Kepuasan nasabah bank pada fasilitas sms banking, mobile banking dan internet banking
DOI:
https://doi.org/10.30872/jfor.v24i4.11943Keywords:
Kepuasan nasabah, sms banking, mobile banking, internet bankingAbstract
Pesatnya perkembangan teknologi saat ini menuntun masyarakat masuk ke dalam era kemajuan teknologi. Pemakaian computer, telepon pintar, penggunaan internet meluas menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Perbankan adalah sektor jasa keuangan yang pada saat ini juga telah menggunakan kemajuan teknologi untuk pengembangan layanan perbankannya. Layanan e-banking digunakan perbankan untuk memberikan kemudahan bagi seluruh nasabahnya. E-banking diartikan sebagai transaksi perbankan yang berbasis elektronik. Yang menjadi kategori dari layanan e-banking yaitu: layanan ATM, mesin EDC, SMS banking, phone banking, mobile banking, internet banking, serta video banking. Dengan kehadiran e- banking, khususnya internet banking, SMS banking dan mobile banking, semua menjadi lebih mudah dan praktis. Penelitian ini merupakan studi kasus disuatu bank swasta di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh fasilitas sms banking, mobile banking, internet banking terhadap kepuasan nasabah baik secara parsial ataupun secara simultan. Sampel dari penelitian ini adalah 100 orang nasabah bank swasta tersebut yang diambil secara acak. Dengan menggunakan analisa regresi logistik diperoleh hasil bahwa secara parsial fasilitas sms banking, internet banking berpengaruh terhadap kepuasan nasabah tetapi mobile banking tidak berpengaruh. Sedangkan secara simultan fasilitas sms banking, mobile banking dan internet banking secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan nasabah.References
Respati, H. (2008). Pengendalian Teknologi Informasi Bank Pada Era Cyber-banking. Jurnal Ekonomi Modernisasi volume 4 (3) ; 240-248
BCA. (2021, Juli 16). Gencar Lakukan Transformasi Digital, API BCA Tembus 1 Miliar Hit. Retrieved from bca.co.id: https://www.bca.co.id/id/tentang- bca/media-riset/pressroom/siaran-pers/2021/07/16/09/38/gencar-lakukan- transformasi-digital-api-bca-tembus-1-miliar-hit
Sihombing, H. (2019, Juni 3). E-Banking: Pengertian, Jenis Layanan, dan Keuntungannya. Retrieved from lifepal.co.id: https://lifepal.co.id/media/e- banking/
Sodexo. (2019, Juli 31). 6 Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan.Retrieved from sodexo.co.id: https://www.sodexo.co.id/faktor-kepuasan- pelanggan/
Kotler, Philip dan. Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga
Tampubolon. (2004). Pengaruh trust, manfaat, Kemudahan Penggunaan dan Risiko Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan E-banking (studi kasus pada mahasiswa Univeritas Mercubuana) . UMBY
Somadi, Aravik, Choirunnisak. (2021). Pengaruh Internet Banking, Mobile Banking dan ATM tehadap Nasabah BSI KC Palembang Simpang Patal. http://reposioty.radenintan.ac.id/
Adela. (2020). Pengaruh Layanan M- Banking Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada Bank BNI Syariah KCP Rajabasa). http://repository. metrouniv.ac.id/
Aushaf. (2020). Pengaruh E-banking dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah Bank Umum Syariah Menurut Perspektif Ekonomi Islam. E-journal.ummuha.ac.id
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: ALFABETA
Downloads
Published
Issue
Section
License
FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
pISSN: 1411-1713 eISSN: 2528-150X
is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License