Pengaruh ukuran dan umur perusahaan serta leverage terhadap manajemen laba

Irma Devi Salinding, Ibnu Abni Lahaya

Abstract


Penelitian in bertujuan untuk menguji dan menganalisis ukuran perusahaan, umur perusahaan dan leverage terhadap manajemen laba. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2020. Sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dan 45 perusahaan dijadikan sebagai sampel. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan dan leverage berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba. Sedangkan umur perusahaan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap manajemen laba.


Keywords


Ukuran perusahaan; umur perusahaan; leverage; manajemen laba

References


Agustia, S. (2018). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Manajemen Laba (Studi Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016). Jurnal ASET (Akuntansi Riset), 10(1), 71–82.

Amelia, W., & Hernawati, E. (2016). Pengaruh Komisaris Independen, Ukuran Perusahaan, dan Profitabilitas terhadap Manajemen Laba. NeO~Bis, 10(1), 62–77.

Aprina, D. N., & Khairunisa. (2015). Bonus Terhadap Manajemen Laba ( Studi Kasus pada Perusahaan Perdagangan , Jasa , dan Investasi Sub Sektor Perdagangan Eceran yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2014 ) The Influence Of Firm Size , Profitability , And Compensation Bonus On EA. E-Proceding of Accountant, 2(3), 3251–3258.

Bestivano, W. (2013). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Profitabilitas Dan Leverage Terhadap Perataan Laba Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bei (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan di BEI). E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi.

Butar, L. K. B., & Sudarsi, S. (2012). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Perataan Laba: Studi Empiris pada Perusahaan Food and Beverages yang Terdaftar di BEI. Dinamika Akuntansi, Keuangan Dan Perbankan, 1(2), 143–158.

Gunawan, I. K., Darmawan, N. A. S., & Purnamawati, I. G. A. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage Terhadap Manajemen Laba. Jurnal Akuntansi Program S1 Universitas Pendidikan Ganesha, 03(1).

Jensen, M. C., & Meckling, W. H. (1976). Theory Of The Firm : Managerial Behavior , Agency Costs And Ownership Structure I. Journal Of Financial Economic, 3, 305–360.

Maksumah, Roudhotul. (2020). Metodologi Penelitian. Transparansi Dan Akuntabilitas, 8(2), 96–104.

Ratih, A. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Growth, Ukuran Perusahaan dan Umur Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur di BEI Tahun 2013-2015). Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sari, R. P., & Kristanti, P. (2017). Pengaruh Umur, Ukuran, Dan Profitabilitas Perusahaan Terhadap Perataan Laba. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 11(1), 77.

Savitri, E. (2014). Analisis Pengaruh Leverage dan Siklus Hidup terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Real Estate dan Property yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi, 3(1), 72–89.

Sulistyanto, S. (2008). Manajemen Laba (Teori & Model Empiris). In Buku Manajemen Laba (Cetakan II, Vol. 148). Penerbit PT Grasindo.




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v24i4.11607

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Irma Devi Salinding, Ibnu Abni Lahaya


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi