Pengaruh brand awareness, brand image, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian

Anggi Primadasari, Tri Sudarwanto

Abstract


Surabaya menjadi salah satu kota yang turut meramaikan bisnis minuman yang sedang tren yakni jenis minuman kopi yang kian banyak digemari dengan sebutan kopi kekinian. Sebagai salah satu jenis minuman yang digemari banyak orang, kopi tidak dapat terlepas dari budaya masyarakat saat ini. Bisnis di bidang coffee shop sudah sangat banyak di Indonesia dengan berbagai konsep yang diusung oleh masing-masing gerai. Salah satu pelopor coffee shop di Indonesia yaitu Kopi Janji Jiwa dengan konsep ready to go. Hingga saat ini Janji Jiwa sudah memiliki sekitar 500 outlet yang tersebar di 50 kota besar di Indonesia, tidak terkecuali di Surabaya. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kualitas produk serta brand image yang timbul terhadap adanya tindakan pembelian kopi di Janji Jiwa Surabaya. Probability sampling adalah jenis penelitian yang dipergunakan pada penelitian ini serta menggunakan pula metode purposice sampling dengan menggunakan keterlibatan responden sebanyak 110 orang. Regresi linier berganda merupakan teknik analisis yang peneliti gunakan pada penelitian ini dengan mengolah data mempergunakan program SPSS 25. Berdasarkan pada uraian penelitian, maka hasil penelitian yang diperoleh yakni bahwa terhadap variable brand awareness (XI) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil yang sama juga diperlihatkan oleh variabel brand image (X2) dan variabel kualitas produk (X3). Secara simultan, variabel brand awareness, brand image, dan kualitas produk mempengaruhi keputusan pembelian Kopi Janji Jiwa dengan presentase 76.9%.


Keywords


Brand awareness; brand image; kualitas produk; keputusan pembelian

References


Ekawati, S., & Aryadirda, Y. (2018). Pengaruh brand image, brand awareness, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk planet popcorn pada mahasiswa fakultas ekonomi universitas tarumanagara jakarta. Jurnal Ekonomi, 20(3), 414–427. https://doi.org/10.24912/je.v20i3.308

Pratama, K. E., & Nurbaya, S. (2018). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Distro Osing Deles Banyuwangi. J A B Jurnal Aplikasi Bisnis, 4(2), 495–499.

Samad, A. (2013). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Nature Republic Di Kota Surabaya). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Tantowi, B. F. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Eiger (Studi di Outlet Eiger Manyar Surabaya).

Alfirahmi. (2019). Fenomena Kopi Kekinian Di Era 4.0 Ditinjau dari Marketing 4.0 dan Teori Uses and Effect. LUGAS Jurnal Komunikasi, 3(1), 24–32. https://doi.org/10.31334/ljk.v3i1.410

Maiti, & Bidinger. (2020). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen pada Kopi Jaanji Jiwa di Jl. Basuki Rhmat Surabaya. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Rayni Delya Hafni1, Assyifa Amelia Azzahra2, K. R. (2020). Pandangan Citra Brand Kopi Janji Jiwa Di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 8(1), 12. https://doi.org/10.30659/jikm.v8i1.7977

Rohmah, A. N., & Subari, S. (2021). Preferensi Konsumen Terhadap Produk Minuman Kopi Di Kopi Janji Jiwa Jilid 324 Surabaya. Agriscience, 1(3), 548–562.

Philip Kotler, & Keller, K. L. (2012). Marketing Management. Pearson Education. (14th ed). https://doi.org/10.1017/cbo9781139174749.022

Pranata, I. W. D. R., & Pramudana, K. A. S. (2018). Peran Kesadaran Merek (Brand Awareness) Dalam Memediasi Hubungan Iklan Oppo Dengan Niat Beli Konsumen. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(10), 5230–5257. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v07.i10.p02

Saputri, A. W. (2017). Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, Dan Media Komunikasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Jaringan 4g Lte Pt. Telkomsel (Studi Mahasiswa Universitas Pancasila).

Świtała, M., Gamrot, W., Reformat, B., & Bilińska-Reformat, K. (2018). The influence of brand awareness and brand imageon brand equity – an empirical study of logisticsservice providers. Journal of Economics and Management, 33(July), 96–119. https://doi.org/10.22367/jem.2018.33.06

Cahyani, K. I., Manajemen, J., Ekonomi, F., Semarang, U. N., & Artikel, I. (2016). Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian. Management Analysis Journal, 5(4), 281–288.

Kartika, R. P., Aryati, I., & Widayanti, R. (2019). Pengaruh Brand Image , Gaya Hidup, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Café Tiga Tjeret Di Surakarta. Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(01), 14–22. https://doi.org/10.29040/jie.v3i01.406

Rachmawati, S. D., & Andjarwati, A. L. (2020). Pengaruh Kesadaran Merek dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi pada Pengguna JNE Express di Surabaya Selatan ) ( The Effect of Brand Awareness and Brand Image on Purchasing Decisions ( Study of JNE Express Users in South Surabaya )). E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, VII(1), 25–29.

Sinaga, R. O. L. (2017). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cocorico Cafe & Resto Bandung 2017. 3(2), 258–264.

Yohana F. C. P. Meilani, I. B. M. P. B., & Ian N. Suryawan, R. R. M. (2020). The Influence of Brand Awareness, Brand Image, and Brand Trust on Brand Loyalty. Jurnal Manajemen, 24(3), 412. https://doi.org/10.24912/jm.v24i3.676

Databoks. (2020). Konsumsi Kopi Domestik di Indonesia. diakses 20 Maret 2021

Akbar, M. F. (2020). The Influence of Product Quality and Price on Purchasing Decisions at Mitraindo South Tangerang Online Shop. Jurnal Ad’ministrare, 6(2), 237. https://doi.org/10.26858/ja.v6i2.13557

Amron, A. (2018). The Influence of Brand Image, Brand Trust, Product Quality, and Price on the Consumer’s Buying Decision of MPV Cars. European Scientific Journal, ESJ, 14(13), 228. https://doi.org/10.19044/esj.2018.v14n13p228

Habibah, U. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Kota Bangkalan Madura. 1(1), 31–48.

Saputra, I., Lewangka, O., & Munir, A. R. (2020). The Influence of Product Quality and Promotion on Repurchase Pertamax through Consumer Satisfaction in Makassar City. Hasanuddin Journal of Business Strategy, 2(2), 79–92. https://doi.org/10.26487/hjbs.v2i2.338

Sri Wahyuni, & Ginting, M. (2017). The Impact of Product Quality, Price, and Distribution on Purchasing Decision on the Astra Motor Products in Jakarta. Journal of Business Management and Accounting, 1(1), 18–26.

Zahroh, A., & Dwijayanti, R. (2020). Pengaruh Brand Image Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kopi Janji Jiwa Di Royal Plaza Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(2), 868–874.




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v23i3.9743

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Anggi Primadasari, Tri Sudarwanto


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi