Analisis persepsi konsumen tentang usulan strategi bauran ritel food truck di kota bandung

Ignatius Bryan Abimanyu Wicaksono, Paulus Sukapto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis persepsi dan usulan bauran ritel untuk food truck di Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan wawancara kepada pemilik food truck, survei menggunakan kuesioner kepada para konsumen dan observasi. Sampel dalam penelitian ini adalah 120 responden yang merupakan konsumen yang mengunjungi dan membeli produk truk makanan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan menggunakan metode kualitatif dan metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa target pasar food truck mulai berasal dari umur 15 hingga 25 tahun, mengetahui sumber informasi tentang food truck melalui media sosial, dan faktor penting dalam membeli food truck adalah produk yang dijual dalam food truck tersebut. Selain itu, adapun responden tidak setuju dengan lokasi food truck yang mudah terlihat. Strategi-strategi yang harus dilakukan food truck adalah mempromosikan melalui media sosial seperti Instagram, Twitter, dan Facebook. Selain itu, food truck juga harus melakukan promosi seperti pemberian diskon serta menyediakan menu khusus dan stand yang menarik agar memiliki daya tarik dibenak konsumen dan dampaknya food truck tersebut menjadi dikenal dan ramai.


Keywords


Strategi pemasaran; bauran ritel; food truck

References


Aaker, D. A., Kumar, V., & Day, G. S. (2001). Marketing Research 7th Edition. New York: John Wiley & Sons Inc.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Berman, Barry, dan Joel R. Evans. 2010. Retail Management, a Strategic Approach 11th Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Brian A. Farkas. (2013). Elements of an Effective Process for Developing Food Truck Policies for North Carolina Local Governments. Chapel Hill: University of North Carolina

Elena V., et al. (2016). Marketing Mix for E-Commerce. International Journal of Environmental & Science Education. (Volume 11, Nomor 14). Hlm. 6744- 6759.

Elizabeth Kregor. (2015). Food Trucks, Incremental Innovation, and Regulatory Ruts. Journal Articles Faculty Scholarship. (Volume 82, Nomor 1). Hlm. 1-15.

Isensee, L. (2009). Recession drives U.S. restaurateurs, diners to trucks, Reuters: Los Angeles, California

Levy, Michael., Weitz, Barton A., dan Dhruv Grewal. (2014). Retailing Management - 9th edition. New York: McGraw-Hill Inc.

Lovelock C., Wirtz J., & Mussury J. (2011). Pemasaran Jasa : Manusia, Teknologi, Strategi - Perspektif Indonesia Jilid 1 Edisi Ketujuh. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Solomon, M., Hughes, A., Chitty, B., Marshall, G., & Stuart, E. (2013). Marketing : Real People, Real Choice 7th Edition. Australia: Pearson Higher Education.

Simamora, Bilson. (2008). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Sugiyono (2013). Metode Penelitian Manajemen, Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy (2008). Strategi Pemasaran (Edisi Ketiga). Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Sumber dari website.

DetikFood. Sabtu, 05 Juni 2014. Food Truck di Amerika Serikat Awalnya untuk penggembala Sapi. (Online). http://food.detik.com/read/2014/06/05/192148/2601269/297/food-truck-di-amerika-serikat-awalnya-untuk-penggembala-sapi . Diakses pada 27 Juli 2018 pukul 19.40 WIB.

Kompas.com. Sabtu, 04 Oktober 2014. Food Truck, Mengolah Gaya Santap Baru Kaum Urban. (Online). http://travel.kompas.com/read/2014/10/04/133600227/Food.Truck.Mengolah.Gaya.Santap.Baru.Kaum.Urban diakses pada 27 Juli 2018 pukul 20.25 WIB

Maxmanroe.com. Sabtu, 27 Februari 2016. Kiat Sukses Jalankan Bisnis Kuliner Berkonsep Food Truck. (Online). https://www.maxmanroe.com/kiat-sukses-jalankan-bisnis-kuliner-berkonsep-food-truck.html . Diakses pada 31 Juli 2018 pukul 20.28 WIB




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v21i1.5236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Ignatius Bryan Abimanyu Wicaksono, Paulus Sukapto


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi