Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap minat beli beras kita

Nur Asia, Ramli S Ramli S, Andi Nursiskawati Siangka

Abstract


Tujuan penelitian ini: 1. Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap minat beli beras kita premium pada Perum Bulog Indonesia Cabang Mamuju, 2. Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap minat beli beras kita premium pada Perum Bulog Indonesia Cabang Mamuju. 3. Untuk mengetahui variabel yang paling dominan berpenagruh terhadap minat beli beras kita premium pada Perum Bulog Indonesia Cabang Mamuju. Jenis  data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data kuantitatif dan data kualitatif sedangkan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data primer dan sekunder dengan sampel sebanyak 30 orang. Teknik Pengumpulan melalui Data Observasi, Dokumentasi, Wawancara dan Kuesioner. Teknik Pengelolaan dan analisis data dengan Uji Validitas, Uji Reabilitas, dan Uji Analisis Regresi Linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Hasil uji regresi linear berganda secara parsial menunjukkan harga berpengaruh signifikan terhadap minat beli beras kita premium pada Perum Bulog Indonesia Cabang Mamuju. 2. Hasil uji regresi linear berganda secara parsial menunjukkan kualitas produk berpengaruh terhadap minat beli beras kita premium pada Perum Bulog Indonesia Cabang Mamuju. 3. Variabel harga paling dominan berpengaruh signifikan terhadap minat beli beras kita premium pada Perum Bulog Indonesia Cabang Mamuju.

Keywords


Harga; kualitas produk; minat beli; bulog

References


Abadi, F., & Herwin, H (2019). Pengaruh harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian beras organik di Jakarta.

Alma Buchari (2017). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta

Aristiadi, (2021). Pengaruh Citra Perusahaan, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk BerasKita Di Provinsi DKI Jakarta. Artikel Karya Ilmiah Mahasiswa

Assauri (2016). Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers

Durianto (2016). Strategi Pengembangan Pemasaran Beras Perusahaan Umum (Perum) Bulog di Kota Jambi. Jurnal MeA (Media Agribisnis), 6(1), 1-12.

Ferdinand (2016) Strategi Pemasaran. PT. Gramedia Pustaka Mizan Pustaka. Jakarta.

Ghozali Iman, (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program (IBM

SPSS). Edisi 8. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Gunarso, K. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian Beras Premium Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening pada CV. Jaya Abadi Kota Surabaya.

Hidayat, (2018). Manajemen Pemasaran, Jilid Satu, Edisi Ketiga

Belas. Jakarta: Erlangga.

Kotler Philip dan Amstrong (2016). Principles of Marketing Sixteenth Edition Global Edition. England. Pearson Education Limited

Kotler Philip dan Armstrong (2016). Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler Philip dan Keller (2019). Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid 1. Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan-Jakarta: Penerbit, Prenhalindo

Loindong (2016). Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Beras Bulog Di Desa Lawe Rutung Kecamatan Lawe Bulan Kutacane (Doctoral dissertation).

Mursid, (2017). Manajemen Pemasaran, (Jakarta: PT Bumi Aksara

Musdalifa, (2021). Pengaruh Kualitas Produk Kita Terhadap Loyalitas Pelanggan Perusahaan Umum Bulog Kanwil Sul-Selbar Kota Makassar (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Makassar).

Nembah, (2016). Manajemen Pemasaran,(Bandung:CV. Yrama Widya

Pramono. E (2016). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Dalam Membeli Beras Lokal (Studi Kasus Desa Rambah Utama) (Doctoral dissertation, Universitas Pasir Pengaraian).

Puspitasari (2022). Analisis optimasi distribusi beras bulog di Provinsi Jawa Barat (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng)

Roisah (2016). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran.

Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya

Simatupang (2017). Peran Bulog Dalam Kebijakan Perberasan Nasional. Dalam.

Stanton, William J (2016). Prinsip Pemasaran. Edisi Ketujuh, Jilid I.

Jakarta:Erlangga

Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Sulistiyawati, (2022). emasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publising.

Top Brand Awards (2017). Kategori Jasa Transportasi Online.

Sunyoto, Puspitasari, I., Sumampouw, H. J., & Punuindoong, A. Y. (2015). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kesesuaian Harga Terhadap Peningkatan Penjualan Beras Premium Pada Perum Bulog Divisi Regional Sulawesi Utara Dan Gorontalo (Studi Kasus Pada Konsumen Wilayah Kota Manado). JURNAL ADMINISTRASI BISNIS (JAB), 6(002).

Swastha B, (2016). Manajemen Pemasaran Modern,Liberty, Yogyakarta.

Tambunan, (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Tethadap

Keputusan Pembelian Produk Sepatu Olahraga Merek Adidias Di

Bandar Lampung.Skripsi.Universitas Lampung.Tidak Dipublikasikan.

Tjiptono Fandy, (2018). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta : Penerbit Andi




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v25i3.13674

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Nur Asia, Ramli S Ramli S, Andi Nursiskawati Siangka


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi