 296 responden. Teknis analisis data yang digunakan yaitu teknis analisis skala dan analisis jalur dan dengan bantuan Method of succesive interval (MSI), program komputer Microsoft Excel 2010 dan SPSS versi 16. Dari hasil analisis data penelitian diperoleh beberapa kesimpulan yaitu variabel promosi berada pada kriteria setuju. Variabel harga berada pada kriteria setuju. Variabel Keputusan pembelian berada pada kriteria setuju. Terdapat hubungan antara promosi dan harga memiliki koefisien 0,721, hal ini menunjukan hubungan yang kuat dan searah karena memiliki nilai yang posistif. Variabel promosi (X1) dan harga (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) yaitu sebesar 0,6036 atau 60,36%. Adapun pengaruh variabel lain diluar promosi (X1) dan harga (X2) yang mempengaruhi keputusan pembelian (Y) adalah sebesar 0,3964 atau 39,64%.


Keywords


Promosi; harga; keputusan pembelian

References


Abdurrahman, N.H., 2015. Manajemen Strategi Pemasaran, Bandung: CV. Pustaka Setia.

Ace. (2006). Speed & Light : Indonesian Skateboarding. Jakarta: Gagas Media.

Baruna Hadi Brata, Shilvana Husani, dan Hapzi Ali. 2017. The Influence of Quality Products, Price, Promotion, and Location to Product Purchase Decision on Nitchi At PT. Jaya Swarasa Agung in Central Jakarta. Saudi Journal of Business and Management Studies, Vol. 2, No. 4B.

Dr. Ridwan, M.B.A., Dr. H. Sunarto, M.Si. 2011. Pengantar Statistika (Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi Dan Bisnis, Cet Iv, Bandung : Alfabeta

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 20. Semarang: Universitas Diponegoro.

Haryanto, Edy. 2013. Kualitas Layanan, Fasilitas dan Harga Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Layanan Pada Kantor SAMSAT Manado. Jurnal EMBA. ISSN FEB 2303-1174. Vol. 1 No. 3.

Irawan, Roni, Nawangsih, dan Riza Bahtiar. 2019. Pengaruh Promosi, Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Onderdil Astra

Honda Motor (AHM) pada UD. Rasa Motor di Lumajang.

Keller, Kevin L. 2013. Strategic Brand Management ; Building, Measuring, And Managing Brand Equity. Fourth Edition Harlow, English

:Pearson Education Inc.

Kotler, P., Bowen, J. T., Dan Makens, J. C. 2014. Marketing For Hospitality And Tourism. 5 Thedition.New Jersey: Pearson Prentice Hall

Kotler, Philip And Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Kotler, Philip Dan Amstrong, Gary. 2014. Principles Of Marketin, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran Jakarta : Erlangga.

Kotler, Phillip Dan Amstrong, Gary . 2017 . Principles Of Marketing.15th Edition.The United States Of America: Pearson Education Limit

Kotler, Phillip Dan Amstrong, Gary. 2018. Principles Of Marketing 17th Global Edition. Pearson Education,Inc.

Moha, S., & Loindong, S. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Konsumen pada Hotel Yuta di Kota Manado. EMBA issn 2303-1174, 557-584.

Rangkuti, Freddy.((2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis KasusIntegrated Marketing Communication. Jakarta : PT. GramediaPustakaUtama

Sadewo, G. (2018). Makna Olahraga Skateboard Menurut Anggota Komunitas Skateboard di Indonesia. Universitas Airlangga.

Sandy Sinambow, Irvan Trang 2015. Pengaruh harga, lokasi, promosi dan Kualitas layanan terhadap keputusan pembelian pada took computer

Game Zone Mega Mall Manado. Jurnal EMBA Vol. 3 No. 3 September, Hal. 300-311.

Sangadji, Etta Mamang & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen – Pendekatan Praktis disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: ANDI.

Schiffman, Leon.G. dan Leslie Lazar Kanuk. 2007. Perilaku Konsumen. Edisi Ke-7. Diterjemahkan oleh Zoelkifli Kasip. PT. Indeks, Jakarta.

Sekaran, Uma Dan Roger Bougie. 2017. Edisi 5, Research Method For Business: A Skill Building Approach. John Wiley @ Sons, New York

Sinambela. Lijan Poltak. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia: Membangun Tim Kerja yang Solid untuk MeningkatkaSn Kinerja, Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). Penerbit Cv. Alfabeta: Bandung.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif Dan Kombinasi (Mixed Methods).

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suwatno. & Priansa, D. 2011. Manajemen SDM dalam organisasi Publik dan Bisnis. Bandung: Alfabeta

Swastha, B., & Handoko, T. (2000). Manajemen Pemasaran (Analisi Perilaku Konsumen). Yogyakarta: BPFE UGM.

Tjiptono, Fandy. 2010, Strategi Pemasaran, Edisi 2, Andi Offset, Yogyakarta.

Safroni, Ladzi. 2012. Manajemen dan Reformasi Pelayanan Publik dalam Konteks Birokrasi Indonesia. Surabaya : Aditya Media Publishing

Hasibuan, Malayu S.P. 2016.Manajemen Sumber Daya Manusia. EdisiRevisi. Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara.

Moh Nazir, 2011. Metode Penelitian. Cetakan 6.

Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jfor.v23i3.9853

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 FORUM EKONOMI