Pengaruh Ketidakpastian Lingkungan terhadap Kualitas Sistem Informasi Akuntansi Manajemen pada UMKM

Aliyaluna Yasmin, Yana Ulfah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh Ketidakpastian Lingkungan dan Kualitas Sistem Informasi Akuntansi Manajemen pada UMKM di Kota Samarinda. Metode yang digunakan untuk mementukan sampel penelitian adalah purposive sampling. Data dalam penelitian ini menggunakan data primer dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 100 pemilik usaha mikro, kecil, dan mengengah (UMKM) di Kota Samarinda. Analisis yang digunakan dalam pengujian hipotesis dilakukan dengan Statistical Product and Service Solutions (SPSS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketidakpastian lingkungan berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas sistem informasi akuntansi manajemen, dimana nilai signifikansi <0,05 dan  dapat dilihat dari nilai R-square bahwa ketidakpastian lingkungan berpengaruh terhadap kualitas sistem informasi akuntansi manajemen sebesar 63%.


Keywords


Ketidakpastian Lingkungan; Kualitas Sistem Informasi Akuntansi Manajemen; UMKM

References


Azwar, S. (1997). Reliabilitas & validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Chenhall, R. H., & Morris, D. (1986). The impact of structure, environment, and interdependence on the perceived usefulness of management accounting systems. Accounting Review, 16–35.

Diana, A., & Setiawati, L. (2011). Sistem Informasi Akuntansi Perancangan. Proses, Dan Penerapan, Yogyakarta: Andi.

Fisher, J. G. (1998). Contingency theory, management control systems and firm outcomes: past results and future directions. Behavioral Research in Accounting, 10, 47.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23.

Lathifah, I. (2014). SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN DAN TUJUAN PERUSAHAAN (SEBUAH TINJAUAN TEORI KONTINJENSI). Jurnal Dinamika Akuntansi, 6(1).

Maulani, R. R., Lestari, R., & Nurleli, N. (2018). Pengaruh Ketidakpastian Lingkungan terhadap Kualitas Sistem Informasi Akuntansi Manajemen pada Perusahaan yang Bergerak di Bidang Jasa pengiriman Barang di Kota Bandung. Prosiding Akuntansi, 356–363. Retrieved from http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/10294

Otley, D. T. (1980). The contingency theory of management accounting: achievement and prognosis. In Readings in accounting for management control (pp. 83–106). Springer.

Robbins, S. P., & Coulter, M. (2010). Manajemen edisi 10. Jakarta: Erlangga.

Susilo, L. J., & Kaho, V. R. (2011). Manajemen Risiko Berbasis ISO 31000 untuk Industri Nonperbankan. Jakarta: PPM, 246.

Umar, H. (1999). Metodologi penelitian: aplikasi dalam pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v26i1.14121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Aliyaluna Yasmin, Yana Ulfah


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi