Pengaruh harga produk dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian

Nadinia Aulia Fatin, Larasati Ayu Sekarsari

Abstract


Penelitian ini menguji hubungan antara variabel harga produk dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk Erigo di wilayah Sidoarjo dengan objek E-Commerce Shopee. Harga produk adalah satuan nilai yang dijadikan tolak ukur bagi pelaku usaha yang menjual produk atau jasa yang akan ditanggung oleh pembeli. Kualitas produk meliputi daya tahan, estetika, dan kualitas yang dipersepsikan. Keputusan pembelian merupakan suatu sikap dalam membeli atau menggunakan suatu produk yang menurut konsumen memberikan kepuasan atau resiko yang mungkin terjadi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif melalui pendekatan survey konsumen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survei melalui google forms yang diisi oleh responden. Sampel penelitian yang digunakan adalah 200 responden yang merupakan pengguna E-Commerce Shopee khususnya responden yang berada di wilayah Sidoarjo. Sedangkan dalam penelitian ini pengujian yang digunakan dalam analisis statistik adalah pengujian hipotesis dengan software WarpPLS 7.0. Berdasarkan hasil pengelolaan diketahui bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variabel harga produk dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian.


Keywords


Harga produk; kualitas produk; keputusan pembelian

References


Abdurrahman, M., & Muhidin, S. A. (2007). Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur dalam Penelitian. Pustaka Setia.

Abi, Y. I. (2020). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kfc Di Kota Bengkulu. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 15(1), 95–107. https://doi.org/10.33369/insight.15.1.95-107

Akhmad Faisol, Rois Arifin, M. H. (2018). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembeli Sepatu Nike. E-Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen, 7(6), 37–50. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/1233/1238

Amrullah, A. R. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Motor Matic Honda Beat Di Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 5. https://ejournal.stiesia.ac.id

Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran. Rajawali Pers.

Basu Swasta dan Hani Handoko. (2010). Manajemen Pemasaran: Analisa dan Perilaku Konsumen. BPFE.

Bungin, B. (2013). Metodologi Penelitian Sosial & ekonomi: Format-format kuantitatif dan Kualitatif untuk studi sosiologi, kebijakan publik, komunikasi, manajemen, dan pemasaran. Kencana Prenada Media Group.

Dien Hafifah Mesayu Putri, Nobelson Syarief, P. (2021). Pengaruh Harga Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Brand Lokal. Business Management, Economic, and Accounting, 2.

Febriani, R., & Khairusy, M. A. (2020). Analisis Pengaruh Celebrity Endorser/Brand Ambasador, Harga dan Desain Produk Yang Dimediasi Oleh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Di Online Shop Shopee. Progress: Jurnal Pendidikan, Akuntansi Dan Keuangan, 3(1), 91–109.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 21. Edisi 7, Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang. Quarterly Journal of Economics, 128, 1547–1584.

Hadita, H., Widjanarko, W., & Hafizah, H. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Smartphone Terhadap Keputusan Pembelian di Masa Pandemic Covid19. Jurnal Kajian Ilmiah, 20(3), 261–268.

Hariyanto, S., & Farida, N. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Veranda Pasta House & Cafe Gresik. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen “Gema Ekonomi, 9(1), 10–18.

Istanti, F. (2017). Pengaruh Harga, Kepercayaan, Kemudahan Berbelanja Dan E-Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Belanja Online Di Kota Surabaya. Jurnal Bisnis Teknologi, 4(1), 14–22.

Kaharu, D., & Budiarti, A. (2016). Pengaruh Gaya Hidup, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cosmic. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 5(3).

Kotler, P., & Keller, K. L. (2017). MarkKotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Global Edition (Vol. 15E).

Magdalena, M., & Wilzarwan, W. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Handphone Oppo pada Toko Max-Indo di Kota Padang. Jurnal Pundi, 3(3), 271–278.

Malhotra, N. K., & Malhotra, N. K. (2012). Basic marketing research: Integration of social media. Pearson Boston.

Nasution, S. L., Limbong, C. H., & Ramadhan, D. A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, Kemudahan, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada E-commerce Shopee (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 7(1), 43–53.

Nurhayati, S. (2017). Pengaruh citra merek, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian handphone samsung di yogyakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, 4(2).

Puspita, Y. D., & Rahmawan, G. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Garnier. Jurnal Sinar Manajemen, 8(2), 98–104.

Ridwan, F., & Rahma Dini, D. (2018). Prosiding 2nd Business and Economics Conference In Utilizing of Modern Techonolgy ISSN 2662-9404. Prosiding 2nd Business and Economics Conference In Utilizing of Modern Techonolgy, 02.

Schiffman dan Kanuk. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen di Pajak USU (PAJUS) MEDAN.

Tjiptono, & Fandy. (2015). Strategi Pemasaran. In Yogyakarta: Andi.




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v24i4.11739

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Nadinia Aulia Fatin, Larasati Ayu Sekarsari


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi