Studi Pemetaan Sosial di Wilayah Kerja

Sonny Sudiar, Jauchar Jauchar, Silviana Purwanti, Fahrizal Anwar, Abdul Gafur, M. Nizam Ihsan Fadil

Abstract


Artikel ini disintesis untuk memberikan gambaran tentang keberadaan dan kondisi sosial masyarakat di lokasi sasaran yang menjadi objek penelitian. Secara substansial, artikel ini merupakan hasil analisis data yang diperoleh di lapangan. Pemetaan sosial dimaksudkan untuk memberikan gambaran kondisi sosial di beberapa desa sasaran dan dilakukan secara sistematis. Penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif penelitian lapangan yang diterapkan. Data diperoleh melalui observasi partisipan dan wawancara mendalam dengan beberapa informan. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif, dengan penekanan pada proses segmentasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jejaring sosial di desa-desa yang menjadi subjek penelitian sebagai salah satu kawasan buffer zone PT Kruing Lestari Jaya penting untuk dipetakan guna memperoleh gambaran yang komprehensif tentang kondisi sosial ekonomi masyarakat dan budaya masyarakat setempat. Ada banyak aktor dalam proses interaksi sosial di wilayah ini, baik secara individu maupun dalam kelompok dan institusi. Dalam interaksi mereka, aktor-aktor ini saling terkait, dan masing-masing memiliki karakteristik dan latar belakang sosial yang berbeda.


Keywords


Pemetaan Sosial; Kondisi Sosial; kebutuhan social; masalah sosial

References


Firdaus, M. F., Fauzi, H., Asysyifa, D., & Kehutanan, J. (2018). PEMETAAN SOSIAL (SOCIAL MAPPING) MASYARAKAT SEKITAR KHDTK UNLAM DI DESA MANDIANGIN BARAT The Social Mapping of Rural Society around KHDTK Unlam of West Mandiangin Village. Jurnal Sylva Scienteae, 01(1), 92–103. http://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/jss/article/view/465

Gunawan, W., & Sutrisno, B. (2021). Pemetaan Sosial Untuk Perencanaan Pembangunan Masyarakat. Sawala : Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 2(2), 94. https://doi.org/10.24198/sawala.v2i2.32761

Handoyo, P. & A. S. (2016). Pemetaan Sosial untuk Perencanaan Pemberdayaan Masayarakat Desa Kemantren, Lamongan dalam Prosiding Seminar Nasional Mengawal Pelaksanaan SDGs (Sustainable Development Goals). Prodi Sosiologi Jurusan Ilmu Sosial Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum. UNESA University Press.

Nuryati, Rina, Lies Sulistyowati, Iwan Setiawan, T. I. N. (2020). Pemetaan Sosial (Social Mapping) Masyarakat Dalam Upaya Mendukung Pengembangan Usaha Tani Polikultur Perkebunan Terintegrasi. Jurnal Argistan, Vol. 2, Nomor 1, Mei 2020. 2, 2020.

Rela, I. Z. (2023). Pemetaan Sosial Dan Partisipasi Stakeholder Dalam Perencanaan Program Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Penyuluhan Dan Pengembangan Masyarakat, 3(1), 1. https://doi.org/10.56189/jippm.v3i1.35478

Sudiar, S. (2012). Kebijakan Pembangunan Perbatasan dan Kesejahteraan Masyarakat di Wilayah Perbatasan Pulau Sebatik Indonesia. Jurnal Paradigma, 1(3), 389–402.

Sudiar, S. (2015). Konsolidasi Potensi Pembangunan: Studi Tentang Penanganan Kemiskinan di Kecamatan Muara Muntai-Kutai Kartanegara. Jurnal Paradigma, 4(2), 69–79.

Sudiar, S., Daniah, R., Purnawarman, A., & Azizah, N. (2023). Implikasi social mapping terhadap human security di kampung Gurimbang. 25(1), 81–88.

Syahrani. (2016). Penyusunan Program Desa Berdasarkan Pemetaan Sosial ( Social Mapping ) di Kecamatan Penajam-Kabupaten Paser Utara. Jurnal Paradigma, 5(3), 160–182.




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v26i1.14634

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Sonny Sudiar, Jauchar Jauchar, Silviana Purwanti, Fahrizal Anwar, Abdul Gafur, M. Nizam Ihsan Fadil


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi