Pengaruh store atmosphere dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada cafe limasan

Agung Apriyadi, Asep Muslihat, Salim Siregar

Abstract


Banyaknya perusahaan baru yang bergerak di berbagai sektor bisnis, membuat perusahaan lebih cermat dalam menentukan bisnis yang akan dikembangkan. Melihat kebutuhan dan gaya hidup masyarakat Indonesia sekarang, fenomena yang terjadi dengan gaya hidup masyarakat Indonesia adalah makan diluar rumah yang mengakibatkan menjamurnya restoran dan cafe. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui, menganalisis dan menjelaskan Store Atmosphere pada Cafe Limasan, Kualitas pelayanan pada Cafe Limasan, dan Keputusan Pembelian pada Cafe Limasan, seberapa besar hubungan antara Store Atmosphere dan kualitas pelayanan pada Cafe Limasan, seberapa besar pengaruh parsial antara Store Atmosphere dan kualitas pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Cafe Limasan dan seberapa besar pengaruh simultan antara Store Atmospher dan kualitas pelayanan terhadap Keputusan pembelian pada Cafe Limasan. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis data menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung café limasan pada tahun 2018 sebanyak  2464 orang dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil sebanyak 345 orang. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik sampling incidental. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis verifikatif.


Keywords


Store Atmosphere, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian

References


Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta.

Alma, Buchori. 2017. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung Alfabeta Hamdan dan Rambut Lupiyadi, 2013. Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat. Hasibuan,Malayu . 2009. Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Andrew E. Sikula. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia, Erlangga, Bandung Rambat Lupyoadi, 2013., Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba, Jakarta Suprayanto & Rosad, 2015. Manajemen Pemasaran. In media : Bogor.

Assuari, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers

Berman, Barry., Joel R. Evans .2010. Retailing Management, 11 th edition,. Boston: Pearson.

Christina Whidya Utami., 2017., Manajemen Ritel (Strategi dan Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia), Salemba Empat, Jakarta.

Dita Murinda Katarika., 2017.,: Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Coffee Shop Di Bandung, Jurnal Ecodemica, Vol. 1, No. 2.

Hasibuan, Malayu. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Immanuel Adimas Gilang Santosa. 2014. Analisis Pengaruh store atmosphere dan kualitas layanan toko terhadap minat beli konsumen (studi kasus pada toko buku toga mas bangkong semarang).

Juliansyah Noor. 2012 Metodelogi Penelitian Skripsi, Tesis dan Disertakan Karya Ilmiah. Cetakan Kedua. Jakarta : Kencana Prenada Media.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane, 2009. Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi 13. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip. & Gary Armstrong. 2014. Principle Of Marketing, 15 thedition. New Jersey: Pearso Prentice Hall Jakarta:Erlangga

Levy, and Weitz, 2012., Retailing Management, 9th Edition., Mc Graw Hill Education, United State.

Maria Kristiana dan Drs. Muhammad Edwar, M.Si. 2017. Pengaruh Store atmosphere dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen cafe heerlijk gelato perpustakaan bank indonesia Surabaya.

Masrul dan Karneli, Okta. 2017, “Pengaruh Store Atmosphere dan Store Location terhadap Kepuasan Konsumen (studi kasus pada Konsumen Produk Texas Chiken Plaza Citra Pekanbaru)â€. Skripsi (S1). Pada FISIP Universitas Riau. Riau: Tidak diterbitkan.

Meyanto, Agung dan Prabawani, Bulan.2016, “Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian (studi kasus di kafe salwa House hirojudin Semarang)â€. Skripsi(S1). pada Departemen Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Diponegoro. Semarang: Tidak diterbitkan.

Rinna Rahmawati, Musriha, Indah Noviandari. 2015. Pengaruh Suasana Toko (Store Atmosphere). Kualitas Pelayanan dan Merek Pribadi (Private Label) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Kue Liaran Surabaya Periode 2013-2015

Siti Nur Hadiyanti. 2015. Pengaruh Store atmosfhere Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Kedai 05 Karawang. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Singaperbangsa: Tidak diterbitkan.

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Tjiptono, Fandy. 2015. Perspektif Manajemen dan Pemasaran Kontemporer. Yogyakarta: PT. ANDI.

Terry, George dan Leslie W. Rue. 2011. Dasar-dasar Manajemen. Cetakan Kesebelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Yukhebeth Yulita Heeryana. 2014. pengaruh kualitas pelayanan dan store atmosphere terhadap pembelian ulang yang dimediasi oleh kepuasan konsumen (studi pada konsumen bengkel andoyo motor yogyakarta).

Untuk sumber Internet :

https://kumparan.com/pahlawan-digital/5-permasalahan-utamayang-dihadapi- para-pelaku-umkm. ( diakses tanggal 18 September 2018, 14:25).




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v23i3.9470

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Agung Apriyadi, Asep Muslihat, Salim Siregar


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi