Wajah pembelajaran online akuntansi era pandemi

Nurul Fauziyyah, Ilham Ramadhan Ersyafdi

Abstract


Pandemi COVID-19 telah mengganggu semua aspek seperti kesehatan, ekonomi, keuangan, pendidikan, serta cara bekerja dan belajar. Di masa pandemi, pembelajaran online menjadi solusi pendidikan dan keberadaan pandemi COVID-19 membantu mempercepat kemajuan sistem pendidikan. Penelitian ini merupakan studi kepustakaan dengan menggunakan metode analisis data deskriptif melalui tahapan pengumpulan data, telaah data, analisis data, kemudian memberikan gambaran gambaran besar pembelajaran online khususnya bidang akuntansi pada masa pandemi. Dari penelitian sebelumnya tergambar bahwa banyak faktor yang dapat memengaruhi keberhasilan pembelajaran online, namun masih terdapat kendala dan kekurangan seperti kendala teknis dan nonteknis. Preferensi dalam menggunakan platform atau media pengajaran online di setiap universitas juga berbeda dan efektivitas pembelajaran online juga masih perlu ditingkatkan untuk mencapai hasil yang diharapkan.


Keywords


Pembelajaran online; akuntansi; covid-19

References


Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The Impact of COVID-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “Merdeka Belajar.” Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1): 38–49.

Aguguom, Theophilus Anaekenwa, etal. (2020). Covid-19 and accounting education in sub-sahara africa. European Journal of Business, Economics and Accontancy, Vol. 8, No. 3.

Alhelou, E. M., Rashwan, A. R. M., & Abu-Naser, S. S. (2021). The Role of Using Cloud Computing in Improving the Quality of Accounting Education in Palestinian Universities in Light of the Covid-19 Pandemic. Journal of Economics, Finance and Accounting Studies, 3(1), 11-32.

Ali, I., Narayan, A. K., & Sharma, U. (2020). Adapting to COVID-19 disruptions: student engagement in online learning of accounting. Accounting Research Journal.

Amaning, N., Amoah, R., Kwarteng, P., & Peprah, E. (2020). Virtual Teaching and Learning of Accounting in Technical Universities (TUs) in Ghana amid the COVID-19 Pandemic.

Anonim. (2021). 4 Aplikasi Video Conference yang Irit dan Boros Data. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200330191529-185-488422/4-aplikasi-video-conference-yang-irit-dan-boros-data. Diakses pada 17 Mei 2021.

Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64-70.

Budiarso, Sony. (2021). Tantangan pendidikan akuntansi dan profesi akuntan dalam era kenormalan baru. https://feb.ugm.ac.id/id/berita/3079-tantangan-pendidikan-akuntansi-dan-profesi-akuntan-dalam-era-kenormalan-baru. Diakses tanggal 22 Mei 2021.

Burgess, S., & Sievertsen, H. H. (2020). Schools, skills, and learning: The impact of COVID-19 on education.

Darmalaksana, W., Hambali, R., Masrur, A., & Muhlas, M. (2020). Analisis pembelajaran online masa wfh pandemic COVID-19 sebagai tantangan pemimpin digital abad 21. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) COVID-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1-12.

Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Online di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(1), 367-375.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap implementasi pembelajaran online di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.

Ebaid, Ibrahim El-Sayed. (2020). Accounting students'perceptions on e-learning during the covid-19 pandemic: preliminary evidence from saudi arabia. Journal of Management and Business Education, Vol.4, No. 3.

Engko, C., & Usmany, P.( 2020). Dampak pandemi COVID-19 terhadap proses pembelajaran online. Jurnal Akuntansi, 6(1), 23-38.

Fatmawati, U. (2020). Pemahaman COVID-19 dan dampaknya terhadap proses pembelajaran online selama pandemi bagi mahasiswa Prodi Farmasi Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains Universitas PGRI Madiun. In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains (Vol. 1, No. 1).

Fauziyyah, N. (2019). Etika komunikasi peserta didik digital natives melalui media komunikasi online (whatsapp) kepada pendidik: Perspektif dosen. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 6(2), 437-474.

Fauziyyah, N. (2020). SMART EDUCATORS FOR DIGITAL AGE STUDENTS. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(1), 23-30.

Fauziyyah, N., & Ersyafdi, I. R. (2021). Dampak COVID-19 pada pasar saham di berbagai negara. In FORUM EKONOMI (Vol. 23, No. 1, pp. 56-66).

Ferdiana, S. (2020). Persepsi Mahasiswa tentang Penggunaan Media Online pada Program Studi S1 Ilmu Gizi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surabaya selama Masa Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19). Indonesian Journal of Science Learning, 1(1), 5-12.

Gel, Y. R., O’Hara Hines, R. J., Chen, H., Noguchi, K., & Schoner, V. (2014). Developing and assessing e-learning techniques for teaching forecasting. Journal of Education for Business, 89(5), 215-221. https://doi.org/10.1080/08832323.2013.856281.

Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 10(1).

Hasibuan, Zainal A. (2007). Metodologi Penelitian Pada Bidang Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi:Konsep, Teknik, dan Aplikasi. Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia.

Helfaya, A. (2018). Assessing the use of computer-based assessment- feedback in teaching digital accountants. Accounting Education, pp.1-31.

Humphrey, R. L. And Beard, D. F. (2014). Faculty perceptions of online homework software in accounting education. Journal of Accounting Education, Vol. 32 No.3, pp.238-258.

Huynh, T. (2020). The COVID-19 risk perception: A survey on socioeconomics and media attention. AccessEcon, 40 (1): 758–764.

Istiyana, A. N., & Fatmawati. (2020). Keberterimaan Mahasiswa Jurusan Akuntansi terhadap Pembelajaran Online pada Masa Pandemic COVID-19. AKUNSIKA: Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 1 (2): 30 – 39.

Kashada, A., Li, H., & Koshadah, O. (2018). Analysis Approach to Identify Factors Influence Digital Learning Technology Adoption and Utilization in Developing Countries. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 13(2).

Liaw, S. S., Huang, H. M., & Chen, G. D. (2007). Surveying instructor and learner attitudes toward e-learning. Computers & Education, 49(4), 1066-1080. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2006.01.001.

Masahere, U. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Dalam Masa Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Akuntansi Kelas 61.5 b. 07 Kampus Salemba 22 Universitas Bina Sarana Informatika. Aksara Public, 4(4), 83-94.

Mihret, D., Abayadeera,N., Watty,K. and McKay,J. (2017). Teaching auditing using cases in an online learning environment: the role of e-Portfolio assessment. Accounting Education,Vol.26No.4, pp.335-357.

Mulawarman, W. G. (2020). Persoalan Dosen dan Mahasiswa Masa Pandemik Covid 19 : Dari Gagap Teknologi Hingga Mengeluh Boros Paket Data. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas Universitas Mulawarman, 37–46.

Nakayama M., & Yamamoto H. (2007). The Impact of Learner Characterics on Learning Performance in Studi Kepustakaan Tentang Dampak Wabah COVID-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Pada Mahasiswa Sekolah Dasar (SD) 609 Hybrid Courses among Japanese Students. Elektronic Journal ELearning, Vol.5(3).1

Nasution, S. L. A., Windari, F., Harahap, S. Z., & Elvina, E. (2020). Pengaruh media pembelajaran online dalam pemahaman dan minat belajar mahasiswa pada bidang studi akutansi di FEBUniversitas Labuhanbatu. ECOBISMA (JURNAL EKONOMI, BISNIS DAN MANAJEMEN), 8(1), 67-75.

Nursaptini, Syazali, M., Sobri, M., Sutisna, D., & Widodo, A. (2020). Profil kemandirian belajar mahasiswa dan analisis faktor yang mempengaruhinya: Komunikasi orang tua dan kepercayaan diri. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 7 (1): 1–30.

Oranburg, S. (2020). Distance Education in the Time of Coronavirus: Quick and Easy Strategies for Professors. Available at SSRN.

Prasetio, T., & Hariyani, R. (2021). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Online Pada Mata Kuliah Akuntansi Di Era New Normal. Jurnal Perspektif, 19(1), 57-63.

Rachmat, A., & Krisnadi, I. (2020). Analisis Efektifitas Pembelajaran Online (Online ) Untuk Siswa SMK Negeri 8 Kota Tangerang Pada Saat Pandemi Covid 19. Magister Teknik Elektro Universitas Mercu Buana, 1-7.

Ramadhan, M. S., Diana, N., & Sudaryanti, D. (2021). Pengaruh pembelajaran berbasis online terhadap efektivitas pembelajaran mahasiswa akuntansi unisma di era wabah COVID-19. Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 10(04).

Restuningdiah, N., Hartatiek, R., & Puspitasari, P. (2021). The Introduction to Accounting Digital Book for Online Course in Responding Learning Activities During Covid-19 Pandemic. In International Conference on Strategic Issues of Economics, Business and, Education (ICoSIEBE 2020) (pp. 211-214). Atlantis Press.

Rohmaini, L., Netriwati, N., Komarudin, K., Nendra, F., & Qiftiyah, M. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Berbantuan Wingeom Berdasarkan Langkah Borg And Gall. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 176-186.

Sarea, A., Alhadrami, A., & Taufiq-Hail, G. A. M. (2021). COVID-19 and digitizing accounting education: empirical evidence from GCC. PSU Research Review.

Simons, J., Leverett, S., & Beaumont, K. 2020. Success of distance learning graduates and the role of intrinsic motivation. Open Learning: The Journal of Open, Distance and e-Learning, 35 (3): 277-293.

Sobri, M., Nursaptini, N., & Novitasari, S. (2020). Mewujudkan kemandirian belajar melalui pembelajaran berbasis online diperguruan tinggi pada era industri 4.0. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(1), 64-71.

Susanto, E., & Retnawati, H. (2016). Perangkat pembelajaran matematika bercirikan PBL untuk mengembangkan HOTS siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 189-197.

Sutisna, D., Widodo, A., Nursaptini, N., Umar, U., Sobri, M., & Indraswati, D. (2020). An analysis of the use of smartphone in students’ interaction at senior high school. Proceedings of the 1st Annual Conference on Education and Social Sciences (ACCESS 2019), 465: 221- 224.

The American Society for Training and Development (ASTD). (2012). Definition of eLearning. [Online]. Http://www.about-elearning.com/definition-of-elearning.html. Diakses tanggal 20 Mei 2021.

Widodo, A., & Nursaptini, N. (2020). Merdeka belajar dalam pandemi: Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran jarak jauh berbasis mobile. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 8 (2): 86-96.

Widodo, A., Nursaptini, N., Novitasari, S., Sutisna, D., & Umar, U. (2020). From face-to-face learning to web base learning: How are student readiness?. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 10 (2): 149–160.

Zarret,S. (2020). The impact of corona virus on education in the accounting profession. CPA practice advisor, available at: www.cpapracticeadvisor.com/accounting-audit/news/21142154/the-impact-of-coronavirus-on-education-in-the-accounting-profession.

Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton, C. (2020). Persepsi mahasiswa terhadap perkuliahan online sebagai sarana pembelajaran. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1).

Zhong, R. (2020). The corona virus exposes education’s digital divide. The New York Times. https:// www.nytimes.com/2020/03/17/technology/china-schoolscoronavirus.html. Diakses tanggal 21 Mei 2021.




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v24i4.11847

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Nurul Fauziyyah


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi