Analisis faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen menggunakan jasa transportasi suroboyo bus

Fuad Nazar Hakim, Saino Saino

Abstract


Kota Surabaya sebagai kota besar dan pusat Jawa Timur, sehingga menjadikan mobilitas masyarakat semakin tinggi, maka perlu dukungan dengan penyediaan sarana dan layanan transportasi yang memadai. Salah satunya di Kota Surabaya memiliki layanan transportasi umum yang terkenal yaitu Suroboyo Bus, yang merupakan program dari pemerintah kota dan diresmikan pada tahun 2018. Suroboyo Bus mulai direspon oleh masyarakat karena keunikan dari desian bus, sistem pembayaran dan layanannya yang berbeda dengan transportasi lain yang sejenis. Tujuan dalam penelitian adalah mengetahui apa saja faktor yang berpengaruh pada konsumen saat mengambil keputusan menggunakan layanan transportasi umum Suroboyo Bus. Kemudian metode pengumpulan data diambil dengan cara observasi, angket, dan wawancara. Untuk pengumpulan data dengan angket menyertakan 80 responden pengguna transportasi umum Suroboyo Bus. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah analisis faktor konfirmatori. Hasil tahapan analisis menyatakan terdapat dua faktor baru dan dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan yaitu faktor keamanan dengan nilai varian faktor sebesar 39,920 %, dan faktor kebutuhan dengan nilai varians faktor mencapai 32,300 %.


Keywords


Analisis faktor; keputusan konsumen; suroboyo bus; transportasi umum

References


Ali, M. T. R., & Khuzaini. (2017). "Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Lokasi, dan Fasilitas Terhadap Keputusan Pembelian Rumah". Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(9), 1–20.

Ali, S. S., & Bharadwaj, R. K. (2010). "Factor analysis approach of decision making in Indian e-banking: A value adding consumer’s perspective". International Journal of Business Innovation and Research, 4(4), 298–320.

Amalia, S., & Kristianingsih, T. (2018). “Pengaruh Motivasi dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian GRABCAR pada Aplikasi GRAB (Studi pada Hijabers Community Malang)â€. J A B Jurnal Aplikasi Bisnis, 4(1), 81–84.

Assael, H. (2001). Consumer Behavior (Edition 6th). New York: Thomson Learning.

Cahyanti, N., & Saino. (2014). "Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Penggunaan Jasa Kereta Api Penataran Ekspres Jurusan Malang-Surabaya". Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 2(3).

Dewi, S. K., Siburian, P. S., & Indriastuti, H. (2017). "Pengaruh Motivasi Konsumen , Persepsi dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Mobil". Jurnal Manajemen, 9(2), 105–110.

Fahmi, A. M. (2017). "Pengaruh Pengetahuan Produk, Pemakaian dan Pembelian Terhadap Proses Pengambilan Keputusan Konsumen Menjadi Nasabah Bank BNI Syariah". Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Fatma, A. I., & Saino. (2014). "Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Untuk Menggunakan Jasa Kereta Api Komuter Tujuan Lamongan-Surabaya". Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 2(1).

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Firmansyah, D., Irda, & Lindawati. (2017). "Pengaruh Faktor Budaya, Gaya Hidup, Pribadi dan Keputusan Pembelian Sepeda Motor Scoopy di Kota Padang". Journal of Chemical Information and Modeling, 11(2). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisi Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hafidz, I. (2018). "Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Memilih Grab Bike di Kota Malang". Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Jariah, A. (2012). "Analisis Faktor-Faktor Pribadi yang Mempenaruhi Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha di Lumajang". WIGA, 2(2), 1–18.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Edisi 13). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (Edisi 15). Edinburgh Gate: Pearson Education Limited.

Lupiyoadi, R. (2012). Manajemen Pemasaran Jasa; Berbasis Kompetensi (Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat.

Malhotra, N. K. (2010). Riset Pemasaran Pendekatan Terapan (Edisi 4). Jakarta: PT. Indeks.

Marchall, M., Mananeke, L., & Roring, F. (2015). "Pengaruh Brand Equity, Store Atmosphere dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Fashion Pada 3 Second Manando Twon Square". Jurnal EMBA, 3(1), 1002–1012.

Miauw, K. Y. H. (2016). "Motivasi Konsumen dan Sikap Konsumen tehadap Keputusan Pembelian di WILD". PERFORMA Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(5).

Naashir, M., Istiatin, & Hartono, S. (2016). “Pengaruh Motivasi, Persepsi dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Pada Dealer Honda Astra Motor Palurâ€. Jurnal Studi Manajemen & Organisasi, 13(2), 80–87.

Nanda, I., & Budiadi, S. (2015). "Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Memilih Jasa Transportasi Taksi Roda Dua: Studi Pada PT. Sahabat Solusi Intermoda-Cak Transport, Surabaya". Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 3(2).

Nurmadina. (2016). "Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Secara Online". Skripsi. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin.

Oktakarina, R. (2015). "Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Memilih Angkutan Jasa: Studi Kasus Bus Transjakarta Koridor II". Skripsi. Jakarta: Fakultas Ilmu Tariyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah.

Paendong, M., & Tielung, M. V. J. (2016). "Pengaruh Kebutuhan Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Ponsel Smartfren Di Galeri Smartfren Cabang Manado". Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(4), 387–395.

Pribudi, S., & Harjanti, D. (2018). "Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian di Shoesholic Shop Tunjungan Plaza Surabaya". AGORA, 6(1), 1–8.

Prayugo, R., & Edwar, M. (2016). "Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Pada Sentra Pedagang Kaki Lima: Studi Pada Sentra PKL Babat Jerawat, Pakal-Surabaya". Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 4(3).

Ramadhan, M. A. F. (2018). "Pengaruh Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ekolabel (Studi Pada Produk PT Ultrajaya)". Jurnal Administrasi Bisnis, 57(1), 38–45.

Rumengan, A. N., Tawas, H. N., & Wenas, R. S. (2015). "Analisis Citra Merek, Kualitas Produk, dan Strategi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Ayla Cabang Manado". Jurnal EMBA, 3(2), 684–694.

Ruswinda, E., Arifin, R., & Priyono, A. A. (2019). "Pengaruh Faktor Harga, Keamanan, Kenyamanan dan Ketepatan Waktu Terhadap Pembelian Tiket Kereta Api Ekonomi AC Penataran Jurusan Surabaya-Malang-Blitar". Jurnal Riset Manajemen, 8(7), 37–46.

Sanjaya, T. W. (2016). “Faktor Gaya Hidup dan Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Bsng Kriboâ€. PERFORMA Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(3).

Sari, D. K. (2016). "Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Penggunaan Jasa Transportasi GO-JEK (Studi Kasus Masyarakat yang Tinggal di Kota Bogor)". Skripsi. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2008). Perilaku Konsumen (Edisi ke-7). Jakarta: PT Indeks.

Septian, B. (2013). "Analisis Faktor-faktor Yang Memengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Tiket Kereta Api Logawa Ekonomi AC Pada Stasiun Jember". Skripsi. Jember: Universitas Jember

Setiadi, N. J. (2010). Perilaku Konsumen (Cetakan ke-4). Jakarta: Kencana.

Setiadi, N. J. (2013). Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Kharisma Putra.

Siswarini, C. N., & Masreviastuti. (2018). “Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian di Lee’s Boutique Malangâ€. J A B Jurnal Aplikasi Bisnis, 2(2017), 353–356.

Sunyoto, D. (2013). Perilaku Konsumen: Panduan Riset Sederhana untuk Mengenali Konsumen. .Yogyakarta: CAPS.

Sunyoto, D. (2014). Praktik Riset : Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Center of Academic Publising Service.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (Edisi ke-4.). Jakarta: Penerbit Andy.

Wardoyo, & Andini, I. (2017). "Faktor-faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Mahasiswa Universitas Gunadarma". Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 19(1), 12–26.




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v23i2.7974

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Fuad Nazar Hakim, Saino Saino


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi