Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Industri Rumah Tangga Usaha Jahit

Bahtiar Bahtiar, Abdul Halim, Muhammad Arsyad

Abstract


Adapun tujuan penelitian ini yakni: 1. Untuk mengetahui pengaruh faktor modal, produksi dan harga secara parsial terhadap pendapatan Industri Rumah Tangga Usaha Jahir di Kecamatan Mamuju. 2. Untuk mengetahui faktor yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap pendapatan Industri Rumah Tangga Usaha Jahir di Kecamatan Mamuju. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan dua variabel independen dan satu variabel dependen dengan alat uji yang akan digunakan yaitu 1) uji validitas, 2) uji realibilitas, 3) uji regresi linear berganda, uji t (parsial) dan uji R2 (Coeficient Determinasi). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 30 responden. Pengolahan data penelitian menggunakan regresi linear berganda dengan alat bantu Software SPSS versi 24.0 untuk membaca arah pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen secara parsial uji t dan uji R2. Hasil penelitian diperoleh bahwa modal, produksi dan harga berpengaruh signifikan secara parsial terhadap pendapatan Industri Rumah Tangga Usaha Jahir di Kecamatan Mamuju. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa modal memiliki pengaruh paling dominan terhadap Industri Rumah Tangga Usaha Jahir di Kecamatan Mamuju.


Keywords


Modal; Produksi; Harga; Pendapatan

References


Fachmi. (2014). Analisis Produksi Dan Pendapatan Industri Meubel Di Kota Makassar” (Skripsi). Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Jurusan Ilmu Ekonomi Universitas Hasanuddin.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Halim, (2022). Analisis Pengembangan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Berbasis Ekonomi Kreatif Di Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(2), 59-69.

Halim. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2), 157-172.

Kotler. P dan Amstrong. G. (2019). Prinsip-Prinsip Pemasran Jilid 1, Edisi 12. Erlangga, PT. Gelora Aksara Pratama.

Marjun. (2012). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Usaha Industri Rumah Tangga atau Industri Kecil di Kota Palu. Jurnal. www.jurnal_trend.com Vol.1 No.1 ISSN 2088-107X.

Munawir. (2010). Analisa laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty.

Saragih, S., Damanik, D., & Tumanggor, B. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Industri Rumah Tangga Usaha Jahit Di Kota Pematangsiantar. Jurnal Ekuilnomi, 3(2), 81-93.

Stiawan, E dan Asriani W. (2012). Manajemen Keuangan Konsep Dasar Keuangan. Yogyakarta: Teras.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. CV. Alfabeta

Sukirno. (2012). Pengantar Teori Makro Ekonomi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Swastha, Basu, dan Ibnu Sukotjo W. (2002). Pengantar Bisnis Modern. Edisi Ketiga, Liberty. Yogyakarta

Wariki. G. M, Mananeke. L, dan Tawas. H. (2022). Pengaruh Bauran Promosi, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Pada Perumahan Tamansari Metropolitan Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(2), 1073-1085.




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v26i1.14363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Bahtiar Bahtiar, Abdul Halim, Muhammad Arsyad


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi