Pengaruh Pajak Bumi dan Bangunan terhadap Pendapatan Asli Daerah di Badan Pendapatan Daerah

Karmilah Karmilah, Nugraha Abhull Azwad, Andi Indah Lestari

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui: pengaruh pajak bumi dan bangunan Terhadap pendapatan asli daerah manggarai timur. Penelitian ini menggunakan Sumber data primer, yang dimana peneliti melakukan penelitian dengan menyebarkan kuesioner kepada 60 orang pegawai  pada kantor keuangan kabupaten manggarai timur. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data memaluli Observasi, dokumentasi, dan konsioner. Hasil penelitian yang menunjukkan nilai R square sebesar 0,737atau sebesar  73,7. dapat diketahui besar pengaruh pajak bumi dan bangunan  terhadap  pendapatan asli daerah ( PAD) sebesar 73,7. Berarti masi ada 26,3 yang tidak dapat di teliti pada penelitian ini dan dipengaruhi oleh faktor lain. model regresi linier sederhana Y12.813+716 X. dimana konstanta 12.813, artinya ada atau tidaknya pajak bumi dan bangunan, maka pendapatan asli daerah tidak akan mengalami perubahan  Koefisien regresi X  0,716 artinya jika pajak bumi dan bangunan meningkat maka pendapatan asli daerah juga akan meningkat.


Keywords


Pajak Bumi; Bangunan; Pendapatan Asli Daerah

References


Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Iis Anisa Yulia. (2020b). PENGARUH PAJAK HOTEL DAN PAJAK RESTORAN TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN DAN KOTA DI SUMATERA BARAT TAHUN. Academic Conference of Accounting J, 1, 333–338.

Mamuka, K. K., Rorong, I. P., & Sumual, J. (2019). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum dan Belanja Modal Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabipaten/Kota Di Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 119–128.

Smeets, M. J. (2017). De Economische Betekenis Belastingen (Terjemahan). Erlangga.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v26i1.14553

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Karmilah Karmilah, Nugraha Abhull Azwad, Andi Indah Lestari


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi