Strategi penetapan harga, diferensiasi dan diversifikasi produk dalam membangun keunggulan bersaing UMKM
DOI:
https://doi.org/10.30872/jfor.v25i2.12492Keywords:
Keunggulan bersaing, strategi diferensiasi produk, strategi diversifikasi produk, strategi penetapan hargaAbstract
Tingginya permintaan dupa di Provinsi Bali telah mendorong lahirnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Produsen Dupa di provinsi tersebut sehingga persaingan usaha menjadi semakin ketat. Beberapa strategi yang diterapkan perusahaan, yaitu strategi penetapan harga, strategi diferensiasi, dan diversifikasi produk dengan menciptakan produk unik dan berbeda. Penelitian ini menggunakan jenis field research, pendekatan kualitatif, sumber data primer dan sekunder, metode observasi dan wawancara, kemudian data diuji keabsahannya dengan metode triangulasi. Objek penelitian ini adalah CV Saraswati 108 yang berada di Kabupaten Jembrana Provinsi Bali. Setelah data-data terkumpul dan dianalisis, diperoleh temuan bahwa strategi penetapan harga, strategi diferensiasi produk, dan strategi diversifikasi produk berpengaruh terhadap keunggulan bersaing perusahaan. Faktor lain yang diterapkan perusahaan adalah responsif, adaptif, service excelent, dan up to date.
References
Daft, R. L. (2010). Era Baru Manajemen Buku 2 Edisi 9. Diterjemahkan oleh Tita Maria Kanita, Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Bali. (2019). Rekapitulasi Data Koperasi Data Posisi Per : Desember 2019. https://diskopukm.baliprov. go.id/wp-content/uploads/2021/04/Data-Koperasi-Des-2019-ttd.pdf
Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Bali. (2020). Rekapitulasi data koperasi data posisi per Desember 2020. https://diskopukm.baliprov.go. id/wp-content/uploads/2021/04/DATA-KOPERASI-2020.pdf
Hariadi, B. (2005). Manajemen memenangkan perang bisnis. Malang: Bayumedia Publising.
Jauhari, I. (2020). Pengaruh Diferensiasi Produk, Ekuitas Merek Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Elektronik Korea Selatan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 25(3), 226-237.
Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. “Perkembangan data usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) dan usaha besar (UB) tahun 2018-2019.” Diakses 6 Desember 2021. https://www. kemenkopukm.go.id/uploads/laporan/1617162002_ SANDINGAN_DATA_UMKM_2018-2019.pdf
Kotler, P. (1997). Manajemen pemasaran: analisis, perencanaan, implementasi, dan kontrol. Jakarta: Prenhallindo.
Kotler, P. & Gary A. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran. edisi12. jilid 1. Erlangga
Kotler, P. & Kevin, L. K. (2003). Manajemen pemasaran, jilid 3, edisi 12. PT. Indeks Gramedia.
Kotler, P., & Kevin, L. K. (2009). Manajemen Pemasaran. edisi 13 Jakarta.
Mulyana, M. (2019). Inisiasi VI Strategi Penetapan Harga. Materi Tutorial Online Ekma, 4216, 43-51.
Nijman, J. (1997). Strategi pemasaran modern. Erlangga.
Porter, M. E. (2007). Strategi Bersaing (competitive strategy). Tangerang: Kharisma Publishing Group.
Pramana, M. A., & Mahyuni, L. P. (2021). MEMBEDAH KUNCI SUKSES PENGEMBANGAN BUDAYA KREATIF DAN INOVATIF PERUSAHAAN START-UP. MEDIA BINA ILMIAH, 15(10), 5557-5566.
Rizhaldi, A., & Mahyuni, L. P. (2021). Menavigasi Bisnis UMKM Pada Masa Pandemi Covid-19. E Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 10(7), 590-601.
Saiman, L. (2009). Kewirausahaan: Teori, praktik, dan kasus-kasus. Jakarta: Salemba Empat.
Saputra, I. P. A., & Mahyuni, L. P. (2018). Pengaruh struktur kepemilikan dan kinerja lingkungan terhadap nilai perusahaan. Jurnal Manajemen Bisnis, 15(3), 64-81.
Setiawan, I. W. A., & Mahyuni, L. P. (2020). QRIS Di Mata UMKM: Eksplorasi Persepsi Dan Intensi UMKM Menggunakan QRIS. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 10(9), 921-946.
Sinarti, S., & Darmajati, J. (2019). Pengaruh Leverage, Diversifikasi Produk dan Ukuran Perusahaan terhadap Profitabilitas. Journal of Applied Managerial Accounting, 3(1), 96-106.
Sunyoto, D. (2014). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran CAPS (Center Of Academek Publishing Service.
Supranoto, M. (2009). Strategi menciptakan keunggulan Bersaing produk melalui orientasi pasar, Inovasi, dan orientasi kewirausahaan Dalam rangka meningkatkan kinerja Pemasaran (Studi empiris pada: Industri Pakaian Jadi Skala Kecil dan Menengah di kota Semarang) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS DIPONEGORO).
Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran Edisi 3. Yogyakarta: Andi.
Veithzal, R. H., & Veithzal, A. P. (2008). Islamic Financial Management: Teori, Konsep, dan Aplikasi Panduan Praktis untuk Lembaga Keuangan, Nasabah, Praktisi, dan Mahasiswa. PT RajaGrafindo Persada.
Wiharto, B. (2019). Manajemen pemasaran. CV. Dwicitra Grafindo.
Winarta, I. M. S. P., Dewi, N. K. R., Putra, K. B. A., & Mahyuni, L. P. (2022). Pendampingan Pengembangan Usaha UMKM Bakso Pada Masa Pandemi. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(4), 1117-1127.
Downloads
Published
Issue
Section
License
FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
pISSN: 1411-1713 eISSN: 2528-150X
is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License