Usaha perkebunan dan pengembangan produksi kelapa sawit di kecamatan busang Kabupaten Kutai Timur

Jiuhardi Jiuhardi, Adi Wijaya, Nurjanana Nurjanana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah budidaya kelapa sawit di Kecamatan Busang, Kabupaten Kutai Timur mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian berupa data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa budidaya kelapa sawit di Kecamatan Busang sangat menguntungkan dan dapat dijadikan pengembangan produksi sendiri oleh masyarakatnya dari bahan mentahnya. Secara keseluruhan dengan budidaya kelapa sawit memberikan dampak positif pada masyarakat seperti pembangunan desa, menciptakan lapangan pekerjaan dan meningkatkan pendapatan masyarakat. Jika melihat dari produktivitas dan pendapatan dari budidaya kelapa sawit, masyarakat di Kabupaten Busang dlkatakan sudah dapat hidup berkecukupan dari penghasilan berbudidaya kelapa sawit.


Keywords


Budidaya; kelapa sawit; hasil produksi; kesejahteraan

References


Balai Penelitian Perkebunan. 1988. Budidaya Tanaman Perkebunan Umum Kelapa Sawit. Fakültas Pertanian. Universitas Sumatra Utara. Medan. Daniel, M. 2002. Pengantar ekonomi pertanian. Bumi Aksara, Jakarta. Fauzi, Y., Y.E. Widiyastuti, ı. Satyawibawa & R.H., Paeru. 2003. Budidaya Pemanfaatan Hasil dan Limbah, Analisis Usaha dan Pemasaran Kelapa Sawit. Penebar Swadaya, Jakarta Mubyarto. 1989. Masalah dan Prospek Agribisnis Komoditi Perkebunan. UGMPress, Yogyakarta.

Pracoyo. 2006. Aspek dasar ekonomi mikro. Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta.

Risza, S. 1994. Kelapa Sawit, Upaya Peningkatan. Kanisius, Yogyakarta. Sugiyono. 2003. Statistik Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v25i1.12443

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Jiuhardi Jiuhardi


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi