Faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan pedagang

Authors

  • Nurjanana Nurjanana Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mulawarman, Samarinda.
  • Jiuhardi Jiuhardi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mulawarman, Samarinda.
  • Adi Wijaya Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mulawarman, Samarinda.
  • Andriawan Kustiawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mulawarman, Samarinda.
  • Erwin Kurniawan A Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mulawarman, Samarinda.

DOI:

https://doi.org/10.30872/jfor.v25i2.13051

Keywords:

Pendapatan, modal usaha, jam kerja, lama usaha, lokasi usaha, regresi berganda

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi Pendapatan Pedagang Sayur di Pasar Kedondong Kota Samarinda yang dipengaruhi oleh Modal Usaha, Jam Kerja, Lama Usaha dan Lokasi Usaha. Pendekatan penelitian menggunakan penelitian dengan metode kuantitatif. Penelitian dilakukan pada Pasar Kedondong Kota Samarinda dengan teknik Simple Random Sampling dengan metode pengumpulan data melalui wawancara menggunakan kuesioner. Model analisis didesain dengan regresi linear berganda melalui Statistical Package for Social Science (SPSS), dengan tarafsignifikansi 10 persen. Hasil pengujian secara simultan, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Modal Usaha, Jam Kerja, Lama Usaha dan Lokasi Usaha terhadap Pendapatan Pedagang Sayur Pasar Kedondong Kota Samarinda. Sementara, untuk pengujian secara parsial, Modal Usaha dan Jam Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pendapatan Pedagang Sayur Pasar Kedondong Kota Samarinda. Sedangkan Lama Usaha dan Lokasi Usaha terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap terhadap Pendapatan Pedagang Sayur Pasar Kedondong Kota Samarinda.

References

Abdullah, M. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Allam, M. A., Rahajuni, D., Ahmad, A. A., & Binardjo, G. (2019). Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Kaki Lima (PKL) Di Pasar Sunday Morning (SUNMOR) Purwokerto. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi (JEBA), 21(2).

Artaman, D. M. A., Nyoman, Y. N., & Djayastra, I. K. (2015). Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Pasar Seni Sukawati Gianyar. E-Jurnal EKonomi Dan Bisnis Udayana, 02, 87–105.

Artini, N. R., Pynatih, N. M. N., & Sudarsani, N. P. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan pedagang di Pasar Induk Baturiti Kabupaten Tabanan Tahun 2019. Majalah Ilmiah Untab, 16(2).

Asnidar, & Rahmah, R. (2019). Pengaruh Faktor Sosial Ekonomi Terhadap Pendapatan Pedagang Sayur Di Kota Langsa. Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi (JENSI), 3, 194–207.

Boediono. (2015). Pengantar Ilmu Ekonomi : Ekonomi Mikro (2nd ed.).Jakarta: BPFE.

Chintya, W. A., & Darsana, I. B. (2013). Analisis Pendapatan Pedagang di Pasar Jimbaran Kelurahan Jimbaran. E-Jurnal EP Unud, 2(6), 277–283.

Dinar, M., & Hasan, M. (2018). Pengantar Ekonomi : Teori dan Aplikasi (1st ed.). Makassar: CV. Nur Lina dan Pustaka Taman Ilmu.

Drs. Robinson Tarigan, M. R. . (2018). Ekonomi Regional Teori Dan Aplikasi (9th ed.). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Fatihudin, D. (2015). Metodologi penelitian Untuk Ilmu Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi. Sidoarjo: Zifatama Publisher.

Fernando, Y. (2016). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Kaki Lima (Studi Kasus Di Pasar Besar Kota Malang. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya.

Hanum, N. (2017). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Kaki Lima di Kota Kuala Simpang. Jurnal Samudra Ekonomika, 1(1), 72–86.

Huda, N., & Ismawardi, D. (2020). Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Pasar Terubuk Kabupaten Bengkalis. Jurnal Syariah Dan Ekonomi Islam, 1(2), 85–99.

Husaini, A. F. (2017). Pengaruh Modal Kerja , Lama Usaha , Jam Kerja dan Lokasi Usaha terhadap Pendapatan Monza di Pasar Simalingkar Medan. 6(September), 111–120.

Irawan, H., & Ayuningsasi, A. . K. (2017). Analisis Variabel Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Di Pasar Kreneng Kecamatan Denpasar. E-Jurnal EP Unud, 6(10), 1952–1982.

Juliarti, I. . (2015). Analisis Efektivitas Revitalisasi Pasar Tradisional dan Dampaknya Terhadap Pengelolaan Pasar, Jumlah Pengunjung, dan Pendapatan Pedagang. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Udayana, 5(1), 142–143.

Karmin, J. F., Koleangan, R. A. ., & Naukoko, A. T. (2020). Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Pendapatan Pedagang Di Pasar Bersehati Di Kota Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 20(104–113).

Kase, M. S. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan pedagang pada pasar tradisional kasih naikoten 1 kota kupang. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 5(3), 68–76.

KBBI. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia Online. https://kbbi.web.id/

Kuncoro, M. (2011). metode Kuantitatif teori dan aplikasi untuk bisnis dan ekonomi. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Lestari, N. P., & Widodo, S. (2021). Pengaruh Modal Usaha, Lama Usaha, dan Jam Kerja Terhadap Pendapatan Pedagang Pasar Tradisional Manukan Kulon Surabaya. Economie, 3(1), 8–19.

Ma’arif, S. (2013). Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Pasar Bandarjo Ungaran Kabupaten Semarang. Economics Development Analysis Journal, 2(2).

Mankiw, N. G. (2018). Pegantar Ekonomi Mikro (7th ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Mashudi MS, P. D. D., Taufiq, MM, D. ., & Priana, MT, D. W. (2017). Pengantar Teori Ekonomi. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Mulyadi, S. (2014). Ekonomi Sumber Daya Manusia Dalam Perspektif Pembangunan Ed. Revisi 5 (5th ed.). Jakarta: Rajawali Pers.

Murni, A., & Amaliawati, L. (2012). Ekonomika Mikro. Bandung: PT.Refika Aditama.

Nainggolan, L. E., Purba, B., Nainggolan, E. S. P., Simamata, A. H. H. M. P., & Damanik, D. (2021). Ekonomi Sumber Daya Manusia. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Provinsi Kalimantan Timur. 2014. Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2014 tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan, dan Toko Modern. Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Kalimantan Timur.

Praditasari, U. (2018). Analisis Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang di PAsar Sidodadi (Kleco). Jurnal Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Prihatminingtyas, B. (2019). Pengaruh Modal, Lama Usaha, Jam Kerja, Dan Lokasi Usaha Terhadap Pendapatan Pedagang Di Pasar. 7(4), 147–154.

Putri, N. M. D. M., & Jember, I. M. (2016). Pengaruh Modal Sendiri dan Lokasi Usaha Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Tabanan (Modal Pinjaman sebagai Variabel Intervening). Jurnal Ekonomi Kuantitatif Terapan, 9(2), 142–150.

Ratnasari, W. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Kain Pasar Sanggam Adji Diayas Tanjung Redeb. 3(1).

Rochaety, E., Tresnati, R., & Latief, A. M. (2019). Metodologi penelitian bisnis dengan aplikasi SPSS. In Jakarta: Mitra Wacana Media. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Rosyidi, S. (2012). Pengantar Teori Ekonomi : Pendekatan Teori Ekonomi Mikro dan Makro (Edisi Revi). Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada.

Rusmijati. (2017). Teori Ekonomi Mikro I. Yogyakarta: Graha Cendekia.

Safri, H. (2018). Pengantar ilmu ekonomi (Cetakan 1). Lembaga Peneribit Kampus IAIN Palopo.

Samsu. (2017). Metode Penelitian: Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif,Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development. Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA).

Saragih, N., Edison, & Yanita, M. (2020). Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Sayuran Di Pasar Induk Angso Duo Baru Kota Jambi. Journal of Agribusiness and Local Wisdom (JALOW), 3(2), 2621–1297. https://doi.org/2621-1300

Sjafrizal. (2018). Analisis Ekonomi Regional dan Penerapannya di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudaryono, D. (2015). Pengantar Bisnis : Teori dan Contoh Kasus. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Sudrajat, A. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Muslim : Studi Pada Pedagang Sayuran Di Pasar Jagasatru Cirebon. 8(1), 107–134.

Sugiharsono, & Wahyuni, D. (2019). Dasar - Dasar Ekonomi (edisi 1). Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suharno. (2013). Introduction To Business. Samarinda: Kaltim Post Group.

Sujarweni, V. W. (2020). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Sukirno, S. (2013). Mikro Ekonomi : Teori Pengantar (Edisi Ketiga). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sukirno, S. (2015). Makro Ekonomi : Teori Pengantar (edisi ke 3). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Surahman, Rachmat, M., & Supardi, S. (2016). Metodologi Penelitian. Pusdik SDM Kesehatan.

Widyatama, D. F. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Sembako di Pasar Besar Kota Malang. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya.

Wulan, S., & Susanto, F. (2013). Hubungan Persepsi Konsumen Tentang Lokasi Usaha Dengan Keputusan Pembelian Pada UD.Sinar Fajar Cabang Antasari Di Bandar Lampung. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 109–125.

Yasmita, I. G. A. L. (2020). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Di Pasar Gulingan Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung. Jurnal Ganecswara, 15(1), 1019–1025.

Yuniarti, P. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Di Pasar Tradisional Cinere Depok. Widya Cipta - Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 3(1), 165–170.

Published

2023-06-22

Issue

Section

Articles