Pengaruh emosi positif, potongan harga, dan kualitas website terhadap pembelian impulsif

Lina Atika Andriani, Harti Harti

Abstract


Tujuan penelitian ini guna mengetahui pengaruh emosi positif, potongan harga, dan kualitas website terhadap pembelian impulsif pada toko jelita cosmetic di shopee. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode survei menggunakan teknik purposive sampling sebagai teknik dalam pengambilan data. Sampel penelitian berjumlah 100 responden dengan kriteria tertentu yaitu berusia remaja hingga dewasa dengan kisaran usia antara 16 hingga 60 tahun, dan pernah melakukan pembelian pada toko Jelita Cosmetic di Shopee. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah menggunakan kuesioner yang dikirimkan dalam bentuk link google form secara online, serta teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian menjelaskan bahwa variabel emosi positif tidak berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif. Sedangkan, pada variabel potongan harga secara signifikan memberikan pengaruh terhadap pembelian impulsif. Serta pada variabel kualitas website tidak berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif.


Keywords


Emosi positif; potongan harga; kualitas website; pembelian impulsif

References


Andriany, D., & Arda, M. (2019). The effect of bonus pack and price discount on buying impulse. The 1 International Conference on Innovation of Small Medium-Sized Enterprise (ICIS), 1(1), 75–82.

Arda, M. (2019). Effect of Loneliness and Discount Price on Impulse Buying in. Effect of Loneliness and Discount Price on Impulse Buying In, 1(1), 25–34.

Azzahra, M. H. (2015). Transaksi Shopee di Indonesia Terbesar di ASEAN. https://swa.co.id/swa/trends/technology/transaksi-shopee-di-indonesia-terbesar-di-asean

Bayu, D. J. (2021). 10 E-commerce dengan Pengunjung Terbesar pada Kuartal IV 2020. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/02/11/10-e-commerce-dengan-pengunjung-terbesar-pada-kuartal-iv-2020

Dewi, A. K., & Rachmawati, I. (2020). Pengaruh Website Quality terhadap Impulse Buying dengan Dimensi Shopping Value sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Konsumen E-Commerce Shopee). Jurnal Mitra Manajemen (JMM Online), 4(9), 1276–1286. http://e-jurnalmitramanajemen.com/index.php/jmm/article/view/125/69

Fazri, A. F., Arifin, R., & Primanto, A. B. (2020). Pengaruh Visual Merchandising, Potongan Harga, Kualitas Layanan, Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Melalui Emosi Positif Sebagai Variabel Mediasi Pada Pembeli Toko Paradise (Studi Kasus Pada Masyarakat Kelurahan Sisir). E – Jurnal Riset Manajemen PRODI MANAJEMEN, 9(8), 53–71. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/8084

Ghafiki, R., & Setyorini, R. (2017). Pengaruh Kualitas Website terhadap Keputusan Pembelian pada Situs Bukalapak.Com. E-Proceeding of Management, 4(1), 678–686. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/4661

Hikmawati, F. (2019). Metodologi Penelitian. PT Rajagrafindo Persada.

Imbayani, I. G. A., & Novarini, N. N. A. (2018). Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement Dan Positive Emotion Terhadap Impulse Buying Behavior. Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis, 3(2), 199–210.

Ittaqullah, N., Madjid, R., & Suleman, N. R. (2020). The effects of mobile marketing, discount, and lifestyle on consumers’ impulse buying behavior in online marketplace. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(3), 1569–1577.

Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Quadrant.

Landaoe, E. M., & Sari, P. K. (2018). Quality Analysis of E-Commerce Website on Shopee.Co.Id Website in Indonesia Using Webqual 4.0 Method. E-Prodsiding of Management, 5(3), 2988–2995.

Mahadewi, N. P. T., & Sulistyawati, E. (2019). Peran Positive Emotion Dalam Memediasi Pengaruh Product Knowledge Terhadap Impulse Buying. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(9), 5652–5671. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i09.p15

Maranti, E. (2020, November). Ini Dia Pemenang Penghargaan Indonesia WOW Brand 2020. https://www.marketeers.com/ini-dia-pemenang-penghargaan-indonesia-wow-brand-2020/

Maulana, T., & Susandy, G. (2019). the Influence of Viral Marketing and Price Discounts Through Social Media Instagram To Purchase Decision on Marketplace Shopee. DIMENSIA (Diskursus Ilmu Manajemen STIESA), 16(2), 1–10.

McLeod, R., & Schell, G. P. (2008). Sistem Informasi Manajemen (10th ed.). Salemba Empat.

Mowen, J. C., & Minor, M. (2002). Perilaku Konsumen. Penerbit Erlangga.

Negara, A. A. B. J., & Kusumadewi, N. M. W. (2018). Pengaruh Atmosfer Ritel Dan Promosi Terhadap Impulse Buying Yang Dimediasi Emosi Positif. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(7), 3944–3973. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v07.i07.p18

Nurdian, G. (2020, April). Analisa E-Commerce Indonesia Tahun 2020. https://grahanurdian.com/e-commerce-indonesia-tahun-2020/

Nurlinda, R., Christina, D., Arjuna Utara No, J., Kepa, D., Kb Jeruk, K., Jakarta Barat, K., & Khusus Ibukota Jakarta, D. (2020). Peran Positive Emotion sebagai Mediator Hedonic Shopping dan Shopping Lifestyle terhadap Impulse Buying di Lazada. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 5(1), 231–244. http://jrmb.ejournal-feuniat.net/index.php/JRMB/article/view/380

Peter, J. P., & Olson, J. C. (2014). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Salemba Empat.

Pradiatiningtyas, D. (2019). Analisa Pengaruh Hedonic Shopping Value, Shopping Lifestyle, Dan Positive Emotion Terhadap Impulse Buying Konsumen Dalam Melakukan Pembelian Online Di Marketplace. Journal, Speed Engineering, Sentra Penelitian, 11(2), 1–8.

Rachmawati, V. (2009). Hubungan Antara Hedonic Shopping Value , Positive Emotion, dan Perilaku Impulse Buying pada Konsumen Ritel. Majalah Ekonomi, 2, 192–209.

Salma Mardhiyah, R., & Sulistyawati, L. (2021). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation dan Shopping Lifestyle terhadap Impulse Buying dengan Emosi Positif sebagai Variabel Intervening pada E-Commerce Shopee. In JABEISTIK : Jurnal Analitika Bisnis, Ekonomi, Sosial dan Politik (Vol. 1, Issue 1).

Satria, A., & Trinanda, O. (2019). Pengaruh Promosi dan Website Quality Terhadap Impulse Buying Pada E-Commerce Lazada di Kota Padang. Jurnal Ecogen, 2(3), 463–471. https://doi.org/10.24036/jmpe.v2i3.7418

Satrio, D., Sabana, C., & Feranita, M. (2020). Impulse Buying: the Effect of Shopping Lifestyle, Sales Promotion Attractiveness and Understanding of Quality Website. … Journal Economic and …, 1(2), 99–104. https://ijeba.makarioz.org/index.php/ijeba/article/download/44/31

Sopiyan, P., & Kusumadewi, R. N. (2020). Pengaruh Shopping Lifestyle dan Positive Emotion Terhadap Impulse Buying. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(3), 207–216. https://doi.org/10.32670/coopetition.v11i3.115

Sugianto, Y. (2016). Pengaruh Website Quality, Electronic Word-Of-Mouth, dan Sales Promotion terhadap Impulse Buying pada Zalora. Jurnal Strategi Pemasaran, 3(2), 1–9.

Sujarweni, V. W. (2018). Metodologi Penelitian. PT. Pustaka Baru.

Sutisna. (2002). Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. PT. Remaja Rosadakarya.

Widagdo, B., & Roz, K. (2021). Hedonic Shopping Motivation and Impulse Buying: The Effect of Website Quality on Customer Satisfaction. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(1), 395–405. https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no1.395

Wiranata, A. T., & Hananto, A. (2020). Do Website Quality, Fashion Consciousness, and Sales Promotion Increase Impulse Buying Behavior of E-Commerce Buyers? Indonesian Journal of Business and Entrepreneurship, 6(1), 74–85. https://doi.org/10.17358/ijbe.6.1.74

Yistiani, N. N. M., Yasa, N. N. K., & Suasana, I. G. A. K. G. (2012). Pengaruh Atmosfer Gerai dan Pelayanan Ritel terhadap Nilai Hedonik dan Pembelian Impulsif Pelanggan Matahari Department Store Duta Plaza di Denpasar. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, Dan Kewirausahaan, 6(2), 139–149. https://doi.org/10.24843/MATRIK:JMBK




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jfor.v23i3.9713

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 FORUM EKONOMI