Analisis likuiditas dan perputaran modal kerja serta profitabilitas

Randa Rinaldi Nata, Justina Ade Judiarni, Muhammad Amin Kadafi

Abstract


Apabila suatu perusahaan ingin mencapai keuntungan yang semaksimal mungkin setiap tahunnya, seorang manajer keuangan perlu mengetahui beberapa aspek yang dapat meningkatkan dan menurunkan keuntungan perusahaannya. Untuk itu perlu dilakukan serangkaian analisis kinerja yang digunakan dalam mengetahui tingkat keberhasilan ataupun kegagalan suatu perusahaan secepat mungkin, dengan menganalisis faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan suatu perusahaan yang dalam penelitian ini dapat diukur menggunakan Rasio Pertumbuhan Kas, Perputaran Modal Kerja, dan Return on Equity. Data yang diperoleh dalam penelitian ini merupakan data dari laporan keuangan yang berasal langsung dari data laporan keuangan PT JUNACON dengan periode waktu tahun 2013 hingga 2016. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Rasio Pertumbuhan Kas, Analisis Rasio Perputaran Modal Kerja, Analisis Profitabilitas (Return On Equity). Hasil dari penelitian adalah likuiditas pada tahun 2014, 2015, dan 2016 selalu mengalami penurunan yang menunjukkan kemampuan perusahaan dalam  memenuhi  kewajibannya  semakin  menurun  yang  pada  tahun  2016  likuiditas perusahaan hanya 14.21%, kemudian perputaran modal kerja pada tahun 2014 adalah perputaran modal kerja yang terjadi paling efektif karena mampu mengalami perputaran sebanyak 1.35 kali dalam setahun, kemudian profitabilitas yang dihitung menggunakan return on equity memiliki tingkat pengembalian modal paling baik pada tahun 2015 yang mencapai 11.21%.


Keywords


likuiditas; perputaran modal kerja; profitabilitas; rasio pertumbuhan kas; return on equity

References


Agustin, Hamdi. 2006. Manajemen Keuangan. Pekanbaru: UIR Press.

Baridwan, Zaki. 2003. Intermediate Accounting. Edisi Keempat. BPFE UGM. Yogyakarta.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS19, Edisi Kelima. Universitas Diponegoro: Semarang.

Harahap, Sofyan Syafri. 2010. Teori Akuntansi. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Hartati, Yeni. 2000. Analisis Pengaruh Sumber dan Penggunaan Dana Terhadap Profitabilitas. Pekanbaru: UNRI

Hasley Wild, John. J. K. R Subramanyam Robert F. 2013. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Horne, James C. Van and John M. Wachowicz, JR. 2005. Fundamental of Financial Management. Salemba Empat: Jakarta.

Husnan, Suad dan Enny Pudjiastuti. 2004. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Edisi Keempat. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Ikatan Akuntansi Indonesia. 2007. “Standar Akuntansi Keuangan PSAK No. 2,” Salemba Empat, Jakarta.

Kasmir, 2011. Analisa Laporan Keuangan. Rajawali Pers. Jakarta. Manullang, M. 2005. Pengantar Manajemen Keuangan. ANDI. Yogyakarta.

Mulyawan, Setia. 2015. Manajemen Keuangan, Cetakan Pertama. Pustaka Setia: Bandung.

Munadhiroh, Attin dan Nurchayati. 2015. Pengaruh Arus Kas Operasi dan Likuiditas terhadap Profitabilitas (Studi Empiris Pada Perusahaan Property dan Real Estate yang terdaftar di BEI). Vol. 4 No. 3. Universitas 17 Agustus 1945 Semarang.

Munawir, S.2002. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty.

Prasetyo, Dwi Agung dan Ni Putu Ayu Darmayanti. 2015. Pengaruh Risiko Kredit, Likuiditas, Kecukupan Modal, dan Efisiensi Operasional terhadap Profitabilitas Pada PT. BPD Bali. Vol. 4 No. 9. Universitas Udayana Bali.

Priyatno, Duwi. 2010. Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. MediaKom. Yogyakarta.

Putra, Lutfi Jaya. 2012. “Pengaruh Perputaran Modal Kerja Terhadap Profitabilitas (Studi Kasus: PT. Indofood Sukses Makmur Tbk.)”. Jurnal Ekonomi Gunadarma, Vol. 9. No. 1, hal. 1 – 10.

Rahma, Aulia. 2011. Analisis Pengaruh Manajemen Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Perusahaan PMA dan PMDN yang Terdaftar di BEI. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, Semarang.

Riyanto, Bambang.2002. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE.

Santoso, Clairene E.E. 2013. Perputaran Modal Kerja dan Perputaran Piutang Pengaruhnya terhadap Profitabilitas Pada PT. PEGADAIAN (PERSERO). Vol. 1 No. 4 Desember 2013, hal. 1581-1590. Universitas Sam Ratulangi Manado.

Santoso, Rahmat Agus dan Mohammad Nur. 2008. “Pengaruh Perputaran Piutang dan Pengumpulan Piutang Terhadap Likuiditas Perusahaan Pada CV. Bumi Sarana Jaya Di Gresik”. Jurnal Logos, Vol. 6, No. 1, hal. 37 – 54. Universitas Komputer Indonesia Bandung.

Sawir, Agnes.2005. Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan. Jakarta: Gramedia

Soemarso, S.R., 2004. Akuntansi Suatu Pengantar, Edisi Kelima, Jilid 1. Salemba Empat, Jakarta.

Sudjana, 2005. Metoda Statistika. Bandung: Penerbit Tarsito.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Cetakan Keempat Delapan Belas. Alfabeta. Bandung.

Sulaiman, Wahid. 2004. Analisis-Analisis Regresi menggunakan SPSS. ANDI: Yogyakarta.

Sunyoto, Danang. 2009. Analisis Regresi dan Uji Hipotesis. PT Buku Kita. Jakarta.

Sutrisno. 2012. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Ekonisia. Jakarta. Tika, Mohmammad Pabundu. 2006. Metode Riset Bisnis. PT Bumi Aksara. Jakarta.

Yulistiani, I Gusti Ayu Rini dan Ni Putu Santi Suryantini. 2016. Pengaruh Perputaran Kas, Kecukupan Modal, dan Risiko Operasi terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Perbankan di BEI. Vol. 5 No. 4. Universitas Udayana Bali.

Zulganef. 2013. Metode Penelitian Sosial dan Bisnis, Cetakan Kedua. Graha Ilmu. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v20i2.4856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Randa Rinaldi Nata, Justina Ade Judiarni, Muhammad Amin Kadafi


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi