Akuntabilitas pengelolaan keuangan desa: studi kasus di kabupaten banyuwangi

Galih Wicaksono, Tree Setiawan Pamungkas, Anwar Anwar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi akuntabilitas pengelolaan keuangan desa di Kabupaten Banyuwangi, serta mengidentifikasi kendala dalam penerapan akuntabilitas pengelolaan keuangan desa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Tahapan penelitian dilakukan dengan cara melakukan observasi langsung, pendataan, serta wawancara terstruktur dan mendalam. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan desa dilihat dari aspek perencanaan, penganggaran, penggunaan, pengawasan, pelaporan, dan pertanggungjawaban telah berjalan dengan baik. Namun demikian masih terdapat beberapa kendala seperti kendala dalam keterbukaan APB Desa, kualitas SDM, banyaknya persyaratan administasi LPJ, perbedaan pemahaman, kesulitan dalam membuat RAB, serta kendala dalam perpajakan. Beberapa kendala tersebut mengakibatkan masih belum optimalnya penerapan akuntabilitas pengelolaan keuangan desa di Kabupaten Banyuwangi.


Keywords


Akuntabilitas; pengelolaan keuangan desa; kendala

References


Agustino, L. (2007). Perihal Politik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Astuti, E. S., dan Haryanto, J. T. (2006). Kemandirian Daerah: Sebuah Perspektif dengan Metode Path Analysis. Jurnal Manajemen Usaha Indonesia, No 4 Th XXXV April 2006.

Edralin, J.S. (1997). The New Local Governance and Capacity Building: A Strategic Approach. Regional Development Studies, Vol. 3.

Kumorotomo, W. (2006). Akuntabilitas Birokrasi Publik: Sketsa Pada Masa Transisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nurtanzila, L., dan Kumorotomo, W. (2015). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Penerimaan PBB P2 di Kota Yogyakarta Pasca Pelimpahan Kewenangan Pengelolaan PBB P2 oleh Pusat Kepada Daerah. Vol 19 No 2 - November 2015.

Pradana, I. P. Y. B. (2014). Transparansi Birokrasi dalam Pengelolaan APBD di Kota Kupang. Jurnal Kebijakan & Administrasi Publik, Vol. 18 No. 2 , November 2014.

Soleh, C., dan Rochmansjah, H. (2015). Pengelolaan Keuangan Desa. Bandung: Fokusmedia.

Sululing, S., dan Ode, H. (2015). Pendampingan Pengelolaan Keuangan Desa Di Desa Buon Mandiri Kecamatan Luwuk Utara. Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Luwuk.

Tarigan, E. P. A., dan Nurtanzila, L. (2013). Standar Akuntansi Pemerintahan dalam Mewujudkan Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Keuangan Daerah. Jurnal Kebijakan & Administrasi Publik. Vol. 17, No. 1, Mei 2013.

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa.




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v21i1.5207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Galih Wicaksono, Tree Setiawan Pamungkas, Anwar Anwar


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi