Keputusan pembelian produk herbal berdasarkan inovasi produk, kualitas produk dan brand image

Hendi Eka Sumarga, Aldy Permana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Produk, dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Herbal HNI HPAI Stokis Asgar Muda di Tokopedia. Sampel penelitian ini adalah 55 responden pelanggan Stokis Asgar Muda di Tokopedia dari populasi 120 pelanggan. Metode yang digunakan adalah metode kuantitaif. Pengumpulan data primer diperoleh dari penyebaran kuesioner dan data sekunder diperoleh dari perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel Inovasi Produk (X1) berpengaruh secara positif tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Hal ini ditunjukkan dengan thitung < ttabel yakni 1,162 <  2.884, dgn nilai signifikansi 0,251 >  0,1. Kualitas Produk (X2) berpengaruh secara positif signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Hal ini ditunjukkan dengan thitung > ttabel yakni 3,758 > 2,884 dan nilai signifikan regresi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,1. Brand Image (X3) berpengaruh secara positif tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Hal ini ditunjukan dengan thitung < ttabel yakni -0,047 <  2,884 dan nilai signifikan regresi sebesar 0,962 lebih besar dari 0,1.  Koefisien determinasi sebesar 74,7% yang sisanya dipengaruhi oleh faktor yang tidak diteliti.


Keywords


Inovasi produk; kualitas produk; brand image; keputusan pembelian

References


Achmad, Buchori., Djaslim Saladin. (2010). Manajemen Pemasaran (Edisi Pertama). Bandung. CV. Linda Karya

Amelia Almira dan JE Susanto (2018) Pengaruh Inovasi Produk dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Maison Nob. Jurnal Performa E-ISSN :25274635

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Basu Swastha. 2008. Menejemen Pemasaran Modern. (edisi 2), yogyakarta : Penerbit Liberty-Yogyakarta

Bayu Rizki Moputi, Wawan K. Tolinggi, dan Yuriko Boekoesoe (2017) Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian pada UKM Flamboyan di Kota Gorontalo. Jurnal Ilmiah Agribisnis P-ISSN : 2597-7075 E-ISSN : 2541-6847

Dery Bagus Canda Andiantika dan Asminah Rahmi, (2017). Pengaruh Inovasi Produk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Olivia Cake and Bakery Mojokerto. Jurnal Aplikasi Bisnis Vol.3 No.1

Fayol, Henri. (2013). General Industrial Management. United States of America : Cengage Learning.

Hurriyati, Ratih. (2010). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: ALFABETHA.

Ihda La Aleiyya, Handoko Joko Waluyo, dan Widayanto, (2014), Pengaruh Inovasi Produk Baru, Citra Merek, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian PC Tablet Apple iPad (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pengguna iPad di FISIP UNDIP Semarang). Diponegoro Journal of Social and Politic Hal. 1-8

Indriyo Gitosudarmo, Manajemen Pemasaran, (Yogyakarta: BPFE, 2014), 104.

Kotler, Keller. (2016). Marketing Management. 15e, Boston, Pearson Education.

Kotler, Philip and Gary Amstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi13. Jilid 1. Jakarta:Erlangga

Rosdiana, dkk (2020). Analisis Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan Grand Livina Pada PT. Wahana Wirawan Manado. Jurnal EMBA ISSN 2303-1174

Sofjan Assauri, Manajemen Pemasaran Dasar,Konsep, dan Strategi, (Jakarta: Rajawali Pers,2018), 153.

Stella Alvianna (2017). Analisis Pengaruh Harga, Produk, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Taman Wisata Air Wendit Kabupaten Malang. Program Diploma Kepariwisataan Universitas Merdeka Malang Jl. Bandung No. 1 Malang ISSN (print) : 1410 – 7252 ISSN (electronic): 2541 – 5859 Vol. 2 No. 01

Sudaryono. (2016) Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D (Cetakan Ke-23). Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RD. Bandung: Alfabeta

Sutomo, (2012), Serba-Serbi Manajemen Bisnis, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Titik Efnita (2017). Effect Of Variation Of Products, The Service Quality, Price And Location On Custome Satisfaction Wedding Organizer. Universitas Putera Batam, Batam, Indonesia. Jurnal AdBispreneur Vol. 2, No. 2, Agustus 2017 Hal. 107-115

Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran : Prinsip dan Penerapan (1 ed.). Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius, Chandra. (2017). Pemasaran Strategik. Edisi ke-3. Yogyakarta: Andi (Anggota IKAPI)

Warasto (2018) Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian – Jurnal Semarak No. ISSN (Print) 2615-6849 (Online) 2622-3686




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v25i1.12462

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Hendi Eka Sumarga, Aldy Permana


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi