Pengaruh Harga Bahan Bangunan dan Pendistribusian Bahan Bangunan terhadap Minat Konsumen

Adriani Adriani, Nur Fajariani, Muh. Ferils

Abstract


Jenis penelitian ini menggunakan data kuantitatif dengan sumber data primer dan sekunder yang ingin mengetahui pengaruh harga jual dan pendistribusian bahan bangunan terhadap minat konsumen. Harga bahan bangunan memiliki nilai thitung 4,051 dan nilai ttabel didapatkan 1,70329 dengan demikian thitung > ttabel dengan nilai signifikan 0,008 lebih kecil dari 0,05 (5%) artinya harga bahan bangunan berpengaruh signifikan terhadap minat konsumen melakukan pembelian bahan bagunan pada Toko Fajar Mas di Kabupaten Mamuju, dengan demikian hipotesis penelitian diterima secara parsial. Pendistribusian bahan bangunan memiliki nilai thitung 5,620 dan nilai ttabel didapatkan 1,70329 dengan demikian thitung > ttabel dengan nilai signifikan 0,001 lebih kecil dari 0,05 (5%) artinya harga bahan bangunan berpengaruh signifikan terhadap minat konsumen melakukan pembelian bahan bagunan pada Toko Fajar Mas di Kabupaten Mamuju, dengan demikian hipotesis penelitian diterima secara parsial. harga bahan bangunan dan pendistribusian bahan bangunan nilai Fhitung yang didapatkan 23,624 dengan nilai Ftabel 3,35 dan tingkat signifikan 0.000, artinya Fhitung  23,624 > Ftabel 3,35 artinya harga bahan bangunan dan pendistribusian bahan bangunan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat konsumen melakukan pembelian bahan bagunan pada Toko Fajar Mas di Kabupaten Mamuju.


Keywords


Harga; Pendistribusian; Minat Konsumen

References


Abda, Nabilatul; Sutrisna Endang. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Distribusi Terhadap Minat Beli Konsumen Toko Vizcake Pekanbaru. JOM FISIP Volume 5, Edisi II, 1-15

Afiah, N., & Ramli, S. (2023). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Volume Penjualan PT. Bu’cuwa Family Group Kabupaten Mamuju. SEIKO: Journal of Management & Business, 6(2).

AG.Suyono, Sri Sukmawati, Pramono. (2012).Pertimbangan Dalam Membeli Produk Barang Maupun Jasa. Intidayu Press. Jakarta.

Arif, M. (2018). Supply Chain Management : Konsep dan Pelaksanaan SCM, Fungsi SCM Bagi Perusahaan, Pengembangan dari SCM, Distribusi dalam SCM, Analisis Inventori, Pembelian dalam SCM, Procurement dalam SCM. Yogyakarta: Deepublish (Group Penerbitan CV Budi Utama)

Fandy Tjiptono & Anastasia Diana. (2016). Pemasaran Esesi dan Aplikasi, Andi Offset, Yogyakarta.

Ferdinand, Augusty. (2014). Metode Penelitian Manajemen. BP Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali, Imam. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 20. Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Henry Simamora, (2016), Manajemen Sumber Daya Manusia, Gramedia, Jakarta.

Ismail Nawawi.(2011). Islam dan Bisnis, Surabaya:VIV Press.

Khotimah, D. S. (2016). Pengaruh Saluran Distribusi Terhadap Penjualan Produk Pada Tb. Bangunan Baru Kopo Sayati Bandung (Doctoral Dissertation, Perpustakaan).

Kotler, Amstrong. (2016). Principles of Marketing Sixteenth Edition Global Edition. England. Pearson Education Limited.

Machfoedz, Mahmud. (2010). Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta. Cakra Ilmu

Nugrah, A. N. D., Rozalina, R., & Mahyuddin, T. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Terhadap Sayuran Hidroponik Di Ud. Aceh Hidroponik Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(4), 5897-5904.

Purnamasari, W., Rohmatiah, A., & Indartini, M. (2021). Pengaruh Harga, Promosi Dan Saluran Distribusi Semen Gresik Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus di Distributor PT Abadi Putera Wirajaya). Jurnal Ekomaks Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 10(1), 40-50.

Rahmadani, A., Andriansyah, M., & Asmara, W. S. (2022). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Konsumen Di Toko Sinar Rengas Material Bangunan Sungai Rengas. Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(1), 231-238.

Ramli, S. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Pada PT. ASDP KABUPATEN MAMUJU. Forecasting: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(1), 90-111.

Ramli, S., & Asia, N. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Pada Toko Planet Kids Di Kabupaten Mamuju. SEIKO: Journal of Management & Business, 6(2).

Setiawan, A. (2021). Aplikasi Pengembangan Desa untuk Mempermudah Pendistribusian Hasil Tani dan Pelayanan Teknologi Informasi.

Shalsabillah, S., & Sugiyanto, S. (2022). Pengaruh Promosi, Lokasi, Kualitas Bangunan Terhadap Minat Beli Pada Perumahan Annieland Cisoka Tangerang. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi dan Akuntansi, 1(3), 381-404.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyari, Ikanita Novirina. (2012). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Oriflamme (Studi Kasus Mahasiswi Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Jurusan Manajemen Universitas Diponegoro Semarang). Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponogoro.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius, Chandra. (2017). Pemasaran Strategik. Edisi ke-3. Yogyakarta: Andi (Anggota IKAPI)

Winata, S. (2019). Pengaruh Harga Jual dan Saluran Distribusi Terhadap Volume Penjualan Pada PT. Marga Sarana Bloc (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Eka Prasetya).




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v26i1.14234

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Adriani Adriani, Nur Fajariani, Muh. Ferils


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi