Analisis strategi pengembangan usaha percetakan

Wahyuni Wahyuni, Ramli S Ramli S, Junaeda Junaeda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan Percetakan Siola Print di Kabupaten Mamuju. Penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT mengembangkan empat tipe alternatif strategi yaitu SO (strengths-opportunities), strategi WO (weaknesses-pportunities), strategi ST (strengths-threats), dan strategi WT (weaknesses-threats). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi pengembangan Percetakan Siola Print di Kabupaten Mamuju diterapkan sudah baik ini dapat dilihat dari hasil analisis data nilai faktor internal dengan total nilai bobot item tidak lebih dari angka 1 yang memiliki arti bahwa nilai tersebut sesuai dengan ketentuan teori bahwa jumlah total bobot item yang dimasukkan dalam tabulasi tidak boleh melebihi angka satu (1). Strategi pengembangan Percetakan Siola Print di Kabupaten Mamuju yang diterapkan sudah efektif hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data nilai faktor internal dan eksternal. Nilai peluang paling tinggi terdapat dalam pangsa pasar yang dapat meningkatkan pelanggan di Kabupaten Mamuju dengan menggunakan analisis SWOT menunjukkan pengembangan Percetakan Siola Print di Kabupaten Mamuju mengalami peningkatan percetakan yang selama ini dijalankan berada dalam fase pertumbuhan usaha.


Keywords


Strategi; pengembangan; usaha

References


Abdillah, W., Suardika, I. B., & Soemanto, S. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Pada Umkm Azza Sablon Di Desa Wadeng Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik Jawa Timur. Jurnal Valtech, 5(2), 1-9.

Budaraga, I Ketut and Sri Devi, Welas (2021) Pengabdian kepada Masyarakat Peningkatan Kualitas Usaha Keripik Talas Asyifa Oleh-oleh. In: eminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat di UNS, 20 November 2021.

David, F. (2016). Manajemen Strategis - Konsep Edisi 13. Jakarta: Salemba Empat.

Freddy Rangkuti. (2013). Riset Pemasaran. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta

Haslindah, H., & Rusyaid, H. I. (2020). Strategi Pengembangan Pasar Pada Usaha Konveksi Dan Sablon Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Islamic Economic and Business Journal, 2(1), 71-88.

Priharto Sugi. (2019) Pengertian Pemasaran, Fungsi, Dan Jenis Pemasaran Dalam Bisnis, (Online), (https://cpssoft.com/blog/bisnis/pengertian-pemasaranfungsi-dan-jenis-pemasaran-dalam-bisnis/), diakses 15 Agustus 2020.

Putri, Kartika dkk. (2017). Pengaruh Karakteristik Kewirausahaan, Modal Usaha dan Peran Business Development Service Terhadap Pengembangan Usaha (Studi Pada Sentra Industri Kerupuk Desa Kedungrejo Sidoarjo Jawa Timur). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Volume 3 Nomor 4.

Rachmadi Usman, S. H. (2022). Hukum persaingan usaha di Indonesia. Sinar Grafika.

Rahmadani, R. D., & Subroto, W. T. (2022). Analisis Strategi Pengembangan UMKM Kabupaten Sidoarjo di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 10(2), 167-181.

Rangkuti, Freddy. (2015). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis, (Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama) hal, 19-20.

Siswanto, Agus. (2019). Analisis SWOT Dengan Metode Kuesioner, Semarang: CV. Pilar Nusantara.

Sridewi, N. (2020). Analisis strategi pengembangan usaha dalam meningkatkan pendapatan pada rumah makan Sukma Rasa Labuapi Kabupaten Lombok Barat (Doctoral dissertation, UIN Mataram).

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, penerbit Alfabeta,Bandung

Sutrisno, S. (2022). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Butik. LITERATUS, 4(2), 505-516.

Syarifuddin, U. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Kerajinan Anyaman Rotan dan Bambu melalui Pemasaran Online di Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. Bata Ilyas Educational Management Review, 2(2), 1-24.

Tania, M. (2018). Ketepatan Model Altman, Springate, Zmijewski, Dan Grover Dalam Memprediksi Financial Distress. Jurnal Reviu Akuntansi Dan Keuangan, 8(1), 79.

Taufik (2016). Analisis Swot Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Tengor, L. A., Budiharti, N., & Suardika, I. B. (2021). Strategi pengembangan usaha pada industri konveksi sablon kaos di home industry 35 Screen Printing Turen. Jurnal Valtech, 4(2), 72-81.

Wheelen, Thomas L. & Hunger, J. David. (2014). “Strategic Management and Business Policy”, thirteenth edition, New York: Pearson.




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v25i4.13764

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Wahyuni Wahyuni, Ramli S Ramli S, Junaeda Junaeda


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi