Pengaruh diferensiasi produk dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran pada industri kerajinan kecil rotan
DOI:
https://doi.org/10.30872/jfor.v25i2.12953Keywords:
Diferensiasi produk, inovasi produk, kinerja pemasaranAbstract
Penelitian ini dilakukan pada usaha pengrajin rotan bapak Dani di kota Sampit, Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh deferensiasi produk dan inovasi produk yang dilakukan pengrajin rotan bapak Deni dalam menunjang kinerja pemasaran dalam usahanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara terstruktur dan wawancara tidak berstruktur pada informan, sedangkan teknik analisa dalam penelitian ini adalah analisa deskriptif kualitatif. Untuk pembuktian validitas hasil wawancara dilakukan berdasarkan sumber berupa dokumentasi. Dari hasil penelitian peranan deferensiasi produk yang dilakukan oleh pengrajin pak dani masih kurang efektif dalam meningkat kinerja pemasaran. Penyebabnya adalah Produk Bapak Dani hampir sama dengan produsen rotan lainnya danhasil produksi Bapak Dani tidak memiliki ciri khas tertentu, namun produknya memiliki ketahanan yang cukup lama, memiliki tingkat kerapian yang baik dan dikerjakan oleh tenaga ahli yang sudah berpengalaman dalam bidangnya. Sedangkan dari hasil penelitian peranan Inovasi produk rotan pak Dani juga masih kurang efektif dalam menunjang pemasaran produk, penyebabnya adalah Bapak Dani belum memiliki inovasi produk baru karena hanya mampu menerima pesanan dari konsumen dan belum memiliki ide baru dalam pembuatan produknya.
References
Desiyanti, R. (2018). Pengaruh Pemasaran Produk, Keuangan Usaha Dan Dukungan Pemerintah Terhadap Keberhasilan Pengembangan Industri Kecil Rotan Di Kota Padang. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 2(3), 193–202. https://doi.org/10.31846/jae.v2i3.115
Elwisam, E., & Lestari, R. (2019). Penerapan Strategi Pemasaran, Inovasi Produk Kreatif Dan Orientasi Pasar Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran Umkm. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(2), 277–286. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i2.265
Fauziah, Y. N. (2018). Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran melalui Keunggulan Bersaing sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 8(2), 1–16.
Foris, P., & Mustamu, R. (2015). Analisis Strategi pada Perusahaan Plastik dengan Porter Five Forces. Agora, 3(1), 736–741.
Harini, S., Silaningsih, E., & Putri, M. E. (2022). Pengaruh orientasi pasar, kreativitas dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran UMKM. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 6(1), 67. https://doi.org/10.33603/jibm.v6i1.6040
Hayati, I. (2014). PEMBELAJARAN ORANG DEWASA DI KABUPATEN PASAMAN BARAT (KASUS KETERAMPILAN MEMBUAT POLONGAN DI CV TULEH JAYA). SPEKTRUM PLS, 12–26.
Nasir, A. (2017). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Industri Mebel Di Kabupaten Pasuruan. Referensi : Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 5(1), 20. https://doi.org/10.33366/ref.v5i1.559
Norjani, N. (2020). Kualitas terbaik dunia, rotan Sampit diincar di luar negeri. ANTARAKALTENG.
Novita, M. (2022). PENGARUH INOVASI PRODUK, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA USAHA KERAJINAN ROTAN (Studi Kasus Usaha Rotan Ibu Emi di Kecamatan Rumbai). 8.5.2017, 2003–2005.
Rangotwat, A. A. (2017). PENGARUH KEMAMPUAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN : PERAN DIFERENSIASI PRODUK ( Studi pada Industri Pangan Lokal Enbal di Kabupaten Maluku Tenggara ). 1(2).
Setyawati, H. A. (2018). Daya Tarik Produk Indigeounous Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran. Monex: Journal Research Accounting …, 7, 1–4. http://www.ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/monex/article/view/761
Siswoyo, H. (2016). Perajin Rotan Sampit di Ujung Waktu. Viva.Co.Id. https://www.viva.co.id/berita/nasional/774759-perajin-rotan-sampit-di-ujung-waktu?page=all
Suendro, G. (2010). ANALISIS PENGARUH INOVASI PRODUK MELALUI KINERJA PEMASARAN UNTUK MENCAPAI KEUNGGULAN BERSAING BERKELANJUTAN (Studi kasus pada Industri Kecil dan Menengah Batik Pekalongan). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, IX(2), 230–243.
Tehuayo, E. (2021). Pengaruh Diferensiasi Produk, Inovasi Produk, dan Iklan terhadap Loyalitas Konsumen Shampo Sunsilk di Kota Ambon. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 2(2), 69–88. https://doi.org/10.47747/jnmpsdm.v2i2.277
Tika, M. (2013). Rotan.
Tomi, V. A., Suroso, I., & Subagio, N. A. (2008). Pengaruh Diferensiasi , Variasi , dan Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Keunggulan Bersaing Pada Produk Edamame PT . Mitratani 27 Jember The Influence of Differentiation , Variety , and Product Innovation to Customer Jember. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi.
Wulandari, E., & Murniawaty, I. (2019). Peningkatan Keunggulan Bersaing Melalui Diferensiasi Produk Dan Diferensiasi Citra Serta Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran Ikm Kopi Di Kabupaten Temanggung. Jurnal Manajemen Pemasaran, 13(2), 69–77. https://doi.org/10.9744/pemasaran.13.2.69-77
Yohanes, C. H., & Indriyani, R. (2013). Peranan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Batik Tanjung Bumi Ibu Haji Masudi. Agora, 1(1), 1–12.
Yustinus Usfinit, A. suprojo,Dody setyawan. (2014). Perspektif Partisipasi Politik Masyarakat Pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Malang. Perspektif Partisipasi Politik Masyarakat Pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada)Kota Malang, Vol. 3, No(1), 1–8. www.publikasi.unitri.ac.id
Downloads
Published
Issue
Section
License
FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
pISSN: 1411-1713 eISSN: 2528-150X
is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License