Kepuasan pelanggan ditinjau dari kenyamanan,keamanan dan ketepatan waktu pada stasiun purwosari surakarta

Lailan Khairunnisa, Bambang Mursito, Sarsono Sarsono

Abstract


Penelitianiiniibertujuaniuntuk menganalisisipengaruh kepuasan pelanggan ditinjau dari kenyamanan, keamanan dan ketepatan waktu pada stasiun Purwosari Surakarta. Penelitian ini mempunyaiipopulasi seluruh pelanggan kereta api pada stasiun purwosari Surakarta. Dalam penelitian ini mengambil sampeli100iresponden.iTeknikipengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Penelitianiiniimenggunakanialatianalisisiujiivaliditas,i ujipreliabilitas,;ujipasumsiiklasik,ianalisispdeskriptif, analisispregresiklineariberganda,dan ujilt. Hasil penelitian ini diketahui bahwa uji hipotesis dengan menyebarkan kuesioner, hasil kuesioner dapat disimpulkan bahwapvalidpdanpreliabel.kUji asumsi klasik menunjukkanpbahwapdalam model penelitian tersebut tidak terjadi multikolonearitas dan heterokedastisitas. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai t variabel kenyamanan dan ketepatanwaktuiberpengaruhipositifidanisignifikaniterhadapikepuasanipelangganisedangkan variabeliKeamananltidaklberpengaruhlpositifkdanlsignifikanlterhadaplkepuasankpelanggan.


Keywords


Kenyamanan; keamanan; ketepatan waktu; kepuasan pelanggan

References


Ruswinda, E., Arifin, & Priyono. (2019). Pengaruh Faktor Harga, keamanan, kenyamanan dan ketepatan waktu terhadap pembelian tiket kereta api ekonomi AC perantara jurusan Surabayar-Malang-Blitar (Studi kasus pada penumpang kereta api ekonomi penataran di kota baru malang). E-Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Unisma.

Sari, P., Heriyanto, & Septayuda, I. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Penyediaan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan. Eksis.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta.

Toni, M., & Purwanto. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT Bank BNI 46 Kantor Cabang Pembantu di Universitas Tarumanegara Jakarta. Conference on Management and Behavioral Stuidied Universitas Tarumanegara Jakarta.

Widodo, A. S., Fathoni, A., & Haryono, T. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Tarif dan Ketepatan Waktu Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi empiris pada KA Blora jaya ekspres di DAOP 2 Semarang). Journal of Management.




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v23i2.9179

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Lailan Khairunnisa, Bambang Mursito, Sarsono Sarsono


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi