Pengaruh online customer review dan e-service quality terhadap keputusan pembelian melalui marketplace

Fitra Ramadan, Muchtar Muchtar, Haeruddin Hafid

Abstract


Perkembangan teknologi dewasa ini, memudahkan kita dalam penggunaannya di kehidupan sehari-hari, contohnya dalam kegiatan berbelanja. Marketplace menjadi salah satu wadah yang membantu dalam melakukan belanja online¸ namun tidak dapat dipungkiri ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan dalam belanja online seperti ketidakmampuan dalam menilai produk atau barang secara langsung, sehingga dibutuhkan informasi lebih mengenai produk tersebut dan tidak luput memperhatikan pelayanan elektonik yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh online customer review dan e-service quality terhadap keputusan pembelian melalui marketplace dan apakah pengaruh online customer review dan e-service quality secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian melalui marketplace. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data primer berupa kuesioner yang dibagikan langsung melalui google form pada objek penelitian yaitu mahasiswa STIE Muhammadiyah mamuju dan data sekunder berupa informasi-informasi yang membantu penelitian ini. Penelitian ini dalam pengujian parsial membuktikan bahwa online customer review maupun e-service quality memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian melalui marketplace studi kasus mahasiswa STIE Muhammadiyah Mamuju, pada pengujian secara simultan yang menunjukkan online customer review dan e-service quality juga berpengaruh secara bersama-sama dalam keputusan pembelian melalui marketplace studi kasus mahasiswa STIE Muhammadiyah Mamuju.


Keywords


online customer review; e-service quality; keputusan pembelian; marketplace

References


Bambauer-Sachse, S. & Mangold, S. 2011. “Brand Equity Dilution Through Negative Online Word-of-Mouth Communication”. Journal of Retailing and Consumer Services, Vol. 18, pp. 38-45.

Díaz, M. R., & Rodríguez, T. F. E. 2017. Determining the reliability and validity of online reputation databases for lodging: Booking. com, TripAdvisor, and HolidayCheck. Journal of Vacation Marketing, XX(X),1-14.

Filieri, R. 2014. What Makes Online Reviews Helpful? A Diagnosticity-Adoption Framework to Explain Informational and Normative Influences in e-WOM. Journal of Business Research, 68(6), 1261-1270

Hasibuan, Abdurrozzaq., Jamaludin., Yuliana, Yayuk., Sudirman, Acai., Wirapraja, Alexander., Kusuma, A. H. P., Hwee, T. S., Napitupulu, Darmawan., Afriany, Joli., Simarmata, Janner. 2020. E-Business: Implementasi, Strategi dan Inovasinya. Yayasan Kita Menulis.

Kondoj, M. A., Sundah, D. I., Sawidin, S., & Putung, Y. R. (2018, October). Model Manajemen Sistem e-Commerce Pada UKM. In Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar (Vol. 9, pp. 268-270).

Lecinski, J. 2011. Winning the Zero Moment of Truth (ZMOT). New York: Vook Inc.

Muchtar dan Habullah. 2020. Internet Marketing Strategi dan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen. Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari.

Mo, Z., Li, Y. F., & Fan, P. 2015. Effect of Online Reviews on Consumer Purchase Behavior. Journal of Service Science and Management, 8(03), 419-424.

O’Reilly, K., & Marx, S. 2011. How young, technical consumers assess online WOM credibility. Qualitative Market Research: An International Journal, 14(4), 330-359.

Pradana, Mahir. 2015. Klasifikasi jenis-jenis bisnis e-commerce di Indonesia. MODUS. Vol. 27 (2), 163-174.

Schiffman, Leon G. & Kanuk, Leislie Lazar. 2000. Consumer Behavior. 7th Edition. Jakarta: PT. Indeks.

Setiadi, Nugroho J. 2008. Perilaku Konsumen. Edisi Revisi. Cetakan Pertama. Jakarta: Penerbit Kencana.

Suryani, Tatik. 2013. Perilaku Konsumen di Era Internet: Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Turban, E., King, D., Lee, J, K., Liang, T. P., & Turban, D. C. 2015. Electronic commerce: A managerial and social networks perspective (8th edition). Cham, Switzerland: Springer International Publishing.

Tjiptono, Fandy. 2014, Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Umar, Husein. 2011. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Rajawali Pers.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jfor.v23i3.9446

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 FORUM EKONOMI