Pengaruh brand image, brand trust dan brand ambassador terhadap keputusan pembelian produk smartphone
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah Brand Image, Brand Trust dan Brand Ambassador memiliki pengaruh terhadap Keputusan Pembelian produk smartphone Samsung.Penelitian ini mengambil sampel dari pengguna smartphone Samsung mid-end. Metode yang digunakan dalam penentuan sampel adalah nonprobability sampling dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner yang dibagikan secara online melalui google form. Jumlah data responden yang diolah sebanyak 120 orang yang didapatkan berdasarkan ketentuan rumus Hair yaitu indikator dikali 9. Data penelitian ini dianalisis menggunakan analisis linear berganda dan pengolahan ini dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 20. Hasil penelitian ini menunjuk bahwa variabel Brand Image (X1), variabel Brand Trust (X2) dan variabel Brand Ambassador (X3) berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y).
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Delgado‐Ballester, E., & Luis Munuera‐Alemán, J. (2005). Does brand trust matter to brand equity? Journal of Product & Brand Management, 14(3), 187–196. https://doi.org/10.1108/10610420510601058
Dharmawan, C., & Wardhana, A. (2021). PENGARUH BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ZANANA CHIPS. 17.
Dharmayana, I. M. A., & Rahanatha, G. B. (2018). PENGARUH BRAND EQUITY, BRAND TRUST, BRAND PREFERENCE, DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP NIAT MEMBELI KEMBALI. 6(4), 29.
Djatmiko, T., & Pradana, R. (2016). Brand Image and Product Price; Its Impact for Samsung Smartphone Purchasing Decision. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 219, 221–227. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.05.009
Greenwood-Lea, G. (2012). Fashion Marketing Communications E-book.
Hair. (2017). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). 390.
Hanaysha, J. R. (2018). An examination of the factors affecting consumer’s purchase decision in the Malaysian retail market. PSU Research Review, 2(1), 7–23. https://doi.org/10.1108/PRR-08-2017-0034
Hutt, M. D., & Speh, T. W. (2010). Business marketing management: B2B (10th ed). South-Western Cengage Learning.
Jurnalfakta. (2020, Februari 26). Arti dan Perbedaan Low-End, Mid-End, dan High-End pada Smartphone. jurnalfakta.com. https://jurnalfakta.com/arti-perbedaan-low-end-mid-end-dan-high-end/
Karim, A. (2019). Pengaruh Tagline Iklan Versi “Axis Hits Bonus” Dan Brand Ambassador Terhadap Brand Awareness Kartu Axis (Studi Pada Mahasiswa STIE Amkop Makassar). Movere Journal, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.53654/mv.v1i1.28
Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Principles of Marketing (12th ed.). Pearson Education Limited.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15 [edition]). Pearson.
Mamahit, P., Soegoto, A. S., & Tumbuan, W. A. (2015). PENGARUH BRAND IMAGE, BRAND TRUST, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL TOYOTA ALL NEW YARIS PADA PT. HASJRAT ABADI MANADO. 15(05), 11.
Osak, D. J., & Pasharibu, Y. (2020). E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 9.4 (2020):357-380. 24.
Pradana, D., Hudayah, S., & Rahmawati, R. (2018). Pengaruh harga kualitas produk dan citra merek BRAND IMAGE terhadap keputusan pembelian motor. KINERJA, 14(1), 16. https://doi.org/10.29264/jkin.v14i1.2445
Pratiwi, D., & Rachmi, A. (2020). Pengaruh Brand Image dan Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian Bedak Marcks.
Putra, M. I. (t.t.). PENGARUH BRAND AMBASSADOR TERHADAP BRAND IMAGE SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. 10.
Sagia, A., & Situmorang, S. H. (2018). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Personality Dan Korean Wave Terhadap Keputusan Pembelian Produk Nature Republic Aloe Vera. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, 5(2), 286–298. https://doi.org/10.31843/jmbi.v5i2.168
Schiffman, L., & Kanuk, L. (t.t.). Consumer Behavior (10th Edition). 2.
Sugiyono, prof. dr. (2016). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R&D. https://www.arjonline.org/papers/arjhss/v2-i1/23.pdf
Taruna W, A., Herlambang, T., & Zaini, H. (2018). PENGARUH BRAND TRUST, BRAND IMAGE DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN YAMAHA RX KING Studi Kasus Pada Komunitas King Motor Genteng (KMG).
Wang, F., & Hariandja, E. S. (2016). THE INFLUENCE OF BRAND AMBASSADOR ON BRAND IMAGE AND CONSUMER PURCHASING DECISION: A CASE OF TOUS LES JOURS IN INDONESIA. 16.
DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v25i1.12311
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Ambar Lukitaningsih, Putri Dwi Cahyani, Firti Lestari
Editorial Address
FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com
StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi