Dampak pandemi covid-19 terhadap keberlangsungan perusahaan jasa konstruksi

Andi Triyawan, Zuhdiana El Ummah Fendayanti

Abstract


Bencana Pandemic Covid 19, telah melumpuhkan banyak industri perdagangan di dunia. Tidak hanya itu, bahkan industri konstruksi yang sebelumnya digalakkan oleh Pemerintah juga mengalami dampak yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Dampak Pandemi Covid 19 terhadap keberlangsungan perusahaan Konstruksi bangunan yang ada di daerah Mojokerto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif. Data Primer diambil dari wawancara dengan ketua Gapensi kabupaten Mojokerto, sedangkan data sekunder berasal dari buku, jurnal atau sumber literatur lainnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan konstruksi di Kabupaten Mojokerto sempat terhenti kurang lebih sebulan, dikarena pandemic dan banyak dari pekerjaan konstruksi yang terbengkalai. Selain itu hampir seluruh pekerjaan atau proyek dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja daerah (APBD) terpangkas habis dan dialihkan untuk penanggulangan Covid-19. Maka diharapkan kepada pemerintah untuk lebih bijak dan membuat payung hukum yang jelas untuk memberikan perpanjangan waktu penyelesaian pekerjaan hingga melampaui tahun anggaran.


Keywords


Pandemi covid 19; kontruksi; pemerintah

References


Al-Fariz, Pengertian dan Jenis Usaha Jasa Konstruksi, http://www.pengadaan.web.id/, (diakses pada tanggal 22 Agustus 2020 pukul: 19.30 WIB.

Badan Pusat Statistik, Berita Resmi Satatistik, Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Triwulan II-2020, No. 64/08/Th. XXIII, 5 Agustus 2020.

Chrysnamurti, Eusebio, Proyek Insfrastruktur Disetop Sementara, ini Dampak bagi Kontraktor, https://ekonomika.bisnis.com/, (diakses pada tanggal 20 Agustus 2020, pukul: 22.40 WIB).

Juaningsih, Imas Novita, Analisis Kebijkan PHK Bagi Para Pekerja Pada Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia, “Jurnal ADALAH: Buletin Hukum dan Keadilanâ€, Vol. 4, No. 1, 2020.

Kementriana PPN/Bappenas, Perkembangan Ekonomi Indonesia dan Dunia (Ancaman Resesi Dunia Akibat Pandemi), Laporan Triwula I Tahun 2020, Vol. 4, No. 1, Mei 2020.

Kurniawansyah, Heri, dkk., Konsep Kebijakan Strategis Dalam Menangani Eksternalitas Ekonomi Dari Covid - 19 Pada Masyarakat Rentan Di Indonesia, “Indonesian Journal of Social Sciences and Humanitiesâ€, Vol. 1, No. 2, 2020.

Mahriva, Mokhammad Naigram, Corporate Communication Pt. Xl Axiata Tbk. Merespon Masa Krisis Pandemi Virus Covid-19, “Jurnal Wacanaâ€, Vol. 19, No. 1, Juni 2020.

Nur Affandi, Jasa Konstruksi Hadapi Masa Sulit Hadapi Pandemi Covid-19, https://klikjatim.com/, (diakses pada tanggal 20 Agustus 2020, pukul: 22.00 WIB).

Presiden Republik Indonesia, Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 2020 tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), Sekretariat Negara, Jakarta.

Ramdani, Edon, Formulasi Strategi Korporasi dalam Ketidakpastian Masa Depan Pasca Covi-19, “Jurnal Akuntansi Barelangâ€, Vol. 4, No. 2, 2020.

Supriyatna, Iwan, Industri Jasa Konstruksi Tak Luput dari Hantaman Corona, https://suara.com/, (diakses pada tanggal 20 Agustus 2020, pukul: 22.41 WIB).

Wawancara dengan Syu’aib Effendi, S. T. (Anggota Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia-GAPENSI Kab. Mojokerto), pada tanggal 10 Agustus 2020.




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v23i2.8082

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Andi Triyawan, Zuhdiana El Ummah Fendayanti


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi