Rantai tata niaga sapi potong di korporasi karya bakti

Hamdi Mayulu, Yudha Muhammad

Abstract


Sapi potong merupakan komoditas ternak yang tidak terlepas dari rantai tataniaga termasuk proses pemasaran, sehingga dibutuhkan perhatian terhadap semua stakeholder yang terlibat sebagai pelaku pasar. Penelitian bertujuan mengetahui rantai tata niaga sapi potong yang dilakukan di Korporasi Karya Bakti, termasuk model sekunder dan pengaruhnya terhadap jumlah dan pendapatan peternak.  Metode yang digunakan melalui pendekatan survei dengan teknik wawancara. Kriteria mengikuti frame yang masuk dalam kerangka populasi, dan record yang berisi informasi tentang identitas semua unit populasi.  Data dianalisis secara deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk tabel.  Penelitian menunjukan  hasil bahwa: 1) Model sekunder distribusi tata niaga korporasi Karya Bakti, Kecamatan Samboja terbagi menjadi dua, yaitu: saluran pemasaran pertama, peternak memasarkan ternak langsung ke konsumen; dan saluran pemasaran kedua, peternak menjual ternak ke pedagang besar terlebih dahulu; dan 2) Distribusi tata niaga sapi potong di korporasi Karya Bakti tidak berpengaruh nyata terhadap jumlah sapi potong dan pendapatan peternak.


Keywords


Rantai tata niaga; sapi potong; korporasi

References


Amam, dan P. A. Harsita. 2021. Profil usaha peternakan sapi potong rakyat di Kabupaten Jember Provinsi Jawa Timur. JAMI 2 (1): 1-12.

Bank Indonesia. 2013. Ringkasan Pola Pembiayaan Usaha Kecil Menengah Usaha Penggemukan Sapi Potong. Bank Indonesia, Departemen Pengembangan Akses Keuangan dan UMKM Divisi Pengembangan dan Pengaturan UMKM Grup Pengembangan UMKM, Jakarta. p.78.

Darmawi, D. 2011. Pendapatan Usaha Pemeliharaan Sapi Bali di Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Peternakan XIV (1): 14-22.

Djailani, L., M. Mukhtar, S. Y. Pateda, dan S. Imran. 2021. Jalur distribusi pemasaran sapi potong di masa pandemi COVID-19 (Beef Cattle Marketing Pathway during the Covid-19 Pandemic). Jambura Journal of Animal Science 4 (1): 34-40.

Halid, A., M. Muhtar, dan S. Y. Mokodompit. 2017. Financial feasibility analysis, small business farm beef cattle livestock in Gorontalo District. Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah 5 (2): 105-114.

Khafsah, S. H. Warsito, R. A. Prastiya, T. Sardjito, A. L. Saputro, dan B. Agustono. 2018. Analisis Kelayakan Usaha Secara Finansial dan Efisiensi Produksi di Peternakan Sapi Perah PT. Fructi Agri Sejati Kabupaten Jombang. Jurnal Medik Veteriner 1 (3): 113-119.

Kardin, J., Dasrul, Sugito, Nurliana, and T. Z. Helmi. 2018. The Relationship between Farmer Characteristic and Knowledge towards the Successfulness of Cattle Artificial Insemination (AI) in Aceh Besar District. Int. J. Trop.Vet. Biomed. Res. 3 (1): 35-40.

Lainawa, J., P. Kindangen, T. O. Rotinsulu, and J.F. Alfa Tumbuan. 2019. Strategy for Beef Cattle Agribusiness Development in North Sulawesi. International Journal of Applied Business & International Management 4 (1): 1-112.

Lasaharu, N., N. K. Laya, dan Y. Boekoesoe. 2020. Analisis Pemasaran Sapi Potong (Analysis of Marketing in Beef Cattle). Jambura Journal of Animal Science 2 (2): 62-75.

Londa, P. K., P. O.V Waleleng, R. A. J. Legrans-A, dan F. H. Elly. 2013.Analisis break even point (BEP) usaha ternak sapi perah “TAREKAT MSC†di Kelurahan Pinaras Kota Tomohon. Jurnal Zootek 32 (1): 158-166.

Mayulu, H. Ergi, M. I. Haris, dan A. Soepriyadi. 2020. Analisis finansial usaha sapi potong peternakan rakyat di Kecamatan Sebulu Kabupaten Kutai Kartanegara. Journal of Tropical AgriFood 2 (1): 16-25.

Mayulu, H., Sunarso, C. I. Sutrisno, dan Sumarsono. 2010. Kebijakan Pengembangan Peternakan Sapi Potong di Indonesia. Jurnal Litbang Pertanian 29 (1): 34-41.

Mayulu, H., N. Maulida, R. Yusuf and S. N. Rahmatullah. 2018. Effect of Production Cost on Revenue of Swamp Buffalo Farm Business (Bubalus Bubalis Linn.) in Hulu Sungai Utara Regency South Kalimantan Province. Jurnal Teknologi Pertanian Universitas Mulawarman, 13(2): 58-64.

Purba, H. J., dan P. U. Hadi. 2012. Dinamika dan Kebijakan Pemasaran Produk Ternak Sapi Potong di Indonesia Timur. Analisis Kebijakan Pertanian 10 (4): 361-373.

Putri, G. N., D. Sumarjono, dan W. Roessali. 2019. Analisis Pendapatan Usaha Sapi Potong Pola Penggemukan Pada Anggota Kelompok Tani Ternak Bangunrejo II Di Desa Polosiri Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang. Jurnal Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian 3 (1): 39-49.

Ramadhan, B. K. B, Amam, S. Romadhona, dan S. Rusdiana. 2022. Pengembangan Usaha Ternak Sapi Potong Rakyat Berbasis Sumber Daya. JWP 6 (2): 54-61.

Rembang, V. L. H., B. Hartono, H. D. Utami, and V. V.J. Panelewen. 2016. The analysis of beef cattle structural marketing in north Sulawesi-Indonesia. Specialty Journal of Agricultural Sciences, 2 (1): 20-27.

Soetjipto, N., Z. Fanani, and N. D. Wahyono. 2018. The Analysis on Income of Beef Cattle Breeders in Various Crop Patterns in Umbulsari District, Jember Regency. Journal of Development Research 2 (1): 21-27.

Suarda, A. 2009. Saluran pemasaran sapi potong di Sulawesi Selatan. J. Sains & Teknologi 9 (2): 115- 118.

Sukmayadi, K.,A. Ismail, dan A. Hidayat. 2016. Analisis pendapatan dan optimalisasi input peternak sapi potong rakyat binaan sarjana membangun desa wirausahawan pendamping (SMDWP) yang Berkelanjutan di Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Ilmu Produksi dan Teknologi Hasil Peternakan 04 (2): 312-318.

Wantasen, E., J. R. Leke, and S. J.K. Umboh. 2021. A market analysis of beef cattle: Study in North Sulawesi Province-Indonesia. GSC Advanced Research and Reviews 08 (03): 064-07.




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v24i4.11462

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Hamdi Mayulu, Yudha Muhammad


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi