Pengaruh selera konsumen dan diferensiasi produk terhadap keputusan pembelian minyak kutus-kutus

Authors

  • Junaeda Junaeda Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Mamuju
  • Ni Komang Narianti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Mamuju

DOI:

https://doi.org/10.30872/jfor.v24i4.11696

Keywords:

Selera konsumen, diferensiasi produk, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Selera Konsumen dan Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Minyak Kutus-Kutus Di Desa Polo Pangale. Metode penelitian yang digunakan yakni dengan menggunakan metode kuantitatif dengan data primer yang menggunakan kuesioner. Responden dalam penelitian semua penduduk desa Polo Lereng yang menggunakan Minyak Kutus-Kutus, sampel dalam penelitian ini menggunakan metode teknik Accidental Sampling yaitu berdasarkan kebetulan artinya siapa saja yang secara kebetulan di temui dan di rasa cocok sebagai sumber data sebanyak 30 orang. Teknik Pengolaan data dengan menguji instrumen penelitian menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linear berganda. Sedangkan uji hipotesis menggunakan Uji Parsial (uji t) dan Uji Simultan (uji f). Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa Selera Konsumen dan Diferensiasi Produk berpengaruh signifikan terhadap Variabel keputusan pembelian minyak kutus-kutus.

References

Amir Sudirman Pahot Sinaga. 2017 menyebutkan bahwa Tahapan Saluran Distribusi Minyak Kutus-Kutus https : www.balihealingoil.com/product/minya/kutus-kutus(diakses tanggal 1 mei 2021)

Dewi, Ni Gusti Ayu Sinta. 2020, Persepsi Konsumen Tentang Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Ponsel Merek Vivo Pada Masyarakat di Kabupaten Mamuju. Fakultas Ekonomi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Mamuju

Hermawan, Benediktus Ariyanto. 2014. Analisis Faktor Harga, Selera, Prestise, Dan Kualitas Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Membeli Sebuah Produk. Fakultas Ekonomi, Universitas Sanata Dharma

Muchtar, M., & Halim, A. (2020). Bauran Peamsaran Online Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Di Kabupaten Mamuju. Forecasting: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 2(1), 1-13.

Servasius Bambang Prantono (2018), Penemu Minyak Kutus-Kutus

Sugiyono. 2014. Cara Mudah Skripsi, Tesis Dan Disertasi.

Tamba Waras, (2021) Usaha Kreatif Dan Tetap Menggunakan Teknologi Sederhana Untuk Mengembangkan Warisan Budaya Jamu.

Thamrin Abdullah, Francis Tantri. Manajemen Pemasaran Ed.1-cet.5-jakarta:rajawali pers.2016,xii,258 hlm,.23 cm bibliografi : hlm. 255 (diakses 6 mei 2021)

Thariz Baharmal Dejawata / Srikandi Kumadji / Yusri Abdillah (2014). Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan “Cake In Jar” Cafe Bunchbead Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol.17 No 2 Desember 2014

Published

2022-10-01

Issue

Section

Articles