Determinan Preferensi Konsumen dalam Penggunaan QR Payment di Provinsi Bali

Ni Made Wiwik Sulasih, Luh Putu Mahyuni

Abstract


Era digital mempercepat perubahan berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk perkembangan pembayaran non-tunai. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris hal-hal yang dapat mempengaruhi preferensi konsumen dalam menggunakan QR Payment sebagai media pembayaran di Bali. Target populasi adalah seluruh pengguna QR Payment di Bali. Melalui teknik purposive sampling diperoleh 226 responden, yang kemudian dianalisis dengan model analisis jalur dan bantuan aplikasi SmartPLS3. Temuan penelitian membuktikan adanya pengaruh positif dan signifikan antara variabel literasi keuangan terhadap persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan. Selain itu persepsi kepercayaan dan persepsi kegunaan dibuktikan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap intensitas penggunaan QR payment sebagai media pembayaran. Hasil penelitian ini tidak menemukan adanya hubungan antara persepsi keamanan, persepsi kemudahan, pengaruh pihak luar dan persepsi hambatan terhadap intensitas penggunaan QR payment di Provinsi Bali. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan bagi literatur terkait preferensi konsumen menggunakan QR Payment sebagai media pembayaran. Penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan rekomendasi berharga bagi pengambil kebijakan terkait maupun perusahaan fintech.


Keywords


Preferensi Konsumen; QR Payment; Technology Acceptance Model; Theory of Planned Behavior

References


A’la, C. N. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Efektivitas, Dan Risiko Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Financial Technology (FINTECH)(Studi Pada Masyarakat Kota Medan). Jurnal Ekonomi, 3(2), 6. http://repository.uinsu.ac.id/11915/

Aditya, T, & Mahyuni, L. P. (2022). Pengaruh literasi keuangan, persepsi kemudahan, manfaat, keamanan dan pengaruh sosial terhadap minat penggunaan fintech. Volume . 24 Issue 2 ( 2022 ) Pages 245-258 Forum Ekonomi : Jurnal Ekonomi , Manajemen dan Akuntansi ISSN : 1411-1713 ( Print ) 2528-150X ( Online ). https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/FORUMEKONOMI/article/view/10330

Aieni, A. N., & Purwantini, A. H. (2017). Exploring the Use of Mobile Banking: a Technology Acceptance Model Approach. Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi, 15, 1–11. www.sharevision.com

Aisyah, M, & Ardiningsing, T. A. (2022). Pengaruh Persepsi Risiko Dan Dukungan Pemerintah Terhadap Minat Penggunaan Mobile Banking: Peran Pemediasi Persepsi. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis. http://103.19.180.24/index.php/fokus/article/view/5987

Aisyah, M, & Meiria, E. (n.d.). Analisis Penerimaan Mobile Banking Perbankan Syariah dengan Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model. Repository.Uinjkt.Ac.Id. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/54244

Ajzen, I. (2005). Organizational Behavior and Human Decision Process: The Theory of Planned Behavior. online. http://home. comcast. net/~ aizen/tpb. obhdp

Novi Arianti, N. L., Sri Darma, G., Fredy Maradona, A., & Mahyuni, L. P. (2019). Menakar Keraguan Penggunaan QR Code Dalam Transaksi Bisnis. Jurnal Manajemen Bisnis, 16(2), 67. https://doi.org/10.38043/jmb.v16i2.2041

Astuti, A. M. P. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Uang Elektronik (E-Money) pada Generasi Milenial (Studi pada Masyarakat Kota Serang-Banten). repository.uinbanten.ac.id. http://repository.uinbanten.ac.id/8738/

Awalina, M. (2019). Pengaruh persepsi kemanfaatan, kemudahan dan literasi keuangan terhadap minat penggunaan uang elektronik berbasis server dikalangan mahasiswa dalam perspektif islam (Studi Kasus Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan). digilib.uinsby.ac.id. http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36391

Badan Pusat Statistik (2021). Hasil Sensus Penduduk 2020. Berita Resmi Statistik No.08/01/Th.II tanggal 21 Januari 2021. https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/01/21/1854/hasil-sensus-penduduk-2020.html

Bank Indonesia (2022). Statistik Sistem Pembayaran dan Infrastruktur Pasar Keuangan (SPIP). Online. https://www.bi.go.id/id/statistik/ekonomi-keuangan/ssp/uang-elektronik-transaksi.aspx

Budyastuti, T. (2020). Factors That Influence the Intensity of the Use of DIgital Payment (Case Study in OVO Users). EPRA International Journal of Multidisciplinary Research (IJMR), 89–99.. https://www.eprajournals.com/jpanel/upload/900pm_17.EPRA JOURNALS-4614.pdf

Budyastuti, T. (2021). The Influence Of Financial Technology And Financial Literature On Business Sustainability. Jurnal Online Insan Akuntan. http://www.ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JOIA/article/view/1541

Chawla, D., & Joshi, H. (2019). Consumer attitude and intention to adopt mobile wallet in India–An empirical study. International Journal of Bank Marketing. https://doi.org/10.1108/IJBM-09-2018-0256

Davis, F. (1989). Technology Acceptance Model: Origins. Working Papers on Information Systems.

