Meningkatkan keputusan pembelian produk kosmetik melalui kepercayaan merek, kualitas produk, dan label halal

Muinah Fadhilah, Putri Dwi Cahyani, Titik Nurjanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variabel Kepercayaan Merek, Kualitas Produk, dan Label Halal terhadap Keputusan Pembelian. Populasi yang diambil dalam penelitian ini yaitu konsumen Wardah yang berlokasi di Kota Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dengan memberikan kuesioner sebanyak 119 responden yang diukur menggunakan skala likert. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Kepercayaan Merek tidak berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian produk kosmetik wardah, 2) Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian produk kosmetik Wardah, 3) Label Halal tidak berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian produk kosmetik Wardah, 4) Kepercayaan Merek, Kualitas Produk, dan Label Halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian produk kosmetik Wardah.


Keywords


Kepercayaan merek; kualitas produk; label halal; keputusan pembelian

References


Ahidin, Udin, Juhaedi, Kasmad, and Nofi Nurfianti. 2019. “Analysis of Decisions for Purchasing Imported Products in Mie Samyang through Halal Labels and Prices (Empirical Study in Indomaret Customers in the City of Bogor).” International Journal of Innovative Science and Research Technology 4 (10): 647–55.

Albab Al Umar, Ahmad Ulil, Muammar Taufiqi Lutfi Mustofa, Dessy Fitria, Alfia Miftakhul Jannah, and Yusvita Nena Arinta. 2021. “Pengaruh Label Halal Dan Tanggal Kadaluarsa Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sidomuncul.” Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah) 4 (1): 641–47. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.348.

Alvatwa, Nurul Ikbal, Muinah Fadilah, and Putri Dwi Cahyani. 2021. “Citra Merk, Fitur Dan Kualitas Produk Dalam Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi.” Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah) 4 (2): 816–25. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i2.392.

Amron, Amron. 2018. “The Influence of Brand Image, Brand Trust, Product Quality, and Price on the Consumer’s Buying Decision of MPV Cars.” European Scientific Journal, ESJ 14 (13): 228. https://doi.org/10.19044/esj.2018.v14n13p228.

Budianto, Apri. 2015. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Ombak.

Desty Wulandari, Rizky(s), and Donant(s) Alananto Iskandar. 2018. “Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kosmetik.” Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT 3 (1): 11–18.

Dewi, Gendhis Haningkas Tinika, and Fitriani Fitriani. 2021. “Pengaruh Advertising, Brand Awareness Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Merek Make Over (Studi Pada Mahasiswa FEB UM Metro)” 1 (3): 6.

Fadhilah, Muinah, Agus Dwi Cahya, and Candra Melania. 2022. “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Lokasi Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dengan Word of Mouth Sebagai Variabel Moderasi” 3 (3): 607–17. https://doi.org/10.29264/jfor.v24i3.11336.

Fauziyah, Suci. 2016. “Pengaruh Brand Trust Dan Brand Equity Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Produk Kosmetik Wardah (Survey Konsumen Pada PT. Paragon Technology And Innovation Cabang Pekanbaru)” 7 (9): 27–44.

Fitriana, Fitriana, Yandri Sudodo, and Lukamnul Hakim. 2019. “PENGARUH GAYA HIDUP, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK ORIFLAME ( Studi Kasus Pada Konsumen Oriflame Di Kabupaten Sumbawa )” 2 (1).

Hair, Hair, F. J, C. W, and R.E. Anderson. 2010. Multivariate Data Analysis (7th Ed). New Jersey : Pearson Prentice Hall.

Herviani, Vinny, Prasetyo Hadi, and Nobelson Nobelson. 2020. “Prosiding Biema” 1: 1351–63.

Ilham, Ari Iriawan, Sri Hartono, and Unang Toto Handiman. 2020. “The Influence of Product Quality, Price and Brand Image On Customer Satisfaction Through Purchasing Decisions (Case: Hansaplast Koyo in Tangerang).” Www.Ijbmm.Com International Journal of Business Marketing and Management 5 (2): 2456–4559. www.ijbmm.com.

Islahiha, Nur Azmil, Ahmad Mulyadi, and Santi Lisnawati. 2023. “Pengaruh Label Halal , Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pasta Gigi Herbal HNI-HPAI : Studi Kasus Mahasiswa Universitas Ibn Khaldun Bogor” 4 (3): 691–706.

Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Manajemen.

Kuhu, Triva Tantri, Altje L. Tumbel, and Rudy S. Wenas. 2019. “Pengaruh Viral Marketing, Celebrity Endorser, Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Di Sang Pisang Manado.” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 7 (3): 2801–10.

Kurnianingsih, Wiwi, and Sugiyanto. 2019. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Nestle Indonesia,” 510–24.

Laila, Eky Jumrotul, and Tri Sudarwanto. 2018. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jilbab Rabbani Di Butik QTA Ponorogo” 06: 1–9.

Latte, Jumai, Nina Nasrida, and Muslimah. 2020. “Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Kalimantan” 2 (1): 58–70.

Lee, Novi Claodya, and Anik Lestari Anjarwati. 2017. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian Teh Botol Sosro Kemasan Pet 450 Ml (Studi Pada Pengunjung Minimarket Di Surabaya Selatan)” 5: 1–11.

Maharani, Adinda, Muhammad Kholil Nawawi, and Santi Lisnawati. 2023. “Pengaruh Sertifikasi Halal Dan Pengetahuan Produk Makanan Terhadap Perilaku Konsumsi Pada Pengikut Autobase Bogor Menfess Adinda” 4 (2): 430–45.

Mahendra, Hamdan Ananta Ihza, and Kartika Anggraeni Sudiono Putri. 2022. “Peran Endorser Selebriti, Citra Merek, Dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pakaian Erigo (Studi Pada Mahasiswa Di Kota Malang).” Journal of Business & Applied Management 15 (1): 019. https://doi.org/10.30813/jbam.v15i1.3318.

Meilano, Yolan, and Rahmat Hidayat. 2020. “Analisis Pengaruh Customer Engagement Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skind Aesthetic Analysis of the Effect of Customer Engagement and Brand Trust on Purchase Decisions on Skind Aesthetic Products.” E-Proceeding of Applied Science 6 (2): 886–93.

Muliasari, Dewi. 2019. “THE EFFECT OF PRODUCT PRICE AND PRODUCT QUALITY ON PURCHASING DECISIONS FOR SAMSUNG BRAND HANDPHONES AMONG STIE AAS SURAKARTA STUDENTS” 2019 (4): 501–6.

Muryati, and Ade Jermawinsyah Zebua. 2021. “Analisis Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah” 21 (2): 748–53. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i2.1536.

Nurhadi, Ahmad. 2020. “PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. DINAMIK SENTOSA DI JAKARTA” 4 (3): 36–43.

Nurhasanah, Febrina Mahliza, Lucky Nugroho, and Yananto Mihadi Putra. 2021. “The Effect of E-WOM, Brand Trust, and Brand Ambassador on Purchase Decisions at Tokopedia Online Shopping Site.” IOP Conference Series: Materials Science and Engineering 1071 (1): 012017. https://doi.org/10.1088/1757-899x/1071/1/012017.

Pangastuti, Jasinta, Sudjiono Sudjiono, and Eni Prastiti. 2019. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Pada Counter Wardah Di Borobudur Kediri.” JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi 2 (1): 69. https://doi.org/10.30737/jimek.v2i1.424.

Prasetyo, Arief, Muinah Fadhilah, and Putri Dwi Cahyani. 2021. “Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Pelayanan, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Konsumen Produk Dazzle Di Yogyakarta).” Jurnal Manajemen Diversifikasi 1 (4): 730–40.

Puspita, Rahmilla Chairani, and Sri Suryoko. 2018. “Pengaruh Iklan, Harga, Dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Revlon” 7 (2001): 19–24.

Puspitasari, Ratih Hesti Utami. 2019. “ANALISIS PENGARUH KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA” 2 (1): 68–77.

Rakhi, Hayet. 2019. “Analisis Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik: Studi Kasus Kota Pontianak.” ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam 10 (1): 21–38. https://doi.org/10.32678/ijei.v10i1.119.

Rasyid, Reizano Amri, and Denis Fidita Karya. 2021. “PERAN CONSUMTIVE LIFESTYLE , BEAUTY VLOGGER , BRAND IMAGE , BRAND TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK KOREA ( INNISFREE ) DI SURABAYA,” 269–82.

Rosa Indah, Dewi, Iza Afalia, and Zenitha Maulida. 2020. “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand and Body Lotion Vaseline (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Samudra).” Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis 11 (1): 83–94. https://doi.org/10.33059/jseb.v11i1.1983.

Rozjiqin, M. Fahrul, and Ahmad Ajib Ridlwan. 2022. “Pengaruh Label Halal, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Starbucks.” JEBA (Journal of Economics and Business Aseanomics) 7 (1). https://doi.org/10.33476/jeba.v7i1.2419.

Sandala, Dicki, James D.D Massie, and Willem J.F.A. Tumbuan. 2019. “Pengaruh Viral Marketing, Food Quality Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mom Milk Manado.” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 7 (3): 2721–30.

Santoso, Rudi, Martinus Sony Erstiawan, and Angen Yudho Kisworo. 2020. “Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis Inovasi Produk , Kreatifitas Iklan , Efekvifitas Iklan , Dan Brand Trust Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis” 5 (2): 133–45.

Sitompul, Saleh. 2021. “Pengaruh Pengetahuan Label Halal Dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Rekomendasi Kelompok Sebagai Variabel Moderating” 7 (1): 50–64.

Sunyoto, Danang. 2014. Praktik Riset Perilaku Konsumen. Edited by Sugeng Sugeng, Tri Admojo, Rahma Setyaningrum, and Tezgirl Tezgirl. jakarta: Center of Academics Publishing Service.

Suprapto, Rifqi, and Zaky Wahyuddin Azizi. 2020. “Pengaruh Kemasan, Label Halal, Label Izin P-IRT Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen UMKM Kerupuk Ikan” 3 (2): 125–33.

Suryani, Siti, and Sylvia Sari Rosalina. 2019. “Pengaruh Brand Image, Brand Trust, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Moderating (Studi Pada Startup Business Unicorn Indonesia).” Journal of Business Studies 04 (1): 49.

Susanti, Era, Sari Nilam, and Amri Khairul. 2018. “Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Kemasan ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam ).” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Syariah Volume 2,: 44–50.

Thousani, Hifzhan Frima, Aminudin Aziz, and Eva Mirza Syafitri. 2021. “PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK (Study Kasus Pada Mahasiswa IAIN Salatiga).” Eqien: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 8 (2): 86–92. https://doi.org/10.34308/eqien.v8i2.218.

Wadi, Muh Hasban, Muinah Fadhilah, and Lusia Tria Hatmanti Hutami. 2021. “Analisis Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Specs (Studi Kasus Pada Konsumen Sepatu Specs Di Kota Lombok Timur).” J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains) 6 (1): 172. https://doi.org/10.33087/jmas.v6i1.223.




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v25i2.12628

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Muinah Fadhilah, Putri Dwi Cahyani, Titik Nurjanah


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi