Kepuasan pelanggan ditinjau dari kenyamanan,keamanan dan ketepatan waktu pada stasiun purwosari surakarta

Authors

  • Lailan Khairunnisa Universitas Islam Batik Surakarta
  • Bambang Mursito Universitas Islam Batik, Surakarta.
  • Sarsono Sarsono Universitas Islam Batik, Surakarta.

DOI:

https://doi.org/10.30872/jfor.v23i2.9179

Keywords:

Kenyamanan, keamanan, ketepatan waktu, kepuasan pelanggan

Abstract

Penelitianiiniibertujuaniuntuk menganalisisipengaruh kepuasan pelanggan ditinjau dari kenyamanan, keamanan dan ketepatan waktu pada stasiun Purwosari Surakarta. Penelitian ini mempunyaiipopulasi seluruh pelanggan kereta api pada stasiun purwosari Surakarta. Dalam penelitian ini mengambil sampeli100iresponden.iTeknikipengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Penelitianiiniimenggunakanialatianalisisiujiivaliditas,i ujipreliabilitas,;ujipasumsiiklasik,ianalisispdeskriptif, analisispregresiklineariberganda,dan ujilt. Hasil penelitian ini diketahui bahwa uji hipotesis dengan menyebarkan kuesioner, hasil kuesioner dapat disimpulkan bahwapvalidpdanpreliabel.kUji asumsi klasik menunjukkanpbahwapdalam model penelitian tersebut tidak terjadi multikolonearitas dan heterokedastisitas. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai t variabel kenyamanan dan ketepatanwaktuiberpengaruhipositifidanisignifikaniterhadapikepuasanipelangganisedangkan variabeliKeamananltidaklberpengaruhlpositifkdanlsignifikanlterhadaplkepuasankpelanggan.

Author Biography

Lailan Khairunnisa, Universitas Islam Batik Surakarta

Manajemen

References

Ruswinda, E., Arifin, & Priyono. (2019). Pengaruh Faktor Harga, keamanan, kenyamanan dan ketepatan waktu terhadap pembelian tiket kereta api ekonomi AC perantara jurusan Surabayar-Malang-Blitar (Studi kasus pada penumpang kereta api ekonomi penataran di kota baru malang). E-Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Unisma.

Sari, P., Heriyanto, & Septayuda, I. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Penyediaan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan. Eksis.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta.

Toni, M., & Purwanto. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT Bank BNI 46 Kantor Cabang Pembantu di Universitas Tarumanegara Jakarta. Conference on Management and Behavioral Stuidied Universitas Tarumanegara Jakarta.

Widodo, A. S., Fathoni, A., & Haryono, T. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Tarif dan Ketepatan Waktu Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi empiris pada KA Blora jaya ekspres di DAOP 2 Semarang). Journal of Management.

Published

2021-04-08

Issue

Section

Articles