Javier, F. (2021). E-wallet Jadi Alat Pembayaran Digital Terpopuler di 2021. Tempo.co. https://data.tempo.co/data/1316/e-wallet-jadi-alat-pembayaran-digital-terpopuler-di-2021

Gentry, L., & Calantone, R. (2002). A comparison of three models to explain shop‐bot use on the web. Psychology & Marketing. https://doi.org/10.1002/mar.10045

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., Sarstedt, M., (2017). Mirror, mirror on the wall: a comparative evaluation of composite-based structural equation modeling methods. Journal of the Academy of . https://doi.org/10.1007/s11747-017-0517-x

Iqbal, M., Muharram, R. S., & SEI, M. E. I. (2020). Pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan, dan kepercayaan terhadap minat menggunakan platform crowdfunding berbasis QR kode (studi kasus pada generasi milenial di Solo Raya. eprints.iain-surakarta.ac.id. http://eprints.iain-surakarta.ac.id/315/1/SKRIPSi cetak.pdf

Ismail, V. Y., & Zain, E. (2008). Peranan Sikap, Norma Subjektif, dan Perceived Behavioral Control terhadap Intensi Pelajar SLTA untuk Memilih Fakultas Ekonomi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.

Jogiyanto, H. M. (2007). Sistem informasi keperilakuan. Yogyakarta: Andi Offset.

J

r, J. F. H., Sarstedt, M., Ringle, C. M., & Gudergan, S. P. (2017). Advanced issues in partial least squares structural equation modeling. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=-f1rDgAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=hair+partial+least+squares&ots=vY26hnFZc-&sig=EN-IZZgcbkI5D4TOpDtHskaDxwo

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali (2022). Laporan Perekonomian Provinsi Bali Agustus 2022. Bank Indonesia. https://www.bi.go.id/id/publikasi/laporan/lpp/Pages/Laporan-Perekonomian-Provinsi-Bali-Agustus-2022.aspx

Keynes, J. M., & Keynes, J. M. (2010). The means to prosperity. Springer. https://doi.org/10.1007/978-1-349-59072-8_26

Mahliza, F. (2020). Consumer trust in online purchase decision. EPRA International Journal of Multidisciplinary Research (IJMR), 142–149. https://doi.org/10.36713/epra4022

Mahyuni, L. P., & Setiawan, I. W. A. (2021). Bagaimana QRIS menarik minat UMKM? Sebuah model untuk memahani intensi UMKM menggunakan QRIS. Forum Ekonomi. https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/FORUMEKONOMI/article/view/10158

Mulla, M. (2021). A Study On Customer’s Perception Towards Digital Payment With Special Reference To Bagalkot City, Karnataka. PalArch’s Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology. https://www.archives.palarch.nl/index.php/jae/article/view/9346

Nazirwan, N. (2019). Peran Trust, Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Perceived E-Service Quality, Dan Perceived Risk Terhadap Behavior Intention: Suatu Penelitian Pada KiosK Tyme Digital. repository.ibs.ac.id. http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/192

Otoritas Jasa Keuangan (2017). Salinan Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 30/SEOJK.07/2017 Tentang Pelaksanaan Kegiatan dalam rangka Meningkatkan Literasi Keuangan di Sektor Jasa Keuangan. Online. https://ojk.go.id/id/kanal/edukasi-dan-perlindungan-konsumen/regulasi/surat-edaran-ojk/Pages/Surat-

Edaran-Otoritas-Jasa-Keuangan-Nomor-30-SEOJK.07-2017.aspx

Rahardjo, B. (2021). Jeli Investasi Saham Ala Warren Buffet: Strategi

Meraup Untung di Masa Krisis. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=ppEUEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=%22budi+rahardjo%22+keamanan+informasi&ots=r9qQM-NDmv&sig=ZmPhTBkEhx3DMyQChgBL3f9uzTo

Rizal, J.G. Mengenal Apa Itu Generasi Baby Boomers, X, Y, Z, Millenials, dan Alpha. Kompas.com. https://www.kompas.com/tren/read/2021/12/26/170000565/mengenal-apa-itu-generasi-baby-boomers-x-y-z-millenials-dan-alpha?page=all.

Saputri, O. B. (2020). Preferensi konsumen dalam menggunakan quick response code indonesia standard (qris) sebagai alat pembayaran digital. Kinerja. https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/Kinerja/article/view/7355

Setiawan, I. W. A., & Mahyuni, L. P. (2020). QRIS di Mata UMKM: Eksplorasi Persepsi Dan Intensi UMKM Menggunakan QRIS. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana. https://ojs.unud.ac.id/index.php/EEB/article/download/63371/36925

Shaw, N. (2014). The mediating influence of trust in the adoption of the mobile wallet. Journal of Retailing and Consumer Services. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0969698914000447

Soviah, S. (2019). Analisa Pengaruh Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence, dan Facilitating Condition terhadap Intensitas Penggunaan Layanan QR Code Sister …. repository.unej.ac.id. https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92532

Soviah, S. (2019). Analisa Pengaruh Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence, dan Facilitating Condition terhadap Intensitas Penggunaan Layanan QR Code Sister For Student (SFS) Universitas Jember. https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92532

Sugiyono, M. (2015). Penelitian & pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Vitt, L. a., Kent, J., Lyter, D. M., Siegenthaler, J. K., & Ward, J. (2000). Personal Finance and the Rush To Competence: Financial Literacy Education in the U.S. Personal Finance, 1–234. Retrieved from www.isfs.org/documents-pdfs/rep-finliteracy.pdf

Wiranata, S. (2020). Pengaruh Persepsi, Pengetahuan Masyarakat dan Religiusitas terhadap Minat Menabung serta Dampaknya pada Keputusan menjadi Nasabah Perbankan Syariah. repository.uinjkt.ac.id. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/55221

Yoebrilianti, A. (2018). Pengaruh promosi penjualan terhadap minat beli produk fashion dengan gaya hidup sebagai variabel moderator (Survei konsumen pada jejaring sosial). Jurnal Manajemen. http://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/JM/article/view/660




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v26i1.13058

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Ni Made Wiwik Sulasih, Luh Putu Mahyuni


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi