Peran citra merek sebagai mediasi pada pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian

Farida Islamiah, Rusmiati Rusmiati, Rabiatul Adawiah

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian serta pengaruhnya jika dimediasi oleh citra merek. Obyek penelitian yang digunakan yaitu coklat sebagai bahan kue dengan merek Colatta. Adapun tempat penelitian pada toko Almond di Kabupaten Paser. Sampel pada penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pembelian coklat merek Colatta di toko Almond yang berjumlah 100 orang. Teknik sampling yang gunakan adalah sampling insidental. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner yang selanjutnya dianalisis menggunakan SEM PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Sedangkan harga dan citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Selain itu, citra merek yang baik ternyata dapat menjadi perantara pada kualitas produk dan harga dalam mempengaruhi keputusan pembelian.


Keywords


Citra merek; harga; keputusan pembelian; kualitas produk

References


Aaker, D. A. (2014). Building Strong Brands. New York: The Free Press.

Ababil, R., Muttaqien, F., & Nawangsih. (2019). Analisis Kualitas Produk, Word Of Mouth, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Merek Senduro Coffee. Journal Progress Conference, Vol. 2(July), 572–581. Diambil dari http://proceedings.itbwigalumajang.ac.id/index.php/progress/article/view/131/117

Abi, Y. I. (2020). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kfc Di Kota Bengkulu. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 15(1), 95–107. https://doi.org/10.33369/insight.15.1.95-107

Adnan, Yunus, M., Adam, M., & Hafasnuddin. (2019). The effect of product quality, brand image, price, and advertising on purchase decision and its impact on customer loyalty of morinaga milk in Aceh. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 9(4), 234–249.

Anggraini, N., Barkah, Q., & Hartini, T. (2020). Pengaruh Promosi, Harga, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Citra Merek Produk Rabbani Di Palembang. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 4(1), 26. https://doi.org/10.31851/neraca.v4i1.4176

Apriando, J. P., Soesanto, H., & Indriani, F. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Ketersediaan Produk Terhadap Keputusan Pembelian dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Minuman Energi M-150 di Kota Semarang). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), 18(2), 166–183. https://doi.org/10.14710/jspi.v18i2.166-183

Dwitama, F. (2021). The Influence Of Product Quality, Price, Brand Image And Promotion On The Purchase Decision Of Xiaomi Smartphone Products In Depok City. International Journal of Science, Technology & Management, 2(6), 2166–2171. https://doi.org/10.46729/ijstm.v2i6.411

Fure, F., Lapian, J., & Tarorah, R. (2015). Brand Image, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di J.CO Manado, 3(1), 367–377.

Grewal, D., & Levy, M. (2019). Marketing. McGraw-Hill Education.

Hardini, R., & Pratiwi, Y. (2022). The Effect of Product Quality, The Effect of Product Quality, Brand Image, and Social Media Influencers on the Purchase Decision of Scarlett Whitening Products on Social Media Instagram in DKI Jakarta. … Research and Critics Institute (BIRCI-Journal …, 11869–11878. Diambil dari https://bircu-journal.com/index.php/birci/article/view/5019

Keller, K. L. (2013). Strategic Brand Management: Building, Measuring and Managing Brand Equity. United Kingdom: Pearson Education.

Khoiroh, N. Z. (2022). Peran Rebrandring dan Product Quality Terhadap Brand Image Produk Fair and Lovely Menjadi Glow and Lovely, 1(4).

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran (12 ed.). Jakarta: PT. Indeks.

Marvianta, Y. B. A., & Saputra, A. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Promosi terhadap Citra Merek dan Implikasinya pada Keputusan Pembelian Mobil Diecast. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 3356–3365. Diambil dari https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/3403%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/3403/2898

Michael, Harahap, R. A., Albert, & Hartanto, A. (2021). The Influence Of Brand Image, Price and Product Quality on Purchase Decision. Adpebi International Journal of Multidisciplinary Sciences, 5(3), 1883–1889. https://doi.org/10.54099/aijms.v2i1.460

Nadiya, F. H., & Wahyuningsih, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Fashion 3second Di Marketplace (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Fashion 3second Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 5(2), 1–20.

Novansa, H., & Ali, H. (2011). Purchase Decision Model: Analysis of Brand Image, Brand Awareness and Price (Case Study SMECO Indonesia SME products). Saudi Journal of Humanities and Social Sciences, 2(5), 597–610. https://doi.org/10.21276/sjhss

Purnamasari, S., & Murwatiningsih, M. (2015). Brand Image sebagai Mediasi Pengaruh Promosi, Harga dan Sikap Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Jamu Nyonya Meneer di Semarang Timur. Management Analysis Journal, 4(3), 265–272.

Putra, I. G. W. S. C. (2021). Evaluasi Pengaruh Product Quality, Product Innovation Dan Marketing Promotion Terhadap Brand Image Ikea. Digismantech (Jurnal Program Studi Bisnis Digital), 1(1), 1–10. https://doi.org/10.30813/digismantech.v1i1.2264

Ryananda, M. H., Udayana, I. B. N., & Maharani, B. D. (2022). Analisis pengaruh persepsi harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian melalui citra merek sebagai variabel intervening. Jurnal Manajemen, 14(2), 461–469. https://doi.org/10.30872/jmmn.v14i2.11099

Saraswati, A. R., & Rahyuda, K. (2017). Brand Image Memediasi Kualitas Produk dan Harga dengan Keputusan Pembelian SMartphone Apple di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(6), 3252–3282.

Sari, R. M., & Prihartono. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pelanggan Produk Sprei Rise). Jimea, 4(1), 106–113. Diambil dari http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=1490064&val=12596&title=ANALISIS KOMPARATIF PENGUKURAN KINERJA ENTITAS SYARIAH DENGAN BALANCE SCORECARD DAN MASLAHAH SCORECARD

Situmorang, I. L. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Iklan terhadap Citra Merek dan Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Merek Pond’s pada Remaja di Pekanbaru, 4(1), 72–86.

Solomon, M. R. (2019). Consumer Behavior. New Jersey: Pearson Prentice.

Tonibun, Saparso, & Wahyoedi, S. (2021). Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi Oleh Citra Merek Pada Penjualan Kendaraan Bermotor Roda Empat. Journal of Management and Bussines (JOMB), 3(2), 113–129.

Zeithaml, V. A., & Bitner, M. . (2018). Service Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm (7 ed.). McGraw-Hill Education.




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v25i3.13626

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Farida Islamiah, Rusmiati Rusmiati, Rabiatul Adawiah


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi