Strategi pemanfaatan media komunikasi digital instagram

Authors

  • Anggie Juliana Fajarwati Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Heidy Ariviani Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.30872/jfor.v25i1.12333

Keywords:

Digital marketing, Instagram, strategi komunikasi

Abstract

Meningkatnya pengguna internet memiliki dampak langsung terhadap kenaikan jumlah pengguna media sosial di Indonesia. Kenaikan ini turut berdampak pada jumlah masyarakat Indonesia yang menggunakan instagram sehingga perlu bagi pengusaha atau pebisnis untuk mulai mempertimbangkan komunikasi pemasaran digital sebagai senjata utama memenangkan persaingan. Lapis Kukus Surabaya sebagai salah satu merek oleh-oleh ternama di Surabaya menyadari akan hal tersebut sehingga mulai mengimplementasikan komunikasi pemasaran digital dalam aktifitas pemasarannya dengan menggunakan media akun instagramnya yakni @pesonaoleholeh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memaparkan tentang strategi komunikasi pemasaran digital yang digunakan Lapis Kukus Surabaya pada akun instagramnya @pesonaoleholeh. Data primer diambil dari in-depth interview dengan segenap karyawan dan pemilik outlet Lapis Kukus Surabaya cabang Mulyosari & Margorejo. Hasil interpretasi dikaji dengan konteks teoritis 4C yang didapatkan dari studi literatur untuk kemudian diproses dalam proses perumusan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lapis Kukus Surabaya Cabang Mulyosari dan Margorejo telah melakukan perencanaan dan evaluasi untuk mengembangkan pemasaran digital dengan media akun instagramnya @pesonaoleholeh.

References

Abidin, Yusuf Zainal. 2015. Manajemen Komunikasi Filosofi, Konsep, dan Aplikasi.Bandung :

CV Pustaka Setia.

Ahmadi, Rulam. 2014. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Atmoko, Bambang Dwi. 2012. Instagram Handbook. Jakarta: Media Kita.

Baihaki, Imam. (2012). 54 Persen Brand Ternama Dunia Kini Gunakan Instagram Sebagai

Sarana Marketing.Diakses dari http://www.beritateknologi.

Hamidi. 2004. Metode Penelitian Kualitatif: Aplikasi Praktis Pembuatan Proposal dan Laporan

Penelitian. Malang: UMM Press.

Joseph, Thomas. 2011. Apps - The Spirit of Digital Marketing 3.0. Jakarta: Elex Media

Komputindo.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2008.Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Penerbit Erlangga.

Jakarta.

Mardalis (1999). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal.Jakarta : Bumi Aksara.

Miles, Matthew B dan Huberman, Michael, penerjemah Rohidi, Tjetjep Rohendi.1992. Analisis

Data Kualitatif.Cetakan 1. Jakarta: UI Press.

Moleong, Lexy J. (2012).Metedologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nasrullah, Rulli. 2015. MEDIA SOSIAL: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Reza, Faisal. 2016. Jurnal Kajian Komunikasi (JKK), Vol.1, No.1, pp. 64-74.

(http://jurnal.unpad.ac.id).

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yasundari, Yasundari. 2017. Jurnal Kajian Komunikasi (JKK), Vol.5, No.1, pp. 208-218.

(http://jurnal.unpad.ac.id).

https://www.jurnal.id/id/mengenal-digital-marketing-konsep-dan-penerapannya/

https://id.linkedin.com/pulse/marketing-mix-mengapa-4ps-berubah-menjadi-4cs-hans-abirullah

https://www.domainesia.com/tips/5-fitur-instagram-terbaru-untuk-bisnis/

https://stekom.ac.id/artikel/tips-komunikasi-yang-baik-dengan-pelanggan

http://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/ugjournal/article/view/878/0

http://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/ugjournal/article/view/878/0

Published

2023-02-01

Issue

Section

Articles