Investigasi dampak gaya kepemimpinan terhadap kinerja pegawai di lingkungan dinas pemadam kebakaran

Shalahuddin Shalahuddin

Abstract


Penelitian ini adalah studi kuantitatif yang dilakukan di Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Paser Kalimantan Timur dengan fokus pada pegawai yang bekerja di instansi tersebut. Sampel terdiri dari 56 pegawai, yang diambil dengan metode survei google menggunakan kuesioner. Data kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, dan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS 21. Hasil analisis menunjukkan bahwa semua jenis gaya kepemimpinan yang terdiri dari Kepemimpinan Otokratis, Kepemimpinan Demokratis, dan Kepemimpinan Laissez-Faire memiliki pengaruh positif terhadap kinerja pegawai di Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Paser. Selain itu, terdapat hubungan yang sangat kuat antara variabel independen (Gaya Kepemimpinan Otokratis, Gaya Kepemimpinan Demokratis, Gaya Kepemimpinan Laissez-Faire) dengan variabel dependen (Kinerja Pegawai), dan variabel independen tersebut dapat menjelaskan sebanyak 68,2% variasi pada variabel dependen. Penemuan ini dapat digunakan untuk mengembangkan strategi dan program pelatihan yang dapat meningkatkan kinerja pegawai dengan memperhatikan gaya kepemimpinan yang sesuai dengan situasi dan kondisi di lapangan.


Keywords


Kepemimpinan otokratis; kepemimpinan demokratis; kepemimpinan laissez-faire; kinerja pegawai

References


Anwar, A. (2017). Tipe kepemimpinan profetik konsep dan implementasinya dalam kepemimpinan di perpustakaan. Pustakaloka, 9(1), 69-82.

Bintoro, D., & Daryanto, D. (2017). Manajemen penilaian kinerja karyawan. Yogyakarta: Gava Media, 15.

Busro, M. (2018). Teori-teori manajemen sumber daya manusia. Prenada Media.

Hasibuan, S. P. M. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara Jakarta.

Nopitasari, E., & Krisnandy, H. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis, Motivasi Intrinsik dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT Pangansari Utama Food Industry. Oikonomia: Jurnal Manajemen, 14(1).

Priyatno, D. (2010). Paham analisa statistik data dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom, 84, 13.

Purwanto, A., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Hyun, C. C., & Saifuddin, M. P. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Partisipatif dan Otokratis Terhadap Kinerja Sistem Jaminan Halal HAS 23000 Pada Industri Makanan Kemasan. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 156-179.

Rivai, V. (2016). Manajemen sumber daya manusia untuk perusahaan.

Rosaliawati, B. N., Mustiningsih, M., & Arifin, I. (2020). Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 3(1), 61-71.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kuantitatif: quantitative research approach. Deepublish.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill building approach. john wiley & sons.

Shalahuddin, S. (2017). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Paser. At-Tadbir: jurnal ilmiah manajemen, 1(1).

Shalahuddin, S., Saputra, D. A., & Darmawan, D. (2020). Pengaruh Pengawasan Dan Disiplin Kerja Terhadap Produktivitas Karyawan PT. Kideco Jaya Agung Kecamatan Batu Sopang. At-Tadbir: jurnal ilmiah manajemen, 4(2), 143-151.

Siswanto Sastrohadiwiryo, B. (2007). Pengantar Manajemen. Bumi Aksara, Jakarta.

Sudaryo, Y., Aribowo, A., & Sofiati, N. A. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia: Kompensasi Tidak Langsung dan Lingkungan Kerja Fisik. Penerbit Andi.

Sugiyono, P. D. (2006). Statistika untuk penelitian. Bandung: CV. Alfabeta, 21.

Sujarweni Wiratna, V. (2015). Metode Penelitian Bisnis dan Ekonomi.

Wibowo, M. K. (2011). Edisi 3, Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Winardi, J. (2000). Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: Rineka Cipta.

Zainal, V. R. (2017). Hadad, Muliaman Darmansyah. Ramly, Mansyur. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v23i3.13111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Shalahuddin Shalahuddin


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi