Keputusan Kuliah Penerbangan di Masa Pandemi Covid-19 di Pengaruhi oleh E-Marketing

Arif Fakhrudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keputusan kuliah penerbangan dimasa pandemi covid-19 di pengaruhi oleh E-Marketing, ditinjau dari aspek kepercayaan, kemudahan, kualitas informasi, dan Harga. Penelitian ini dilakukan kepada mahasiswa STTKD. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa STTKD di 4 program studi. Metode penelitian yang digunakan metode purposive sampling dengan jumlah responden 100. Untuk mendapatkan data dengan cara memberikan kuesioner secara online kepada responden yaitu mahasiswa STTKD tentang kepercayaan, kemudahan, kualitas informasi, harga dan keputusan kuliah. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program statistik SPSS release 20.0 for windows.

Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan kuliah sebesar 0,012, variabel kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan kuliah sebesar 0,049, variabel kualitas informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan kuliah sebesar 0,019, variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan kuliah sebesar 0,022. Variabel kepercayaan, kemudahan, kualitas informasi, harga mampu menjelaskan variabel keputusan kuliah sebesar 32,2% dan sisanya 67,8% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Keywords


Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi, Harga, Keputusan

References


Agustina, M., Tholok, F. W., & Handry. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Situs Jual Beli Tokopedia (Studi Kasus Wilayah Tangerang). Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis, 17(3), 1. https://doi.org/10.31253/pe.v17i3.184

Ayuningtiyas, K., & Gunawan, H. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Daring Di Aplikasi Bukalapak Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Batam. Journal of Applied Business Administration, 2(1), 152–165.

Dewi, R. Y., Yulianeu, Haryono, A. T., & Gagah, E. (2016). Pengaruh Kepercayaan Konsumen, Kemudahan Kualitas Informasi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Secara Online (Studi Pada Pengguna Situs Jual Beli Bukalapak.Com). Journal of Management, 3(3), 1–7.

Fridayanthie, E. wulansari. (2017). Pengaruh Strategi Promosi Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Pada Universitas Muhammadiyah Tangerang. JSimposium Nasional Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi (SIMNASIPTEK), 5(1), 1–17.

Hidayat, I., Arifin, R., & Priyono, A. A. (2017). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Harga dan Kualitas Informasi Penggunaan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Situs Bukalapak.Com (Studi Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Unisma Angkatan 2013). E - Jurnal Riset Manajemen, 6(3), 64–78. https://www.google.co.id/search?safe=strict&sxsrf=ACYBGNQfSQChyo_JtCktAdt_6VlXuNruRw%3A1570607395623&source=hp&ei=I5GdXbfUI4yQwgO-s4kY&q=Pengaruh+Kepercayaan%2C+Kemudahan%2C+Harga+Dan+Kualitas+Informasi+Pengguna+E-Commerce+Terhadap+Keputusan+Pembelian+Sec

Iswara, D. (2016). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian(Studi Kasus Pada Pengguna Media Sosial Instagram Di Kota Yogyakarta) [Universitas Negeri Yogyakarta]. http://etd.lib.metu.edu.tr/upload/12620012/index.pdf

Jayanti, R. D. (2015). Pengaruh Harga Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online (Studi Kasus Pada Harapan Maulina Hijab Jombang). Eksis: Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 10(1), 13–27. https://doi.org/10.26533/eksis.v10i1.51

Muhammar. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Kualitas Informasi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada PT. Guteninc Makassar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Mulyadi, A., Eka, D., & Nailis, W. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Online Lazada. Jembatan, 15(2), 87–94. https://doi.org/10.29259/jmbt.v15i2.6656

Naomi, P. E., Baraba, R., & Saputra, M. H. (2016). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dalam Memilih Berbelanja Secara Online (Studi Pada Pengguna Situs Jual Beli Online Kaskus.co.id di Purworejo). SEGMEN Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 12(1D), 1–12.

Nasikah, D., & Fuadi, S. (2022). Pengaruh Kemudahan Bertransaksi,Kepercayaan Konsumen, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Tokopedia. Derivatif : Jurnal Manajemen, 16(1), 162–173.

Nawangsari, S., & Kamayanti, Y. (2018). Pengaruh Kepercayaan , Kemudahan , Kualitas Informasi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Media Sosial Instagram (Studi Kasus Pada Online Shop YLK.Store). Konferensi Nasional Sistem Informasi 2018 STMIK Atma Luhur Pangkalpinang, 8–9.

Ningsih, R. L., & Magdalena, M. (2020). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Dan Harga Terhadap Keutusan Pembelian Online Pada Situs Jualbeli Online Tokopedia (Studi Kasus Pada Mahasiswi Stie “Kbp†Padang). Jurnal Marketing, 3, 1–14.

Peranginangin, R. H. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Kualitas Informasi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Kkyy.Supply. Universitas Sumatera Utara Medan.

Pradwita, R. B. R. P., Handoko, Y., & Rachmawati, I. K. (2020). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi dan Harga Pada Website Www.Laroslaptop.Com Terhadap Keputusan Pembelian Online. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 8(2), 212–220. https://doi.org/10.31846/jae.v8i2.312

Prasetyo, A., & Wahyuati, A. (2016). Pengaruh Strategi Promosi Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kopiganes. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5, 1–17.

Prihatini, D. N., & Hidayati, L. L. A. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Penggunaan Transportasi Online (Studi Kasus Pada Pengguna Go-Ride Dalam Aplikasi Gojek Di Kota Magelang). Prosiding 2nd Business and Economics Conference In Utilizing OfModern Technology, 505–517.

Priyatno, D. (2010). Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS dan Tanya Jawab Ujian Pendadaran. Gaya Media.

Pudjihardjo, M. C., & Wijaya, H. (2015). Analisa Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas dan HargaTerhadap Keputusan Pembelian Melalui Pemasaran Di Media Sosial (Studi Pada Pengguna Media Sosial Di Shapeharve). Journal of Marketing, 364–379.

Rahmizal, M., & Yuvendri, R. (2020). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Daring Di Aplikasi Shopee Pada Mahasiswa Di Kota Padang. Jurnal Pundi, 04(03), 403-4`6. https://doi.org/10.31575/jp.v4i3.336

Sari, D. P., & Wardani, R. T. I. (2020). Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Situs E-Commerce Shopee. Jurnal Aplikasi Bisnis, 6(1), 81–84.

Sulistiyawati, N., Taufik, M., & Jariah, A. (2021). Peran Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi dan Harga Dalam Peningkatan Keputusan Pembelian pada Shopee. Jobman: Journal of …, 4(1), 165–171. https://jkm.itbwigalumajang.ac.id/index.php/jrm/article/view/555%0Ahttps://jkm.itbwigalumajang.ac.id/index.php/jrm/article/download/555/404

Wahyuni, S., Irawan, H., & Sofyan, E. (2017). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Kualitas Informasi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Situs Online Fashion Zalora.Co.Id. E-Proceeding of Management, 4(2), 1405–1412.

Yuliani, L. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Fashion Secara Online (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam) [Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi]. http://etd.eprints.ums.ac.id/14871/%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cell.2017.12.025%0Ahttp://www.depkes.go.id/resources/download/info-terkini/hasil-riskesdas-2018.pdf%0Ahttp://www.who.int/about/licensing/%0Ahttp://jukeunila.com/wp-content/uploads/2016/12/Dea

Yuliawan, E., Siagian, H., & Willis, L. (2018). Analisis Pengaruh Faktor Kepercayaan, Kemudahan, Kualias dan HargaTerhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shop Zalora Indonesia (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen STIE Mikroskil Medan). Optimal: Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 12(1), 34–49. https://doi.org/10.33558/optimal.v12i1.1016




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v24i4.11722

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Arif Fakhrudin


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi