Pengaruh pendapatan asli daerah dan dana bagi hasil pajak serta dana bagi hasil non pajak terhadap belanja daerah dan pertumbuhan ekonomi kalimantan timur

Yuliana Yuliana, Adi Wijaya, Muliadi Muliadi

Abstract


Kegiatan pembangunan nasional tidak lepas dari peran serta pemerintah daerah dalam memanfaatkan sumber daya yang tersedia di daerah masing-masing sebagai upaya memperbesar kemampuan daerah. Adapun tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung dari Pendapatan Asli Daerah, Dana Bagi Hasil Pajak, dan Dana Bagi Hasil Non Pajak terhadap Belanja Daerah dan Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Kalimantan Timur. Penelitian dirancang menggunakan data sekunder dari tahun 2009-2018 dengan teknik Analisis Jalur. Temuan empiris menyatakan bahwa Pendapatan Asli Daerah dan Dana Bagi Hasil Pajak berpengaruh positif dan signifikan, sementara Dana Bagi Hasil Non Pajak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Belanja Daerah. Pendapatan Asli Daerah berpengaruh positif dan signifikan, sedangkan Dana Bagi Hasil Pajak berpengaruh negatif dan tidak signifikan, serta Dana Bagi Hasil Non Pajak dan Belanja Daerah berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi. Pendapatan Asli Daerah, Dana Bagi Hasil Pajak, dan Dana Bagi Hasil Non Pajak sama-sama berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi melalui Belanja Daerah.


Keywords


Pendapatan asli daerah; dana bagi hasil pajak; dana bagi hasil non pajak; belanja daerah; pertumbuhan ekonomi

References


Adi, P.H. 2006. Hubungan Antara Pertumbuhan Ekonomi Daerah, Belanja Pembangunan dan Pendapatan Asli Daerah (Studi Pada Kabupaten dan Kota se Jawa-Bali). Simposium Nasional Padang.

Ahmad, Yani. 2002. Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Daerah di Indonesia. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Anonim, 2009, Pajak Daerah, Undang – Undang Nomor 28

Anonim, 2014, Penganggaran Belanja Langsung Dalam Rangka Melaksanakan Program dan Kegiatan Pemerintah Daerah, Undang – Undang Nomor 23

Arsyad, Lincold. 2001. Ekonomi Pembangunan. Edisi Keempat. STIE. YKPN. Yogyakarta.

Arsyad, Lincoln. 2004. Ekonomi Pembangunan. STIE YKPN, Yogyakarta.

BPS Kaltim, 2016. Kalimantan Timur Dalam Angka 2016, BPS Provinsi Kalimantan Timur, Samarinda.

BPS Kaltim, 2016, Statistik Keuangan Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2013 – 2015, BPS Provinsi KalimantanTimur, Samarinda

Bratqa, Aloysius G., 2004, Komposisi Penerimaan Sektor Publik dan Pertumbuhan Ekonomi Regional, Lembaga Penelitian Universitas Atmajaya Yogyakarta. Yogyakarta.

Carol J Pierce & Capistrano, Colfer, Doris. 2005. Politik Desentralisasi, Kekuasaan dan Pengalaman di Berbagai Negara. Jakarta.

Deddi, Noordiawan. 2007. Akuntansi Pemerintahan. Salemba Empat, Jakarta.

Djarwanto dan Subagyo, Pangestu, (2000), Statistik Induktif, Edisi 4, BPFE, Yogyakarta.

Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen. Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali, Imam, 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Edisi Keempat, Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Gujarati, N. Damodar. 2006. Essential of Econometrics. New York, USA : McGraw-Hill.

Gujarati, Damodar. 2010, Ekonometrika Dasar, Alih Bahasa Sumarno Zain. Erlangga : Jakarta.

Halim, Abdul, 2008, Akuntansi Keuangan Daerah, Edisi 3, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Indah, Syahputra. 2010. Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Bagi Hasil, Dana Alokasi Umum Terhadap Belanja Daerah Kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Utara. Universitas Sumatera Utara. Medan.

Jamzani, Sodik. 2007, Pengeluaran Pemerinah dan Pertumbuhan Ekonomi Regional. Fakultas Ekonomi – UPN. Yogyakarta.

Jhingan, 2000. Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan. Rajawali Press.Jakarta.

Kaho, Y.R., 2001, Prospek Otonomi Daerah di Negara Kesatuan Republik Indonesa, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Kuncoro, Mudrajad. 2006. Ekonomika Pembangunan : Teori, Masalah, dan Kebijakan. STIM YKPN, Yogyakarta.

Kuncoro, Mudrajad. 2010. Ekonomika Pembangunan : Teori, Masalah, dan Kebijakan. STIM YKPN, Yogyakarta.

Mahyuni, 2013, Pengaruh Pengeluaran Pemerintah, Investasi Swasta dan Ekspor terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Sulawesi Selatan, FEB – Universitas Hasanuddin, Makassar.

Mardiasmo, 2002, Otonomi dan Manajemen Keuangan Daerah, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Miyasto, 2009, “Pajak Daerah dan Retribusi Daerahâ€, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Mochammad Rizky Azzumar, 2011, Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Perimbangan, Investasi Swasta, Tenaga Kerja Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Era Desentralisasi Fiskal, Fakultas Ekonomi-Universitas Diponegoro, Semarang.

Mulyana, Subhkan, 2006, “Otonomi Penyelenggara Pemerintah Daerahâ€, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Nur Indah, Rammawati. 2010. Pengaruh Pendapatan Asli Daerah dan Dana Alokasi Umum Terhadap Alokasi Belanja Daerah, Fakultas Ekonomi-Universitas Diponegoro. Semarang.

Ni Wayan, Nuryanti Dewi. 2015. Pengaruh Pendapatan Asli Daerah dan Dana Bagi Hasil Terhadap Pertumbuhan Ekonomi, Fakutas Ekonomi dan Bisnis-Universitas Udayana. Bali.




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v23i2.7813

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Yuliana Yuliana, Adi Wijaya, Muliadi Muliadi


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi