Pengaruh atribut produk “internet of things” terhadap niat pembelian: pengalaman fungsional dan emosional sebagai variabel mediasi

Chandra Kuswoyo, Cen Lu Lu, Felicia Abednego

Abstract


Atribut-atribut yang melekat pada suatu produk khususnya produk “Internet of Things” (IoT) memiliki pengaruh pada pengalaman fungsional maupun emosional penggunanya sehingga pada akhirnya memengaruhi minal beli terhadap produk yang bersangkutan. Saat ini hampir semua pemilik kendaraan bermotor khususnya kendaraan roda empat menggunakan aplikasi GPS Navigasi. Pengalaman fungsional  merupakan penilaian pelanggan yang rasional yang meliputi manfaat secara fungsional yang mereka dapatkan dari penggunaan suatu produk. Pengalaman emosional terhadap suatu produk bisa berbentuk kepercayaan, harga diri, kedekatan dan menanamkan nilai yang tidak hanya berbentuk nilai fungsional semata. Dalam penelitian ini variabel independen yang diteliti ada 6 yaitu: konektivitas, interaktivitas, rasa kehadiran, kecerdasan, kenyamanan, keamanan, sedangkan variabel mediasi yang digunakan adalah pengalaman fungsional dan pengalaman emosional, dan variabel dependen yang digunakan adalah minat beli. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian causal explanatory.  Dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling dan analisis yang dilakukan dengan model persamaan struktural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut konektivitas, interaktivitas, dan kecerdasan tidak berpengaruh terhadap pengalaman fungsional konsumen, serta atribut rasa kehadiran, interaktivitas, dan kenyamanan tidak berpengaruh terhadap pengalaman emosional, sedangkan pengalaman emosional sebagai variabel mediasi berpengaruh positif pada minat beli. Hanya atribut keamanan yang berpengaruh positif terhadap pengalaman fungsional dan emosional konsumen pada aplikasi GPS Navigasi.


Keywords


Internet of things; pengalaman fungsional; pengalaman emosional; minat beli

References


Chalfen,R. (2014), “Your panopticon or mine?’ Incorporating wearvle technology’s glass and GoPro into viaual social science”, Visul Studies (Vol. 29 No.3, pp. 299-310).

Fernandez-Manzano, E., Neira, E. and Clares-Gavilan, J. (2016) “Data management in audiovisual business: Netflix as a case study”, El Profesional De La Informacion (Vol. 25 No. 4, pp. 568-576).

Fisher, K.A and Raquet, J.F. (2011), “Precision position, navigation, and timing without the global positioning system”, Air & Space Power Journal (Vol. 25 No. 2, pp. 24-33).

Ghozali, Imam. 2014. Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS). Edisi 4. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hair, J., F. et al. (2006). Multivariate Data Analysis, Sixth Edition. Pearson Education, Inc. New Jersey. United State of America.

Hancock, B. and Hancock, L.N. (2016), “Somebody’s watching: the ever-growing internet of things”, Phi Kappa Phi Journal ,National Forum (Vol. 96 No. 3, pp. 12-15).

Indrawati. (2015). Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis. Bandung: Refika Aditama.

Jae-Yoon., K., Se-Hoon, Y., Yong-Hwan, S. and Sang-Kook, H. (2016),“High-resolution indoor positioning using light emitting diode visible light and camera image sensor”, IET Optoelectronics (Vol. 10 No. 5, pp. 184-192).

Jogiyanto, (2010). Metodelogi Penelitian Bisnis: Salah Kaprah dan Pengalaman- Pengalaman. Edisi Pertama. Cetakan Ketiga. BPFE, Yogyakarta.

Kaewkannate, K. and Kim, S. (2016), “A comparison of wearable fitness devices”, BMC Public Health (Vol. 16 No. 1, pp. 1-16).

Kotler dan Amstrong. 2015. Principles of Marketing. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Mautz, R. (2009), “Overview of current indoor positioning systems”, Geodezija Ir Kartografija (Vol. 35 No.1, pp. 18-22).

Peppet, S.R. (2014), “Regulating the internet of things: first steps toward managing discrimination, privacy, security, and consent”, Texas Law Review (Vol. 93 No. 1, pp. 85-178).

Pinochet, L.H.C., Lops, E.L., Srulzon, C.H.F. and Onusic, L.M. (2018), “The influence of the attributes of “Internet of Things” products on functional and emotional experiences of purchase intention”, Innovation & Management Review (Vol. 15 No. 3, pp.303-320)

Sanchez-Alc on, J., Lopez, L., Martínez, J.F. and Rubio-Cifuentes, G. (2015), “Trust and privacy solutions based on holistic service requirements”, Sensors (Vol. 16 No. 1, pp. 31-38).

Schmidt, Bernd H, (2004), Experiental Marketing: How to get consumer to Sense, Fell, Think, Act and Relate to Your Company and Brand.

Sekaran, U. (2003). Research Methods for Business : A Skill Building Approach 2nd Edition, John Wiley and Son. New York.

Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Cetakan ketigabelas. CV. Alfabeta, Bandung.

Suliyanto, (2009). Metode Riset Bisnis. CV Andi Offset. Yogyakarta.

Wu, W. (2011), “Developing an explorative model for SaaS adoption”, Expert Systems with Applications (Vol. 38 No. 12, pp. 15057-15064).

Wibisaputra, A., (2011), Analisa faktor-faktor yang memengaruhi minat beli ulang gas elpiji 3 kg di PT Candi Agung Pratama Semarang, Universitas Diponegoro, Semarang.

Yaping, C., Xuebing, D. and Wei, S. (2014), “Influence of characteristics of the internet of things on consumer purchase intention”, Social Behavior and Personality: An International Journal (Vol. 42 No. 2. pp. 321-330)

https://www.otoflik.com/gps-mobil-terbaik/ diakses pada Mei 2020

https://www.kabargames.id/aplikasi-gps-dan-navigasi-terbaik-android-ios/ diakses pada Mei 2020




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jfor.v23i3.8451

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 FORUM EKONOMI