Pengaruh kepercayaan konsumenn dan promosi media sosial terhadap keputusan pembelian

Hijrina R, Muh. Ferils, Junaeda Junaeda

Abstract


Tujuan penelitian ini yakni: 1. Untuk mengetahui pengaruh kepercayaan konsumen dan promosi media sosial secara parsial terhadap keputusan pembelian pada Riska Fashion Kabupaten Mamuju. 2. Untuk mengetahui pengaruh kepercayaan konsumen dan promosi media sosial secara simultan terhadap keputusan pembelian pada Riska Fashion Kabupaten Mamuju. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan dua variabel independen dan satu variabel dependen dengan alat uji yang akan digunakan yaitu 1) uji validitas, 2) uji reliabilitas, 3) uji regresi linear berganda, uji t (parsial) dan uji f (simultan). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 30 responden. Pengolahan data penelitian menggunakan regresi linear berganda dengan alat bantu Software SPSS versi 24.0 untuk membaca arah pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen secara parsial uji t dan uji f. Hasil penelitian diperoleh bahwa kepercayaan konsumen dan promosi media sosial berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian pada Riska Fashion Kabupaten Mamuju. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kepercayaan konsumen dan promosi media sosial berpengaruh signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian pada Riska Fashion Kabupaten Mamuju.


Keywords


Kepercayaan konsumen; promosi media sosial; keputusan pembelian

References


Assauri, S. (2017) Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Perss.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler. P dan Amstrong. G. (2019). Prinsip-Prinsip Pemasran Jilid 1, Edisi 12. Erlangga, PT. Gelora Aksara Pratama.

Muzaky., E., B. (2019). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Iain Ponorogo). Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, 1-68.

Priansa, D. J. (2017) Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. Bandung: Pustaka Setia.

Schiffman, L. G., dan Kanuk, L. L. (2015). Consumer Behaviour. London: Pearson.

Siagian, H., & Cahyono, E. (2014). Analisis Website Quality, Trust dan Loyalty Pelanggan Online Shop. 8.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. CV. Alfabeta

Swasta dan Handoko. (2018). Manajemen Pemasaran, Analisa Perilaku Konsumen, edisi pertama, cetakan keempat, Penerbit: BPFE, Yogyakarta.

Tjiptono, F. (2017) Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Warnadi, & Triyono, A. (2019) Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: DEEPUBLISH.




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v21i2.14280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Hijrina R, Muh. Ferils, Junaeda Junaeda


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi